Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 13 November 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 13 November 2023

13 Nov 2023, 7:56 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 13 November 2023

CEO Ripple sebut SEC tak tahu cara lindungi investor hingga kapitalis USDT yang tertinggi sepanjang masa, terangkum dalam daily news berikut!

Mengawali minggu ini, Senin (13/11), Pluang menghadirkan sejumlah rangkuman kabar dari jagat kripto. Yuk, simak selengkapnya beirkut ini!

1. CEO Ripple Sebut SEC Tidak Tahu Caranya Lindungi Investor

  • CEO Ripple Brad Garlinghouse menyebut Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) hilang arah perihal misinya melindungi investor. Tudingan tersebut dilontarkan Garlinghouse dalam sebuah sesi wawancara dengan CNBC.
  • Tudingan tersebut masih terkait dengan perkara hukum antara Ripple ($XRP) dengan SEC yang berlangsung sejak tahun 2020. Garlinghouse mempertanyakan jika SEC tidak melindungi kepentingan investor, lantas kepentingan siapa yang selama ini mereka perjuangkan.
  • Selain berperkara hukum dengan Ripple, SEC juga memiliki sejumlah perkara lain dengan pelaku industri kripto, salah satunya Grayscale yang mengalami penjegalan terkait pengalihan dana Bitoinnya kepada produk Exchange-Traded Funds (ETF) Bitcoin.
  • Pelaku industri kripto cenderung menganggap pendekatan litigasi yang dilakukan SEC sebagai bentuk kesewenang-wenangan yang berpotensi merusak prospek dari industri itu sendiri. Kemenangan pelaku industri dalam beberapa perkara hukum melawan SEC menjadi titik terang keadilan dari tindak sewenang-wenang otoritas tersebut.

Transaksi Coin XRP di Sini!

2. Reli Ethereum Rehat, Kapan Mulai Lagi?

  • Reli harga aset native blockchain Ethereum, Ether ($ETH) sedang berada pada fase konsolidasi setelah menembus resitance penting pada kisatran US$2000 per unit.
  • ETH diketahui mengalami stagnasi di kisaran level US$ 2038 per unit. Meski stagnan, harga aset saat ini masih berada di atas garis moving average (MA) 50 dan MA 100 yang merupakan indikator trend bullish.
  • Selain disebabkan oleh fase konsolidasi, stagnasi juga disumbang oleh burn rate ETH yang sudah kembali normal, turun 89% drai burn rate tertingginya beberapa hari yang lalu.
  • Konsolidasi di tengah reli merupakan hal wajar yang sehat. Jeda itu merupakan momentum yang baik bagi permintaan untuk mengumpulkan tenaga agar mampu menembus target-target harga berikutnya.

Transaksi Coin ETH di Sini!

3. Burn Rate SHIB Naik Drastis, Begitu Pula Pencapaiannya

  • Shiba Inu ($SHIB) mengalami peningkatan burning rate dalam seminggu terakhir. Shibburn X page mencatat minggu lalu total SHIB yang dibakar mencapai 373.715.046 SHIB atau senilai US$3.269,69.
  • Peningkatan burning rate SHIB minggu lalu mencapai 44% jika dibandingkan dengan burning rate minggu sebelumnya. Meskipun, jumlah transaksi pembakarannya justru mengalami penurunan, yakni dari total 66 transaksi menjadi 58 transaksi.
  • Peningkatan burning rate berlanjut hingga kemarin. Tercatat, 20.002.824 SHIB dibakar dalam 19 transaksi, kemarin.
  • Selain peningkatan burning rate, SHIB juga mengalami peningkatan jumlah alamat pengguna. Saat ini terdapat 3,65 juta alamat pengguna dalam jaringan token meme anjing tersebut.
  • Nilai SHIB mengalami apresiasi sebesar 9% menjadi US$0,00000879 dalam seminggu terakhir.

Transaksi Coin SHIB di Sini!

4. Kenapa Harga Solana Nanjak?

  • Harga Solana ($SOL) mencapai US$58,17 per unit, melonjak 44% dalam seminggu terakhir. Sejumlah sentimen yang mendorong apresiasi nilai SOL.
  • Selain ikut terpengaruh euforia ETF spot Bitcoin, investor SOL juga terdampak kepastian hukum terkait aset di exchange FTX.
  • September lalu, Pengadilan Bankruptcy Delaware menyetujui penjualan 55,75 juta SOL. Persetujuan ini telah membawa arus modal masuk ke pasar SOL per 3 November mencapai US$10,8 juta.
  • SOL memang menampilkan performa terbaiknya selama satu bulan terakhir. Coinmarketcap mencatat harga SOL sudah terbang 174,47% month-to-month (mtm). Namun, sejumlah indikator teknikal masih menunjukkan sinyal bullish kuat yang berarti reli harga SOL masih terus berlanjut.

Transaksi Coin SOL di Sini!

5. Hadapi Bitcoin Halving, Investor Perlu Persiapan

  • Bitcoin Halving akan kembali terjadi pada April 2024 nanti. Rutinitas per empat tahun ini akan memangkas pendapatan penambang Bitcoin ($BTC) sebanyak 50%.
  • Saat ini, tiap blok BTC yang berhasil ditambang akan membelikan imbal hasil sebanyak 6,25 BTC. Setelah halving Bitcoin nanti, imbalannya bakal susut menjadi 3,125 BTC.
  • Analis Kripto Roger Huang mengurai secara historis momentum Bitcoin halving selalu berhasil menjadi sentimen bullish bagi BTC. Namun momentum itu justru merupakan mimpi buruk bagi industri pertambangan BTC yang kini sudah jadi industri besar dengan beberapa pemainnya sudah tercatat sebagai perusahaan terbuka di berbagai bursa keuangan dunia.
  • Umumnya penambang melalui masa penyesuaian yang sulit selama 12 bulan hingga 16 bulan pasca halving. Namun Huang mengungkapkan kondisi saat ini memungkinkan perusahaan penambang BTC untuk bertahan dari kapitalisasi aset BTC yang sudah mereka miliki mengingat harganya telah melonjak setidaknya 30% sejak Juni tahun ini.
  • Sementara itu para investor bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan diversifikasi portofolio investasinya dengan sejumlah produk derivatif Bitcoin guna mengoptimalisasi cuan.

Transaksi Coin BTC di Sini!

6. Kapitalis USDT Tertinggi Sepanjang Masa

  • Kapitalisasi pasar Tether ($USDT) saat ini mencapai US$86,51 miliar atau setara Rp 1.357 triliun. Jumlah ini melampui rekor tertinggi sebelumnya yang dicapai pada April 2022.
  • Pasokan Tether telah meningkat sebanyak 3,61 miliar unit dalam periode 67 hari. Ditambah lagi, nilai pasar aset digital ini juga meningkat sebanyak 4,36%, dan tumbuh 3,6% pada bulan lalu. Kombinasi tersebut menjadikan USDT duduk sebagai stablecoin dengan aset terbanyak sepanjang masa.
  • Kini, perdagaqngan USDT mengambil pangsa 37% dari total volume perdagangan global yakni Rp2.184 triliun per hari. USDT yang banyak ditransaksikan pada paring pool dengan aset kripto lainnya mengambil porsi Rp 809,3 triliun per hari dari total keseluruhan nilai perdagangan global.
  • Pasangan aset yang paling banyak bersanding dengan USDT ialah Bitcoin, Ether dan Binance. Peningkatan volume perdagangan aset kripto menjadi sentimen utama naiknya pasokan USDT yang berperan sebagai alat tukar perantara pada perdagangan kripto.

Transaksi Coin USDT di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1