Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 5 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 5 Oktober 2023

5 Oct 2023, 8:40 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 5 Oktober 2023

Selamat siang, Sobat Cuan! Mulai dari XRP melonjak hingga Co-Founder Polygon mundur, semua terangkum dalam daily news berikut!

Berikut sejumlah kabar dari jagat kripto hari ini, Kamis (5/10). Yuk, simak!

1. Harga XRP Melonjak Gegara SEC, Ada Apa?

  • Pelaku pasar kripto sempat merespon positif keputusan Hakim Distrik Amerika serikat, Analisa Torres yang menolak pengajuan banding Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) terkait status aset kripto tidak termasuk dalam jenis sekuritas. Salah satu aset yang paling terdampak keputusan ini ialah Ripple ($XRP).
  • Sebagaimana diketahui, SEC sempat berkukuh aset kripto termasuk dalam jenis sekuritas. Implikasinya ialah regulasi industri kripto harus tunduk pada securities law yang berlaku di AS. Ripple Labs merupakan salah satu penentang klasifikasi ini dengan menegaskan bahwa Ripple ($XRP) bukanlah sekuritas.
  • Pada perdagangan intraday kemarin (3/10) waktu setempat, harga Ripple ($XRP) melonjak 7% ke level $0,547 per unit.
  • Sebetulnya keputusan Torres tak hanya berdampak pada kinerja $XRP, melainkan industri kripto secara keseluruhan. Karenanya investor mulai berspekulasi pada altcoin lain yang mungkin akan terdampak sentimen positif dari lepasnya bayang-bayang industri kripto dari cengkraman securities law.

Transaksi XRP di Sini!


2. CCIP Bikin BNB Makin Jaya

  • Integrasi antara jaringan Binance ($BNB) dengan Cross-chain Interoprability Protocol (CCIP) telah berlaku efektif sejak akhir bulan lalu. Update teranyar ini akan membuat Binance menjadi platform yang memfasilitasi kolaborasi dan kreativitas antar pengguna blockchain dari jaringan yang berbeda.
  • Binance menjadi jaringan ketujuh yang terintegrasi dengan CCIP. Sejak integasi ini harga $BNB mengalami uptrend hingga mengundang sentimen positif pelaku pasar.
  • Prediksi dari BNB Price Prediction, harga BNB bisa menembus angka US$307,4 per unit di akhir tahun nanti.

Transaksi BNB di Sini!

3. Co-Founder Polygon, Jaynti Kanani Mundur

  • Co-Founder projek Polygon Platform, Jaynti Kanani menyatakan pengunduran dirinya lewat akun pribadinya dio media sosial X. Kanani tidak merinci alasan pengunduran dirinya selain keterangan bahwa Ia akan mengejar pertualangan yang baru.
  • Kanani telah membangun projek Polygon sejak tahun 2017, kala itu projeknya masih bernama matic network. Ia bermitra dengan tiga rekan lain yakni Sandeep Nailwal, Anurag Arjun, dan Mihailo Bjelic.
  • Diketahui, Kanani telah mempertimbangkan keputusan pengunduran dirinya sejak enam bulan yang lalu. Meski telah resmi mengundurkan diri, Kanani mengungkap dirinya akan tetap berkontribusi pada proyek Polygon ($Matic).

Transaksi MATIC di Sini!

4. Stars Arena Bikin Jaringan Avalanche Makin Ramai

  • Aplikasi sosial berbasis blockchain, Stars Arena memberikan kontribusi masif terhadap peningkatan jumlah transaksi harian pada salah satu jaringan Avalanche ($AVAX) yakni C-Chain Network.
  • Sebelum Starts Arena diluncurkan transaksi harian di jaringan Avalanche hanya berkisar 150.000 transaksi saja. Per 3 oktober lalu, total transaksi harian telah melonjak hingga 250.000 transaksi per hari atau naik hingga 66%.
  • Menurut data dari DappRadar, dalam 24 jam terdapat lebih dari 10.000 wallet aktif yang berinteraksi di Avalanche yang berasal dari aplikasi sosial tersebut.
  • Berdasarkan data dari DeFilama melaporkan platform Starts Arena sendiri telah berhasil mengakumulasi total value locked (TVL) senilai US$1 juta dalam dua minggu sejak peluncurannya.

Transaksi AVAX di Sini!

5. Validator Solana Disubsidi Pemerintah, Masa Sih?

  • Sebuah akun di media sosial X, arixon.eth menuding bahwa 90% validator pada jaringan Solana ($SOL) menerima subsidi dalm jumlah besar dari Solana Foundation dan Alameda Research.
  • Akun tersebut juga merinci dari total 1.997b validator Solana saat ini, sebanyak 1.818 diantaranya menerima delegasi aset sebanyak 106 juta SOL. Solana Foundation berkontribusi sebanyak 73 juta $SOL, sisanya yakni 33 juta $SOL didistribusikan dari Alameda Research.
  • Implikasinya, Solana Foundation tak hanya berperan sebagai developer jaringan semata, namun juga memiliki sebagian aset yang didelegasikan kepada para validator. Kondisi ini tentu memengaruhi otoritas para validator sebagai organ inti dari jaringan terdesentralisasi seperti Solana.
  • Validator berperan penting dalam pengambilan keputusan terkait blockchain. Tak hanya menuding validator telah menerima sogokan berupa delegasi aset, akun tersebut juga mengatakan jumlah validator Solana seharusnya jauh lebih sedikit jika tidak disubsidi oleh dua organisasi penyokongnya tersebut.
  • Co-Founder Solana Anatoly Yakovenko merespon tudingan ini dengan sanggahan bahwa jaringannya diamankan oleh noda dan voting para validator, bukan jumlah aset yang dipertaruhkan.

Transaksi Solana di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1