Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 27 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 27 Oktober 2023

27 Oct 2023, 6:34 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 27 Oktober 2023

Bisnis cloud Microsoft semakin kejar Amazon hingga Tesla kerek harga mobilnya, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Laju Pendapatan ‘Cloud’ Microsoft Triwulan Lalu Salip Amazon dan Google

  • Bloomberg kemarin melaporkan bahwa produk komputasi awan (cloud) milik Microsoft ($MSFT), Microsoft Azure, mencatat pertumbuhan pendapatan tertinggi dibanding dua pesaing terdekatnya, yakni Amazon Web Service (AWS) milik Amazon.com Inc. ($AMZN) dan Google ($GOOG), pada periode Juli-September 2023.
  • Secara lebih rinci, Azure berhasil membukukan kenaikan pendapatan 29% secara tahunan pada periode tersebut. Sementara itu, AWS dan Google “hanya” mampu menorehkan pertumbuhan pendapatan produk cloud masing-masing sebesar 12% dan 22% di waktu yang sama.
  • Microsoft mengatakan, salah satu pendorong kinclongnya pertumbuhan pendapatan Azure adalah meningkatnya permintaan atas layanan cloud bernama Azure OpenAI. Melalui layanan tersebut, pelanggan cloud Microsoft bisa memanfaatkan produk-produk milik pengembang teknologi kecerdasan buatan (AI) OpenAI untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru berbasis AI.
  • Asal tahu saja, saat ini Azure menempati posisi kedua sebagai pemain utama di pasar cloud global. Sementara itu, AWS dan Google masing-masing menduduki peringkat satu dan dua di kancah yang sama.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, MSFT telah diperdagangkan pada level 27,9 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 23,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka $402,9 dengan potensi kenaikan sebesar 22,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MSFT di Sini!

2. Bloomberg: Keluarga AS Rogoh US$42.000 demi Liburan ‘Wah’ di Taman Disney

  • Sebuah survei terhadap sejumlah perusahaan agen perjalanan AS yang dirilis Bloomberg kemarin menemukan bahwa satu keluarga yang terdiri dari dua orang tua dan dua anak ternyata perlu merogoh kocek setidaknya US$42.260 untuk menikmati seluruh paket liburan termewah yang ditawarkan taman-taman rekreasi milik perusahaan hiburan Walt Disney ($DIS).
  • Menurut riset tersebut, angka itu ternyata terbilang 10 kali lipat dari biaya paket termurah di taman rekreasi Disney, yakni sekitar US$4.280 per keluarga.
  • Sejumlah analis mengatakan, mahalnya biaya berliburan ke taman-taman itu bisa jadi merupakan sumber atas payahnya kontribusi bisnis taman rekreasi ke laba Disney secara keseluruhan. 
  • Asal tahu saja, laba operasional segmen bisnis taman rekreasi Disney ambles 13% secara tahunan pada triwulan lalu.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, DIS telah diperdagangkan pada level 10,5 x PE-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 11,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham DIS di angka $107,15 dengan potensi kenaikan sebesar 34,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham DIS di Sini!

3. Usai Banting Harga Jor-joran, Tesla Naikkan Kembali Harga Mobilnya

  • Setelah membanting harga sejumlah mobilnya sejak awal tahun, produsen mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) kemarin kedapatan menaikkan lagi harga mobil model Y di China dan AS.
  • Dikutip dari situs resminya, Tesla diketahui telah menaikkan harga mobil model Y di China dari sekitar 349.900 Yuan China menjadi 363.900 Yuan China per unitnya. Sebelumnya, Tesla diketahui menurunkan harga mobil tersebut dari 363.900 Yuan China menjadi 349.900 Yuan China pada Agustus lalu.
  • Selain itu, Tesla juga mengerek harga mobil model Y bertipe Long Range all-wheel drive di AS dari US$48.490 menjadi US$48.990 per unitnya.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 5,5 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $242,13 dengan potensi kenaikan sebesar 17,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

4. Nilai Akuisisi Chevron Dianggap Lebih Mahal Dibanding ExxonMobil

  • Sebuah analisis yang dirilis Reuters kemarin menemukan bahwa nilai akuisisi perusahaan migas Chevron ($CVX) terhadap Hess ternyata jauh lebih mahal dibandingkan akuisisi serupa yang dilakukan kompetitornya ExxonMobil ($XOM) terhadap Pioneer Natural Resources.
  • Dalam analisis tersebut, Reuters menyebut bahwa nominal transaksi akuisisi ExxonMobil sebesar US$59,5 miliar tentu lebih tinggi dibanding kocek yang dikeluarkan Chevron untuk akuisisi Hess sebesar US$53 miliar.
  • Hanya saja, Reuters menemukan bahwa nilai total akuisisi Chevron ternyata lebih mahal dibanding ExxonMobil jika ditilik dari sisi arus kas masing-masing perusahaan yang menjadi target akuisisi duo raksasa migas tersebut.
  • Reuters mengatakan, nilai akuisisi Chevron ternyata mencapai 11,65 kali dari posisi arus kas Hess. Sementara itu, nilai akuisisi ExxonMobil ternyata setara 6,35 kali dari posisi arus kas Pioneer meski angka transaksi pembeliannya lebih tinggi dari aksi serupa yang dilakukan Chevron.
  • Asal tahu saja, sepanjang bulan ini, dua jagoan migas Chevron dan ExxonMobil masing-masing mengumumkan dua megaakusisi untuk mendongkrak produksinya di dua blok migas yang berbeda.
  • Di satu sisi, ExxonMobil mencaplok Pioneer untuk meningkatkan produksi di blok migas Permian di AS. Sementara itu, Chevron membeli Hess untuk menguasai 30% produksi dari blok migas Guyana.

Valuasi & Insight (CVX) :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, CVX telah diperdagangkan pada level 10,6 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 10 x. Konsensus memberikan fair value harga saham CVX di angka $187,15 dengan potensi kenaikan sebesar 21% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham CVX di Sini!

Valuasi & Insight (XOM) :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, XOM telah diperdagangkan pada level 11,4 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 10 x. Konsensus memberikan fair value harga saham XOM di angka $126,5 dengan potensi kenaikan sebesar 17,6% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham XOM di Sini!

5. Demi Akhiri Mogok Kerja, Ford Sepakat Naikkan Upah Pegawainya 25%

  • Produsen otomotif Ford Motor Co. ($F) kemarin disebut telah sepakat dengan serikat pekerja untuk memberikan kenaikan upah secara tentatif bagi tenaga kerjanya. Kesepakatan itu dilakukan antara perusahaan bersama United Auto Workers (UAW), sebuah organisasi yang mewadahi serikat pekerja Ford, General Motor (GM), dan Stellantis.
  • Secara lebih detail, kesepakatan itu menjelaskan bahwa Ford akan menaikkan upah per jam pekerjanya sebesar 25% hingga masa kontraknya berakhir. Selain itu, Ford juga berjanji akan memberikan tunjangan biaya hidup bagi pegawainya. Jika keduanya ditotal, maka pekerja Ford akan menerima kenaikan penghasilan sebesar 33%.
  • Hal ini dilakukan Ford untuk mengakhiri mogok kerja massal yang dilakukan pekerja otomotif AS. Sekadar informasi, ribuan pekerja Ford, GM, dan Stellantis ogah bekerja sejak 15 September 2023 lalu setelah tuntutannya terkait perbaikan upah, kondisi kerja, dan skema pensiun tidak kunjung diamini ketiga perusahaan tersebut.
  • Sebelum menyepakati kenaikan upah pekerjanya, Ford sendiri berjanji akan menyediakan tunjangan biaya hidup bagi pekerjanya dan mengubah status sejumlah pegawai kontrak menjadi pegawai tetap.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, F telah diperdagangkan pada level 0,2 x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 0,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham F di angka $14,83 dengan potensi kenaikan sebesar 30,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham F di Sini!

6. Meta Pesimistis Tatap Akhir Tahun, Sahamnya pun Tumbang 

  • Harga saham konglomerasi media sosial Meta Platforms ($META) meleleh 3,73% pada penutupan perdagangan kemarin. 
  • Hal ini terjadi setelah perusahaan meramal bahwa pertumbuhan pendapatannya dari segmen periklanan akan melandai menyusul turunnya aktivitas periklanan di jaringan media sosial Meta sejak awal kuartal IV 2023.
  • Di samping itu, perusahaan juga mengaku belum bisa meramal pendapatannya di 2024 karena situasi ekonomi yang serba “tidak tentu”. Kendati demikian, perusahaan tetap berkomitmen untuk berinvestasi lebih banyak lagi di infrastruktur dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi AI.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 Oktober 2023, META telah diperdagangkan pada level 8,8 x PE-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 13,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham META di angka $378,29 dengan potensi kenaikan sebesar 31,2% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham META di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1