Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 1 November 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 1 November 2023

1 Nov 2023, 8:23 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 1 November 2023

Bitcoin bikin kripto kebanjiran inflow US$326 Juta hingga Spanyol keluarkan aturan baru untuk kripto, terangkum dalam daily news berikut!

Halo Sobat Cuan, berikut ini rangkuman kabar dari jagat kripto hari ini, Rabu (1/11). Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Gara-Gara Bitcoin, Kripto Kebanjiran Inflow US$326 Juta Dalam Seminggu

  • CoinShares mencatat total dana yang masuk pasar investasi kripto mencapai US$326 juta atau sekitar Rp5,2 triliun dalam seminggu terakhir.
  • Optimisme pasar terhadap prospek industri kripto di masa depan terutama berasal dari potensi persetujuan Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) terhadap produk Exchange-Traded Funds (ETF) Spot Bitcoin. Jika produk ini disetujui, pasar berharap permintaan atas Bitcoin dan aset-aset kripto lainnya akan melonjak tajam.
  • Sekitar 90% dari total dana masuk itu menyerbu pasar Bitcoin ($BTC). Ironisnya, hanya US$15 juta dari total dana masuk yang betul-betul tertuju pada investasi ETF secara langsung.
  • Selain Bitcoin, Solana (SOL) dan Ether (ETH) juga mencatatkan inflow masing-masing sebesar US$24 juta dan US$6 juta sepanjang minggu lalu.

Transaksi Coin BTC di Sini!

2. Solana Bisa Tembus US$50 Nih?!

  • Momentum reli Solana ($SOL) yang awet membuat pegiat kripto berspekulasi harganya bisa mencapai US$50 per unit dalam beberapa minggu. Jika momentum bullish ini terus bertahan, manager dana investasi VanEck malah optimis harganya bisa melejit hingga 10.000%
  • Berdasarkan data dari CoinMarketCap, momentum bullish Solana telah berlangsung sejak 12 Oktober. Kini, Solana diperdagangkan di level US$38,34 per unit, naik 33% sejak grafiknya mulai memantul.
  • Laporan terbaru VanEck memprediksi Solana bisa mencapai level harga lebih dari US$3000 per unit pada tahun 2030, naik 10.600% dari level harganya saat ini.
  • Optimisme VanEck berasal dari fakta bahwa volume trading Solana terus meningkat meski sudah reli selama beberapa minggu. Kini, volume trading SOL mencapai US$1,5 miliar per hari, naik 11,7% dalam 24 jam terakhir.
  • Jika reli SOL tak kunjung kehabisan tenaga, VanEck juga memprediksi SOL bisa menyalip Ethereum (ETH) dalam waktu dekat.

Transaksi Coin SOL di Sini!

3. XRP Healthcare Rambah Pasar Timur Tengah

  • Menyusul jejakl Ripple Lab, XRP Healthcare, yakni salah satu platform dalam XRP Ledger (XRPL) di bidang farmasi dan jasa kesehatan turut merambah pasar Timur Tengah. Adapun negara tujuan dalam ekspansi kali ini ialah Dubai dan pasar Timur Tengah secara umum.
  • Perusahaan ini sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan The Burnratty Investment Group, yakni perusahaan investasi yang memiliki spesialisasi di bidang praktek kesehatan berikut fasilitasnya di seluruh Afrika.
  • Selain kerjasama tersebut, XRP Healthcare sendiri tengah berupaya menyesuaikan diri dengan standar hukum di Timur Tengah dan Dubai terkait implementasi decentralized finance (deFI) dan cryptocurrency.
  • Ekspansi ini bertujuan untuk membuat pelayanan kesehatan lebih baik dengan meningkatkan pengalaman konsumen dalam mengakses layanan kesehatan berbasis blockchain.

Transaksi Coin XRP di Sini!

4. Sam Bankman-Fried Yakin Dana Lindung Nilai Bisa Bantu Tutuk Utang FTX Senilai US$8 Miliar

  • Pendiri FTX, Sam Bankman-Fried bersaksi bahwa Alameda Research memiliki dana lindung nilai yang dapat menutup piutang FTX sebelum momen keruntuhannya. Menurutnya, Alameda telah meminjam dana tersebut dari deposit milik nasabah FTX pada Oktober 2022.
  • Jaksa menuding Bankman-Fried telah menjarah dana nasabahnya hingga miliaran dolar untuk menopangh Alameda. Tindakan tersebut merupakan investasi ventura yang spekulatif dan disinyalir berkontribusi pada kampanye politik Amerika Serikat.
  • Jika tuduhan jaksa tersebut terbukti benar, Bankman-Fried bisa menghadapi hukuman penjara hingga puluhan tahun. Namun, pebisnis lulusan Massachusetts Intitute of Technology (MIT) itu menolak tuduhan jaksa dan mengaku tidak bersalah atas dua tuduhan penipuan dan lima tuduhan konspirasi.
  • Namun, dia mengakui kesalahannya yang menyebabkan kebangkrutan FTX pada 11 November 2022 hingga merugikan pelanggan dan karyawan. Namun Ia menolak tuduhan telah mencuri uang nasabah.

5. Spanyol Bikin Gebrakan Aturan Kripto

  • Spanyol telah mengumumkan rencana implementasi European Union's Markets in Crypto Assets (MiCA) Act. Aturan ini merupakan regulasi komprehensif berisikan framework untuk jasa dan aset kripto pertama di dunia.
  • Rencananya, Uni Eropa akan menerapkan aturan tersebut secara resmi di seluruh wilayah Uni Eropa pada Juli 2026. Namun, Spanyol berencana untuk mencuri start dengan menerapkannya pada Desember 2025.
  • Upaya mencuri start itu tercetus setelah Wakil Presiden Spanyol Nadia Calvino bertemu dengan Presiden Otoritas Market dan Sekuritas Eropa Verena Ross. Pertemuan itu menyimpulkan adopsi lebih cepat akan berdampak pada kepastian hukum dan perlindungan yang lebih baik bagi investor asal Spanyol yang berminat untuk investasi di aset kripto.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1