Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Yuk, Simak 6 Cara Menyusun Resolusi Finansial Tahun Baru Berikut!
shareIcon

Yuk, Simak 6 Cara Menyusun Resolusi Finansial Tahun Baru Berikut!

30 Dec 2021, 5:04 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Yuk, Simak 6 Cara Menyusun Resolusi Finansial Tahun Baru Berikut!

Selamat menyambut tahun 2022, Sobat Cuan! Mungkin perayaan tahun baru kamu dipenuhi oleh santap bersama atau menonton kembang api bersama orang terdekatmu. Namun, ada baiknya kamu juga menyambut tahun baru dengan resolusi yang anyar pula.Menyusun resolusi adalah langkah awal yang baik bagimu untuk membuka lembaran baru di tahun baru. Hanya saja, mungkin kamu tak tahu cara yang jitu untuk menyusunnya, terutama resolusi dalam hal mengatur keuangan pribadimu.Nah, di artikel ini, kamu bisa membaca berbagai inspirasi untuk mengatur resolusi finansialmu tahun depan. Yuk, simak bersama-sama!

Inspirasi Resolusi Finansial Tahun Baru

1. Awali dengan Hitung Kekayaan Bersih

Resolusi tahun baru yang baik dimulai dengan proses evaluasi. Sehingga, dalam hal menyusun resolusi keuangan, kamu perlu tahu tingkat kesehatan keuanganmu. Nah, indikator yang tepat untuk mengukurnya adalah dengan menghitung kekayaan bersihmu (net worth).

Cara menghitung kekayaan bersih terbilang mudah, Sobat Cuan. Kamu tinggal menjumlahkan total asetmu dan total utangmu. Kemudian, kurangi nilai keseluruhan asetmu dengan kewajiban yang perlu kamu bayar.

Dengan mengetahui kekayaan bersih, kamu dapat menentukan daftar prioritas dalam urusan finansial yang perlu kamu lakukan di tahun baru. Selain itu, kamu juga bisa menentukan kebiasaan-kebiasaan apa saja yang perlu kamu ubah agar kesehatan keuanganmu makin prima.

Baca juga: Katanya Menabung Buat Mencapai Tujuan Finansial. Apa Sih, Arti Tujuan Finansial?

2. Tentukan Tujuan Finansialmu di Tahun Baru

Semua orang, termasuk kamu, pasti ingin mencapai impian tertentu di tahun depan. Oleh karenanya, segera tulis segala keinginanmu tahun depan, mulai dari hal yang receh hingga keinginan yang membutuhkan jumlah uang besar, setelah kamu mengetahui nilai kekayaan bersihmu!

Menulis daftar keinginan bisa membantumu menentukan kebiasaan finansialmu sepanjang tahun depan. Misalnya, kamu jadi memahami jumlah uang yang perlu kamu tabung per bulan atau memilih jenis investasi yang cocok demi menggapai impian tersebut.

3. Resolusi Tahun Baru? Masukkan Pelunasan Utang ke Daftar Tersebut!

Semua orang sah-sah saja mengambil pinjaman. Tapi, kalau utang tersebut hanya bikin kantong kamu makin seret, kenapa tidak segera kamu lunasi saja?

Ketika menghitung net worth, kamu mungkin akan menemukan beberapa pos utang yang bersifat konsumtif dan berbunga besar seperti utang kartu kredit. Nah, masukkan pelunasan utang jenis tersebut ke prioritas utamamu tahun depan, sehingga kamu bisa menjalani tahun depan tanpa rasa gelisah!

4. Terapkan Aturan 50-20-30

Aturan penganggaran 50-20-30 adalah standar emas perencanaan keuangan pribadi. Aturan ini mengharuskan kamu untuk mengalokasikan 50% pendapatan bulananmu untuk keperluan pribadi, 20% untuk tabungan, dan sisa 30% untuk keinginanmu.

Metode ini akan membantumu dalam menggapai tujuan finansialmu tahun depan. Selain itu, kamu juga akan terbiasa disiplin dalam mengelola pendapatan sesuai anggaran yang telah kamu susun.

Baca juga: Cara Sukses Investasi dengan Aturan Investasi No. 72

5. Mulai Persiapkan Dana Darurat

Yang namanya hidup tentu tidak berjalan lempeng-lempeng saja, Sobat Cuan. Tentu akan ada banyak hal tak terduga di depan mata yang mengharuskanmu merogoh kocek yang cukup dalam. Misalnya, reparasi sepeda motormu yang mendadak mogok atau membetulkan atap rumahmu yang selalu bocor saat musim hujan tiba.

Kamu mungkin tidak akan mempermasalahkan rentetan peristiwa yang datang sekonyong-konyong tersebut jika memiliki dana darurat. Yakni, dana yang memang telah kamu persiapkan untuk menghadapi hari-hari apes. Namun, kamu pasti tidak akan bisa tidur nyenyak jika tidak memiliki dana yang dimaksud.

Sehingga, jika kamu tidak punya dana darurat, ada baiknya kamu menggunakan tahun depan sebagai ajang mengumpulkannya. Aturan umumnya, kamu harus memiliki dana darurat dengan nilai setara tiga hingga enam kali penghasilan bulananmu.

6. Konsisten Menjalankan Resolusi Keuangan Tahun Baru

Menyusun daftar resolusi keuangan di tahun baru adalah hal penting. Namun, konsisten dalam menjalankannya adalah hal paling utama yang perlu kamu lakukan!

Mungkin, kamu akan menggebu-gebu menjalankan resolusi finansialmu di awal-awal tahun. Namun, semangatmu bisa jadi perlahan kendor di pertengahan jalan.

Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membayangkan kembali tujuan finansialmu. Kamu tentu tak mau memiliki resolusi finansial yang sama untuk tahun berikutnya, kan?

Yuk, sambut tahun baru dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, Moneycontrol

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
keuangan
Apa Saja 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1