Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Masih Pelajar? Ini Jenis Investasi Cocok Untukmu!
shareIcon

Masih Pelajar? Ini Jenis Investasi Cocok Untukmu!

31 Jul 2023, 10:56 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
investasi untuk pelajar

Ada banyak jenis instrumen investasi yang cocok untuk kalian, loh! Daripada penasaran, yuk simak rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Instrumen Investasi Untuk Pelajar

Peluang besar mendapatkan dividen investasi yang menguntungkan menanti para pelajar. Pasalnya, salah satu kelebihan finansial yang dimiliki oleh mereka adalah fleksibilitas penggunaan uang saku. Dengan uang saku tersebut, mereka bebas menentukan aktivitas mana yang mereka sukai, misalnya seperti jajan, menabung, atau berinvestasi.

Sekarang, mari cari tahu instrumen investasi yang cocok bagi pelajar. Berikut beberapa pilihan menarik:

1. Reksa Dana

Reksa dana adalah pilihan tepat bagi pelajar yang baru mengenal dunia investasi. Melalui reksa dana, mereka bisa memulai investasi dengan mudah. Dana investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional dan diarahkan ke saham, obligasi, deposito, serta instrumen investasi lainnya.

2. Cryptocurrency atau Kripto

Kripto sudah tidak asing lagi, dan menjadi opsi menarik untuk investasi pelajar. Sebagai mata uang digital, kripto menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi keuangan dan memiliki sistem terdesentralisasi yang diatur dalam blockchain. Investasi ini tidak terikat dengan pihak ketiga seperti bank.

3. Emas

Investasi emas adalah pilihan lain yang cocok bagi pelajar. Emas memiliki tingkat kepercayaan tinggi di masyarakat dan nilainya cenderung meningkat setiap tahun. Selain bentuk fisiknya, pelajar juga dapat berinvestasi dalam bentuk emas digital melalui aplikasi seperti Pluang.

4. NFT atau Non Fungible Token

Bagi pelajar yang berminat dalam seni, investasi NFT menarik untuk dijajaki. NFT merupakan aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai tak tergantikan. Setiap aset NFT bersifat unik dan hanya memiliki satu kepemilikan, diatur melalui blockchain.

5. Saham

Tidak ada salahnya bagi pelajar untuk mencoba investasi saham, asalkan mereka memahami risiko dan memiliki pondasi keuangan yang kuat. Melalui Pluang, pelajar dapat berinvestasi dalam 40 produk CFD saham AS dengan jumlah unit mulai dari 0,1 unit saja. Semua saham yang diperdagangkan telah disetujui oleh Bappebti dan difasilitasi oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), memberikan rasa aman dalam berinvestasi.

Baca juga: Jangan Ditiru! Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Investor Pemula

Bagaimana Cara Memulai Berinvestasi Bagi Pelajar?

Ketika terdengar istilah investasi, mungkin akan muncul anggapan bahwa investasi adalah aktivitas orang-orang elit. Namun, sebenarnya hal ini tidaklah demikian. Bahkan, seorang pelajar pun sebaiknya memikirkan bagaimana mereka dapat menggunakan investasi untuk membangun dan menjaga kestabilan keuangan mereka di masa depannya.

Berikut adalah tiga strategi bagi pelajar untuk memulai investasi, di antaranya yaitu:

1. Gunakan Aplikasi untuk Berinvestasi

Menggunakan aplikasi investasi adalah salah satu cara untuk mempermudah proses berinvestasi. Pluang adalah aplikasi investasi yang terkenal dan memungkinkan Anda untuk membeli berbagai instrumen investasi seperti saham, reksa dana, dan aset kripto. 

Bahkan, anda bisa memulai pembelian emas sebesar 0,01 gram saja dan langsung memiliki saldo emas digital di platform kami. Dengan begitu, kamu dapat memiliki aset berharga dengan lebih praktis.

Tak hanya itu, Pluang juga menyediakan dukungan penuh bagi kamu yang ingin belajar dan mengelola investasi secara mandiri. Jika Anda merasa bingung tentang cara memulai, tim kami siap membantu memberikan panduan dan informasi yang kamu butuhkan.

2. Sisihkan Uang Untuk Berinvestasi Sedikit Demi Sedikit

Dengan memilih platform investasi yang tidak mengenakan komisi, kamu bisa melakukan investasi secara teratur dan berinvestasi dalam jumlah kecil tanpa perlu khawatir kehilangan uang akibat biaya tambahan yang dikenakan. Sehingga, lebih banyak uang yang benar-benar diinvestasikan pada instrumen investasi yang Anda pilih. 

Seperti apapun kondisi keuangan kamu saat ini, yang terpenting adalah segera memulai untuk berinvestasi sekarang juga. Meskipun berinvestasi dalam nominal yang sedikit, kamu mungkin akan lebih cenderung mengikuti tren pasar. 

Selain itu, kamu akan mulai melihat diri kamu sebagai seorang investor. Dengan memiliki uang yang sudah diinvestasikan, kamu  juga akan lebih termotivasi untuk melakukan riset dan mengevaluasi portofolio kamu. Jadi, meski anda mulai berinvestasi dalam nominal yang sedikit, ini akan sangat membantu.

3. Mulailah Berinvestasi dengan Pilihan yang Low-Risk

Jika kamu baru mengenal investasi, cobalah untuk fokus pada opsi yang memiliki risiko rendah. Meskipun return yang dihasilkan mungkin tidak sebesar investasi berisiko tinggi, tetapi ini memberimu kesempatan untuk memahami pasar dan belajar dari pengalaman tanpa terlalu banyak tekanan.

Baca juga: Perlu Dicatat! Ketahui Beda Tingkatan Risiko dalam Investasi

Saran yang paling penting bagi seorang pelajar yang ingin berinvestasi adalah segera memulainya. Pasalnya, kamu bisa mulai merencanakan masa depan keuanganmu sejak awal. Meskipun saat ini kamu memiliki anggaran yang terbatas, kamu juga bisa sembari memperluas pengetahuan dan portofoliomu.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham AS, indeks saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Bank Rate, Hsb, Tanam Duit, Cermati

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
keuangan
Apa Saja 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1