Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Pluang Pagi: Diembus Angin Segar, Kripto Masih Sukses Tampil Sangar
shareIcon

Pluang Pagi: Diembus Angin Segar, Kripto Masih Sukses Tampil Sangar

9 Aug 2022, 1:07 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Pluang Pagi: Diembus Angin Segar, Kripto Masih Sukses Tampil Sangar

Selamat pagi, Sobat Cuan! Pasar saham AS lagi-lagi mengalami sesi perdagangan yang cukup bergejolak, sementara pasar kripto malah adem ayem diembus angin segar dari berbagai sisi. Simak ulasan lengkapnya di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

  • Pergerakan trio indeks saham Amerika Serikat (AS) lagi-lagi bervariasi menutup sesi perdagangan Senin (9/8). Nilai Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 0,1%, namun nilai Nasdaq dan S&P 500 justru melemah masing-masing 0,1% dan 0,12%.
  • Tadinya, laju ketiga indeks saham AS terbilang adem ayem namun akhirnya terbanting setelah saham Nvidia ambles 6%.
  • Nilai saham Nvidia terjun bebas setelah produsen chip semikonduktor itu melaporkan pendapatan kuartal II sebesar US$6,7 miliar, jauh di bawah estimasi US$8,1 miliar, gara-gara kondisi makroekonomi yang penuh tantangan.
  • Performa buruk saham Nvidia pun menular ke saham-saham produsen chip lainnya dan perusahaan teknologi. Kendati demikian, saham Meta Platforms masih bisa selamat dengan mencatat pertumbuhan nilai lebih dari 2%.

Baca Juga: Rangkuman Pasar: Sentimen Buruk Menyiksa, IHSG & Kripto Tetap Jadi Jawara

Aset Kripto

  • Sementara itu, kondisi cuaca di atas langit pasar kripto justru terlihat kondusif.
  • Melansir Coinmarketcap pukul 07.34 WIB, delapan dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar sedunia masih sukses bertahan di zona hijau dalam 24 jam terakhir.
  • Nilai Bitcoin (BTC), misalnya, berhasil menguat 2,52% dalam sehari terakhir dan kini berada di US$23.839 per keping. Namun, pada Senin malam, BTC sempat menembus US$24.000 untuk pertama kalinya sejak mengalami crash awal Juni silam.
  • Sementara itu, nilai Ether (ETH) loncat 4,4% ke US$1.782 per keping di waktu yang sama.
  • Altcoin lainnya tak mau kalah tampil mentereng. Nilai XRP, Cardano (ADA), Dogecoin (DOGE), dan Polygon (MATIC) sukses terbang lebih dari 1% dalam sehari terakhir. Kemudian, terdapat pula nilai Solana (SOL) yang melaju 3,7% di saat bersamaan.
  • Di jajaran aset kripto utama, Polkadot (DOT) keluar sebagai jawara dengan membukukan pertumbuhan nilai 7,18% dalam sehari terakhir.
  • Dari sisi teknikal, harga aset kripto mempertahankan relinya setelah kaum bull menemukan momentum untuk membawa aset kripto untuk membawa harga BTC ke level psikologis US$25.000. Sayangnya, upaya ini belum berhasil lantaran kaum bear terlihat "berjaga-jaga" untuk melakukan likuidasi di level US$24.200 per keping.
  • Sementara itu dari sisi sentimen, analis menganggap sukacita pasar kripto kali ini mungkin disebabkan oleh beberapa kabar positif.
  • Pertama, analis berpendapat reli pasar kripto didorong oleh kabar kerja sama antara platform exchange Coinbase dengan perusahaan manajemen investasi BlackRock yang berniat menjajakan aset kripto kepada investor institusi.
  • Kedua, pelaku pasar kembali antusias menyambut pembaruan jaringan terbaru Ethereum, The Merge, yang dijadwalkan meluncur pada September mendatang.
  • Ketiga, peretas berniat mulia akhirnya berhasil mengembalikan aset kripto US$32,6 juta dana ke jaringan jembatan Nomad yang diretas pekan lalu. Namun, jumlah ini masih seperenam dari dugaan total kerugian kejahatan itu yakni US$190 juta.
  • Kendati demikian, pelaku pasar juga tak mau terlalu ngebet berkutat di pasar kripto karena menanti perilisan data inflasi AS Juli yang bakal diumumkan pekan ini.
  • Adapun bintang utama pasar kripto kali jatuh ke Ren (REN) yang meroket 35,75% dalam sehari terakhir. Langkahnya diikuti oleh The Graph (GRT) yang nilainya tumbuh 15,35% di waktu yang sama.

Emas

  • Harga emas di pasar spot bercokol di US$1.789 per ons pada pukul 08.00 WIB, menguat dibanding sehari sebelumnya US$1.775 per ons.
  • Nilai sang logam mulia perkasa setelah dua musuh sengitnya, nilai Dolar AS dan tingkat imbal hasil obligasi AS, melumat kemarin.
  • Sekadar informasi, pelemahan nilai Dolar AS membuat harga emas jadi relatif lebih murah bagi mereka yang jarang bertransaksi menggunakan mata uang tersebut.
  • Sementara tingkat imbal hasil obligasi AS yang melandai membuat opportunity cost investor dalam menggenggam emas menjadi lebih murah.
  • Selain itu, pelaku pasar juga mengantisipasi perilisan data inflasi AS Juli.

Baca Juga: Pluang Pagi: Sentimen Makroekonomi Kembali Kecut, Aset Kripto Tetap Tampil 'Cute'

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS CFD, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
pluang pagi
Pluang Pagi: Krisis di Ukraina Memanas, Aset Kripto Kembali Lemas!
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1