Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 16 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 16 November 2023

16 Nov 2023, 3:46 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 16 November 2023

Microsoft rilis chip AI baru hingga Amazon rilis robot patroli keamanan anyar, semua terangkum di Daily News

Berita Pilihan Hari Ini

1. Dituduh Cemari Lingkungan, Pepsi Digugat Kejaksaan New York

  • Kejaksaan negara bagian New York, AS kemarin menuntut produsen makanan dan minuman ringan PepsiCo ($PEP) lantaran diduga membahayakan kesehatan publik dan melakukan praktik pencemaran lingkungan melalui penggunaan botol, tutup botol, kaleng, dan kemasan sekali pakai.
  • Dalam dokumen gugatan yang dilayangkan ke pengadilan Erie County, jaksa agung New York Letitia James mengatakan bahwa sampah-sampah kemasan sekali pakai Pepsi “berkontribusi signifikan” terhadap pencemaran di dan sekitar sungai Buffalo di negara bagian tersebut. Bahkan, jika dihitung secara detail, sampah-sampah kemasan Pepsi mengambil porsi 17% dari total sampah yang berada di kawasan tersebut.
  • Selain itu, James menambahkan bahwa Pepsi pun telah lalai dalam mengingatkan pengguna terkait potensi risiko kesehatan dan lingkungan atas penggunaan kemasan sekali pakai.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 15 November 2023, PEP telah diperdagangkan pada level 20,7x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 22,5x. Konsensus memberikan fair value harga saham PEP di angka $188,87 dengan potensi kenaikan sebesar 12,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham PEP di Sini!

2. Microsoft Perkenalkan Chip AI Pertama Bernama Maia 100

  • Raksasa teknologi Microsoft Inc. ($MSFT), dalam perhelatan Ignite Conference kemarin, memperkenalkan chip pertamanya yang diharapkan bisa membantu pengoperasian inovasi-inovasi berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) bernama Maia 100.
  • Chip tersebut, lanjut perusahaan, bisa dimanfaatkan untuk pelatihan-pelatihan (training) dan demonstrasi algoritma AI. Rencananya, Microsoft akan bermitra dengan perusahaan berbasis AI, OpenAI, untuk mengujicobakan chip satu ini.
  • Selain Maia 100, Micorosft juga memperkenalkan chip terbarunya berbasis arsitekur ARM yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna (custom) bernama Azure Cobalt.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 15 November 2023, MSFT telah diperdagangkan pada level 30,9x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 25,9x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka $406,97 dengan potensi kenaikan sebesar 10,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MSFT di Sini!

3. Amazon Rilis Robot Patroli Keamanan bagi Bangunan Komersial

  • Raja belanja daring Amazon.com ($AMZN) kemarin meluncurkan versi terbaru dari robot “penjaga keamanan” miliknya Astro bernama Astro for Business.
  • Sejatinya, Astro for Business memiliki kemampuan serupa dengan versi sebelumnya, yakni melakukan patroli keamanan berdasarkan instruksi suara yang dibunyikan oleh asisten virtual Alexa. Hanya saja, Astro for Business memiliki kemampuan berlalu lalang di ruangan dengan ukuran maksimal 464 meter persegi, sehingga cocok digunakan untuk memantau keamanan di bangunan komersial seperti kantor, toko, atau bahkan pabrik.
  • Lebih lanjut, sama seperti Astro versi sebelumnya, Astro for Business juga dapat mendeteksi serta mewanti-wanti pemiliknya tentang pembobolan dan potensi tindakan kriminal lain yang terjadi di dalam propertinya.
  • Amazon sendiri melepas Astro for Business ke pasaran dengan harga US$2.349,99, jauh lebih mahal dari Astro versi sebelumnya yang dibanderol US$1.599.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 15 November 2023, AMZN telah diperdagangkan pada level 2,5x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 1,3x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka $175,89 dengan potensi kenaikan sebesar 22,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMZN di Sini!

4. Pekerja Pabrik Aluminium di Swedia Ogah Terima Pesanan dari Tesla

  • Sebanyak 50 individu yang bekerja di perusahaan aluminium bernama Hydro Extrusions menyatakan niat untuk tidak lagi melakukan seluruh pekerjaan yang diminta oleh produsen kendaraan listrik Tesla Inc. ($TSLA) mulai Jumat pekan depan. Ini merupakan salah satu upaya kelompok pekerja untuk menekan Tesla agar segera menyediakan kesepakatan kerja baru yang lebih “baik” dari sebelumnya.
  • Asal tahu saja, Hydro Extrusion adalah sebuah perusahaan asal Norwegia yang selama ini memasok profil aluminium bagi bengkel-bengkel Tesla di Swedia. Adapun profil alumiminum yang dihasilkan Hydro Extrusion diproduksi dari pabriknya yang berlokasi di munisipalitas Vetlanda, Swedia.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 15 November 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 61,8x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 11,2x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $240,51 dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

5. Dijerat Tiga Gugatan Pidana, Pendiri Nikola Ingin Lolos dari Hukuman Penjara

  • Pendiri perusahaan kendaraan listrik Nikola ($NKLA) Trevor Milton kemarin dikabarkan tengah menempuh upaya agar bisa lolos dari hukuman penjara usai dinyatakan bersalah atas tindak pidana penggelapan uang dan manipulasi nilai sekuritas di tahun lalu.
  • Sebagai konteks, pada Oktober 2022, juri di pengadilan federal Manhattan, AS, memutuskan Milton bersalah atas tiga dari empat gugatan pidana. 
  • Dalam gugatan tersebut, pihak penggugat mengatakan bahwa Milton kerap memberikan informasi “tidak benar” dan “berlebihan” terkait kondisi perusahaan selama ia menduduki jabatan CEO Nikola pada periode 2015-2020. Menurut penggugat, informasi-informasi “palsu” itu sengaja diumbar Milton demi mengungkit nilai saham Nikola di pasar modal.
  • Namun, pengadilan federal AS rupanya belum menjatuhkan hukuman bagi Milton. Tadinya, pengadilan akan memutuskan durasi hukuman penjara bagi Milton pada 27 Januari 2023 silam. Hanya saja, penjatuhan hukuman bagi Milton rupanya diundur sampai 28 November 2023 mendatang.
  • Kendati demikian, menurut kitab regulasi hukum pidana AS, Milton semestinya bakal menerima masa kurungan dengan rentang waktu 17,5 hingga 22 tahun lamanya.
  • Perkembangan terbarunya, pada Selasa (14/11), tim kuasa hukum Milton meminta hakim pengadilan federal untuk memberikan Milton hukuman masa percobaan. Alasannya, Milton perlu membantu mengurusi istrinya yang tengah mengalami penurunan kesehatan.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 15 November 2023, NKLA telah diperdagangkan pada level 4,6x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 1,5x. Konsensus memberikan fair value harga saham NKLA di angka $2,2 dengan potensi kenaikan sebesar 105,6% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NKLA di Sini!

6. DPR AS ‘Gencet’ Apple Terkait Penyetopan Acara Jon Stewart

  • Dewan legislatif AS mengirim surat kepada raksasa teknologi Apple Inc. ($AAPL) untuk meminta klarifikasi terkait penghentian tayangan acara yang dipandu komedian Jon Stewart secara tiba-tiba di platform streaming Apple TV pada bulan lalu.
  • Sekadar informasi, pada bulan lalu, acara milik Stewart tiba-tiba berhenti tayang dari Apple TV. Kala itu, Apple dan Stewart mengaku bahwa keputusan tersebut merupakan imbas dari “perbedaan kreativitas” antara kedua pihak. Namun, harian The New York Times kemudian melaporkan bahwa penghentian itu terjadi karena Stewart akan membahas topik-topik mengenai China dan teknologi AI, sebuah topik yang bikin gerah jajaran eksekutif Apple.
  • Merespons kabar tersebut, dewan legislatif AS pun meminta klarifikasi kepada Apple melalui surat terbuka yang dirilis kemarin. Dalam surat tersebut, lembaga itu mengatakan bahwa “taktik politik yang dilakukan negara lain semestinya tidak boleh memengaruhi topik-topik konten di platform streaming”.
  • Tak hanya itu, dewan legislatif AS juga memanggil Apple ke gedung DPR AS pada 15 Desember 2023 demi menjelaskan peristiwa tersebut.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 15 November 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 28,2x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 16,7x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka $197,21 dengan potensi kenaikan sebesar 4,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1