Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Apa Itu Pekerjaan Quality Assurance dan Tanggung Jawabnya?
shareIcon

Apa Itu Pekerjaan Quality Assurance dan Tanggung Jawabnya?

26 Jul 2023, 7:26 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Quality Assurance

Quality Assurance (QA) memegang peranan krusial dalam sebuah perusahaan. Namun, apa yang dimaksud dengan Quality Assurance?

Apa Itu Quality Assurance

Dalam dunia perusahaan, terutama di bidang teknologi yang mengalami perkembangan pesat, posisi Quality Assurance (QA) menjadi sangat penting. QA bertanggung jawab dalam memastikan bahwa produk dan jasa yang dihasilkan memenuhi standar yang ditentukan. 

Dalam konteks pembuatan aplikasi, website, atau produk lainnya, QA memiliki peran kunci dalam menetapkan persyaratan dan kualitas produk yang berkualitas tinggi. Pentingnya kualitas produk ini tak bisa diremehkan.

Kualitas yang unggul adalah kunci untuk menjaga kredibilitas perusahaan dan memenangkan kepercayaan konsumen. Dengan kualitas yang terjaga, perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor secara efektif. Oleh karena itu, QA mengadopsi pendekatan proses untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan bebas dari cacat.

Salah satu dari tugas seorang Quality Assurance yaitu memonitoring dari tahap perencanaan hingga proses pengujian. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dan mengurangi proses pembuatan ulang (rework), sehingga meningkatkan efisiensi dan mencegah keluhan dari konsumen.

Jadi, Quality Assurance merupakan elemen penting dalam proses produksi, yang menjamin bahwa setiap produk yang dihasilkan mencapai standar kualitas yang tinggi. Dengan demikian, perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dan memenangkan kepercayaan konsumen.

Baca juga: Apa Itu Financial Advisor dan Apa Perannya?

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance

Sebagai seorang Quality Assurance (QA), peran utamanya adalah memastikan bahwa sistem manajemen kualitas yang diterapkan mampu menghasilkan produk atau layanan sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan. 

Dalam menjalankan tugasnya, seorang QA bertanggung jawab atas berbagai hal penting, di antaranya:

  1. Menetapkan standar kualitas yang harus dimiliki oleh sebuah produk atau layanan.
  2. Menyusun dan menerapkan sistem manajemen kualitas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  3. Menetapkan SOP yang harus diikuti selama proses produksi atau layanan.
  4. Mengawasi proses produksi atau layanan untuk memastikan pemenuhan standar kualitas yang ditetapkan.
  5. Menganalisis data kualitas dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah kualitas yang mungkin muncul.
  6. Menyusun laporan hasil pengawasan dan menyampaikannya kepada pihak yang berwenang secara efektif dan informatif.
  7. Mengembangkan dan melaksanakan program pelatihan bagi anggota tim terkait untuk meningkatkan pemahaman mengenai manajemen kualitas.
  8. Berkomunikasi dengan pelanggan dan vendor terkait untuk menangani isu-isu kualitas yang muncul dengan tepat dan transparan.
  9. Memberikan bantuan dalam penyusunan dan pembaruan dokumen-dokumen manajemen kualitas yang relevan.

Gaji Quality Assurance di Indonesia

Gaji seorang Quality Assurance (QA) di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, seperti tingkat pengalaman, skills, dan lokasi tempat kerja. Berikut ini estimasi gaji untuk peran QA di Indonesia yang dapat membantu Anda memahami kisaran yang mungkin diterima:

  1. Gaji QA junior: Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000/bulan.
  2. Gaji QA senior: Rp 5.000.000 - Rp 10.000.000/bulan.
  3. Gaji QA manager: Rp 10.000.000 - Rp 15.000.000/bulan.

Namun, penting untuk diingat bahwa angka-angka di atas hanyalah panduan umum dan tidak selalu berlaku untuk semua perusahaan atau industri. Setiap perusahaan mungkin memiliki kebijakan gaji yang berbeda, tergantung pada sejumlah faktor, seperti tingkat persaingan di pasar kerja dan struktur gaji yang diterapkan.

Tetaplah berkomunikasi dengan perusahaan yang Anda minati dan selidiki lebih lanjut tentang kebijakan gaji yang mereka terapkan. Dengan begitu, Anda dapat lebih memahami gaji yang sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman yang Anda miliki.

Baca juga: Apa Itu Biaya Produksi? Mengenal Definisi dan Jenis Biaya Produksi

Jenjang Karir Quality Assurance di Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, posisi Quality Assurance (QA) memiliki banyak peluang karir menarik yang dapat ditempuh. Berikut adalah daftar beberapa jenjang karir yang bisa dijalani oleh seorang QA:

1. Product Manager

Menjadi seorang product manager tetap berkaitan erat dengan bidang quality assurance. Karir sebagai product manager mengharuskan Anda memiliki keterampilan analisis, kemampuan melakukan audit, dan mampu memberikan solusi untuk produk yang dikembangkan.

Dengan skill problem solving yang kuat yang dimiliki oleh seorang QA, menjadi product manager bisa menjadi salah satu pilihan karir yang menarik.

2. DevOps Engineer

DevOps adalah pekerjaan yang mengotomatisasi proses pengembangan produk dan tim. Dengan DevOps, proses rilis produk dapat berjalan dengan cepat dan efisien.

Peran DevOps memiliki tanggung jawab yang mirip dengan seorang QA, yaitu melakukan pengujian terhadap produk sebelum dirilis. Namun, untuk menjadi seorang DevOps, Anda perlu memiliki keahlian khusus dalam bahasa pemrograman.

3. Customer Experience Leader

Sebagai seorang QA, pengetahuan dan fokus pada pelanggan sangat penting. Peran utama QA adalah memprioritaskan harapan pelanggan terhadap produk yang akan diluncurkan.

Dengan demikian, peran ini bisa menjadi landasan yang baik untuk menjadi seorang Customer Experience Leader yang bertanggung jawab dalam memastikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

4. IT Management

Jenjang karir lain yang bisa diambil dari posisi QA adalah menjadi seorang IT Management. Untuk menjadi IT Manager, Anda akan membutuhkan kemampuan berpikir kritis dan analitis yang kuat.

Baca juga: Apa Itu Analisis Teknikal?

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham AS, indeks saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Sampoerna University, Top Karir, Mekari, Glints

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
keuangan
Apa Saja 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1