Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Blog

Menjelajahi Arbiscan, Blockchain Explorer Andalan Arbitrum
shareIcon

Menjelajahi Arbiscan, Blockchain Explorer Andalan Arbitrum

8 Dec 2023, 10:46 AM·READING_TIME
shareIcon
Kategori
Menjelajahi Arbiscan, Blockchain Explorer Andalan Arbitrum

Arbiscan adalah blockchain explorer jaringan Arbitrum. Lantas, apa saja data-data yang disajikan di dalam laman satu ini?

Apa Itu Arbiscan?

Arbiscan adalah sebuah laman yang menyediakan segala informasi tentang jaringan Arbitrum.

Seperti situs blockchain explorer lainnya, pengguna bisa melihat informasi seperti alamat wallet yang terdaftar di jaringan ini, kontak, blok, token, bahkan harga terkini token milik Arbitrum, ARB.

Sekadar informasi, Arbitrum sendiri merupakan jaringan blockchain lapis kedua yang dirancang untuk membantu beban transaksi jaringan yang terdapat di jaringan Ethereum. Sehingga, berkat jaringan ini, seluruh transaksi yang terdapat di jaringan Ethereum bisa diproses dengan lebih cepat dan efisien secara biaya.

Menariknya, pengguna yang ingin memanfaatkan blockchain explorer ini tidak dikenakan biaya sepeser pun. Akibatnya, pengembang aplikasi kripto dan pengguna bisa mendapatkan transparansi terkait kondisi jaringan Arbitrum saat ini secara cuma-cuma.

Baca Juga: Mengenal Etherscan, Blockchain Explorer Jaringan Ethereum

Bagaimana Cara Menggunakan Arbiscan?

Cara menggunakan Arbiscan terbilang cukup mudah.

Pengguna hanya tinggal mengunjungi laman arbiscan.io untuk mengaksesnya. Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke beranda Arbiscan yang terlihat seperti gambar berikut.

arbiscan dashboard
Menu Utama Arbiscan. Sumber: ArbiscanCaption

 

Setelah itu, pengguna bisa mencari data apapun yang berkaitan dengan aktivitas di jaringan Arbitrum. Lantas, data-data apakah yang bisa dihimpun dari blockchain explorer satu ini?

Jenis Data yang Bisa Dilihat di Arbiscan

1. Transaksi di Jaringan Arbitrum

Salah satu data terpenting yang terdapat di blockchain explorer ini adalah data transaksi. Di dalamnya, pengguna bisa memeriksa data-data seperti metode transaksi yang diguanakan, transaksi hash, nomor blok transaksi, alamat asal dan tujuan transaksi, nilai transaksi, dan biaya transaksinya (fee).

Seluruh data-data ini ditampilkan ke dalam urutan berdasarkan transaksi terakhir. Dengan kata lain, data yang terdapat di baris paling atas data ini merupakan transaksi terkini yang terjadi di jaringan Arbitrum. Berikut contohnya.

transaksi arbitrum

Selain itu, pengguna juga bisa melihat data-data lain terkait transaksi di jaringan Arbitrum, seperti data transaksi dari jaringan Ethereum ke Arbitrum dan nomor address yang melakukan transaksi terbanyak di jaringan tersebut.

2. Data Aktivitas Token

Selain itu, Arbiscan juga menyajikan data terkait aktivitas aset kripto, baik dalam bentuk token berstandar ERC-20, token berstandar ERC-1155, maupun Non-Fungible Token (NFT).

Ketika melihat data token ERC-20, pengguna akan menemukan data-data seperti nama token, harga token, nilai kapitalisasi pasarnya, dan jumlah pemegang token tersebut. Bahkan, Arbiscan juga menyediakan data-data mengenai transaksi terkini token-token tersebut.

aktivitas token

 

Sementara itu, untuk data token NFT, pengguna dapat mengecek nama token dan berapa kali token tersebut ditranser dalam jangka 24 jam dan tujuh hari terakhir.

Baca Juga: Mengenal Solscan, Blockchain Explorer Andalan Fans Solana

Apa Saja Manfaat Arbiscan?

Pengguna Arbitrum tentu sangat bergantung dengan situs blockchain explorer ini untuk mengetahui kondisi terkini jaringan tersebut. Apalagi, data-data di dalamnya bisa memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

Lantas, apa saja manfaat yang disuguhkan Arbiscan?

1. Sarana untuk Melihat Kelancaran Jaringan Arbitrum

Sebuah jaringan bisa dikatakan andal jika memiliki operasi yang lancar pula. Nah, hal itu sejatinya bisa diperiksa melalui blockchain explorer. Pasalnya, di dalamnya terdapat data-data yang menunjukkan apakah jaringan tengah beroperasi mulus atau sebaliknya.

Adapun data yang bisa digunakan untuk mengecek situasi tersebut adalah data transaksi. Jika transaksi terakhir terjadi beberapa jam lalu, maka pengguna bisa berasumsi bahwa terdapat gangguan di jaringan Arbitrum.

2. Sarana untuk Memeriksa Kepadatan Jaringan Arbitrum

Arbiscan memiliki fitur grafik data yang memperlihatkan jumlah transaksi harian di jaringan Arbitrum. Data ini menjadi penting bagi pengguna karena derasnya transaksi akan sangat berpengaruh dengan gas fees yang bakal dibayar ketika melakukan transaksi.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Arbiscan, Bitkan

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Artikel Terkait

no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1