Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Mengulik Prospek Saham NIKE di Tengah Membaiknya Penjualan Ritel
shareIcon

Mengulik Prospek Saham NIKE di Tengah Membaiknya Penjualan Ritel

26 Sep 2023, 9:28 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Mengulik Prospek Saham NIKE di Tengah Membaiknya Penjualan Ritel

Pangsa pasarnya terus menjadi yang teratas membuat singgasana Nike tak tergoyahkan, saham Nike layak dibeli?

Profil Singkat NIKE

NIKE, Inc. memproduksi, mengembangkan, dan memasarkan sepatu olahraga, pakaian, peralatan, dan produk aksesori untuk pria, wanita, dan anak-anak. Perusahaan ini menjual produknya ke toko ritel, melalui toko-toko miliknya sendiri, anak perusahaan, dan distributor. NIKE melayani pelanggan di seluruh dunia. 

NIKE adalah penjual terbesar sepatu olahraga dan pakaian di dunia. Kegiatan utama perusahaannya adalah merancang, mengembangkan, dan memasarkan sepatu olahraga, pakaian, peralatan, aksesori, dan layanan secara global. Kontraktor independen memproduksi hampir semua produknya. 

Secara geografis, sekitar 60% pendapatan perusahaan didapatkan dari penjualan di luar Amerika, menjual produknya melalui sekitar 1.030 toko ritel miliknya di seluruh dunia dan platform digital, ke akun ritel, serta ke berbagai distributor independen, pemegang lisensi, dan perwakilan penjualan. Penjualan di Amerika menyumbang sekitar 40% dari total pendapatan.

Berdasarkan produknya, sepatu NIKE adalah produk utama perusahaan ini, mencapai sekitar 65% dari penjualan dan dipimpin oleh Merek Jordan yang ikonik dan koleksi lainnya. Pakaian NIKE menyumbang sekitar 25% dari penjualan, dan Peralatan NIKE (tas, kaos kaki, bola olahraga, kacamata, jam tangan, perangkat digital, tongkat, sarung tangan, peralatan pelindung, dan peralatan lain yang dirancang untuk aktivitas olahraga) menambahkan sekitar 5%. Perusahaan juga memiliki anak perusahaan, yaitu Converse loh yang juga beroperasi dengan berbagai merek seperti Chuck Taylor, All Star, One Star, Star Chevron, dan Jack Purcell yang turut berkontribusi sekitar 5% dari pendapatan perseroan!

Pendapatan Kuartal Terakhir
Strategi NIKE adalah mencapai pertumbuhan pendapatan jangka panjang dengan menciptakan produk yang inovatif, membangun keterikatan emosional yang kuat dengan pelanggan, dan memberikan pengalaman konsumen yang terbaik melalui platform digital dan ritel.

Perusahaan ini go public pada tahun 1980.

Tesis Investasi

1. Pertumbuhan Pasar Sepatu Olahraga Diperkirakan Tumbuh Moderat

Ukuran Pasar Sepatu Olahraga diperkirakan akan tumbuh dari USD 111,65 miliar pada tahun 2023 menjadi USD 140 miliar pada tahun 2028, dengan CAGR sebesar 4,63% selama periode ramalan (2023-2028). 

Setelah pandemi COVID-19, akibat budaya bekerja dari rumah selama hampir setahun, orang mulai mengalami masalah kesehatan. Peningkatan berat badan dan penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes semakin meningkat di kalangan masyarakat. Masyarakat menjadi lebih sadar akan manfaat kebugaran, dan negara-negara meningkatkan partisipasi dalam olahraga dan aktivitas. Setelah pandemi, perjalanan trekking dan hiking juga meningkat di seluruh dunia, yang pada akhirnya meningkatkan permintaan sepatu olahraga, sehingga mendorong pertumbuhan pasar sepatu olahraga. 

Athletic Footwear Market
2. Singgasana Nike Tak Tergoyahkan

Pada tahun 2022, Nike membubukan pendapatan dari sektor sepatu olahraga sebesar US 29,14 miliar dan memiliki pangsa pasar total sekitar 38,23%. Hal ini menunjukkan pengaruh yang sangat kuat dalam industri ini, meskipun pendapatan pesaing-pesaingnya juga meningkat. Dengan kapitalisasi pasar hampir $200 miliar, Nike termasuk dalam 50 perusahaan paling berharga di dunia. 

Statistik menunjukkan bahwa masih menjadi merek olahraga paling populer di dunia. Nike unggul jauh dari pesaing terdekatnya lebih dari 2 kali lipat secara nilai, yaitu Adidas yang berada di urutan ke-2. 

Statistik
source: statista

3. Prioritaskan Para Pemegang Sahamnya

NIKE mengakhiri kuartal keempat fiskal 2023 dengan likuiditas yang kuat, memiliki uang tunai dan investasi jangka pendek sebesar $10,675 juta lebih besar dari utang jangka panjangnya sebesar $8,927 juta hampir tidak berubah dari kuartal sebelumnya. Rasio utang terhadap permodalan sebesar 0,39 tergolong rendah.

NIKE berkomitmen untuk terus memberikan imbal hasil nilai pemegang sahamnya, didukung oleh likuiditasnya kuat. Selama 14 tahun terakhir, perusahaan telah mendistribusikan dividen secara rutin dan melakukan pembelian kembali saham untuk meningkatkan pengembalian pemegang saham. 

Pada kuartal keempat tahun fiskal 2023 yang berakhir bulan Mei, perusahaan mengembalikan $1,9 miliar kepada pemegang saham, termasuk $1,4 miliar dalam pembelian kembali saham dan $524 juta dalam dividen. Dengan hasil tersebut, NIKE memiliki dividend payout ratio sebesar 42,1%, dividend yield tahunan sebesar 1,26%

Mengulas Aspek Finansial NIKE

Pendapatan

Nike selalu menikmati pertumbuhan pendapatan antara 2010 hingga 2023 kecuali pada 2020. Hal itu disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah seperti berolahraga yang akhirnya menurunkan penjualan perseroan cukup tajam. Namun, dengan pulihnya situasi menjadi normal diperkirakan pendapatan perseroan akan terus tumbuh di kisaran 5-10% tiap tahunnya.

Pendapatan Nike Tahun Fiskal 2005 - 2023
source: statista

Pendapatan perusahaan untuk tahun fiskal 2023 meningkat 10% menjadi $51,2 miliar dibandingkan dengan $46,7 miliar pada tahun fiskal 2022. Kenaikan ini disebabkan oleh pendapatan yang lebih tinggi di Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah & Afrika (EMEA) serta Asia Pasifik & Amerika Latin. 

Laba Bersih

Laba bersih untuk tahun fiskal 2023 turun 16% menjadi $5,1 miliar dibandingkan dengan $6,0 miliar pada tahun sebelumnya. Penurunan ini terutama disebabkan oleh biaya produksi yang lebih tinggi yang akibat inflasi. Alhasil, margin laba bersih juga menurun dari 12,9% menjadi 9,9%. Namun, analis memprediksi seiring dengan membaiknya inflasi dalam setahun kedepan, laba bersih Nike bisa meningkat 10-15%.

Proyeksi Masa Depan

Pluang beranggapan, pertumbuhan segmen sepatu (Footwear) akan menjadi mendorong pertumbuhan pendapatan perusahaan yang utama. Kami memprediksi pendapatan perseroan pada tahun fiskal 2024 akan meningkat 5% sesuai dengan pertumbuhan industri menurut para analis. 

Kami juga memperkirakan profitabilitas perseroan pada bottom line juga akan pulih seiring dengan inflasi yang sudah lebih terkendali. Peningkatan laba per saham sebesar 15% dari $3.23 menjadi $3.73 menurut kami bukanlah hal yang sulit bagi perseroan.

Key financials and Key Ratios
source: bloomberg, JP Morgan

Valuasi

Berdasarkan data historisnya, rata-rata valuasi saham Nike dalam lima tahun terakhir jika ditinjau dari rasio laba per harga saham (Price-to-Earning Ratio atau rasio P/E) adalah 31,9x P/E. Namun, valuasi Nike saat ini berada di 23,4x P/E dengan harga saham US$91.59 per lembar pada 22 September 2023, yang mengindikasikan bahwa harga saham Nike sedang “murah” jika dibanding rata-rata lima tahunnya.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, memang Nike relatif lebih mahal dengan rata-rata sektor berada di 20x PE. Namun, investor sepertinya “mewajarkan” harga premium tersebut mengingat Nike memimpin pangsa pasar industri ini dengan selisih sekitar 2 kali lipat dari pesaing terdekatnya Adidas.

Bagi Pluang, berinvestasi pada saham Nike sangatlah cocok bagi kamu yang memiliki gaya investasi secara nilai (value investing). Analis sendiri beranggapan bahwa valuasi wajar Nike sejatinya berada di $125, yang artinya masih ada potensi upside sebesar 38% bagi saham Nike dari titik saat ini. Selain itu, analis juga menyematkan rating BUY bagi saham Nike.

Sobat Cuan mungkin bisa mulai mengakumulasi saham Nike secara perlahan (DCA) jika harganya berada di sekitar $90-100.

Risiko

Nike adalah salah satu perusahaan paling berharga di dunia. Namun, dalam berinvestasi, tentunya ada saja risiko yang menyertai 

Berikut beberapa risiko yang wajib kamu ketahui sebelum berinvestasi di saham NIKE!

    • Pasar perlengkapan olahraga (sepatu dan pakaian) sangat kompetitif: pasar sepatu berkontribusi secara signifikan terhadap pendapatan NIKE. Meskipun NIKE telah tidak terkalahkan dalam segmen sepatu AS selama ini karena popularitas merek utama dan merek Jordan-nya, ada risiko kehilangan pangsa pasar ke Adidas dan Under Armour, mengingat jadwal peluncuran produk baru dan upaya dari pesaing untuk terus menerus mendisrupsi pasar.
    • Pengaruh Mata Uang Asing: meskipun pertumbuhan penjualan yang kuat, dampak negatif dari pengaruh mata uang asing bisa merusak pertumbuhan pendapatan. Terlebih, Nike merupakan perusahaan yang menjual produknya hampir di seluruh dunia.
    • Risiko inflasi: perusahaan pada tahun lalu melaporkan margin profitabilitas yang lebih rendah didorong oleh meningkatnya biaya angkutan dan logistik serta  biaya bahan baku yang lebih tinggi.

Transaksi Saham NKE di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

 

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham AS weekly
Weekly Review - Saham AS 25 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1