Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

The Week Ahead - Saham AS & Crypto 25 September 2023
shareIcon

The Week Ahead - Saham AS & Crypto 25 September 2023

25 Sep 2023, 5:22 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Outlook Saham AS & Crypto Minggu Ini - 25 September 2023

Nike dan Carnaval jadwalkan rilis laporan keuangan hingga S&P 500 berpotensi turun level di awal minggu ini, semua terangkum di The Week Ahead berikut!

Hal yang Perlu Dipantau Pekan Ini

1. Nike dan Carnaval Dijadwalkan Rilis Laporan Keuangan 

Sejumlah perusahaan terkenal AS seperti retailer sepatu olahraga mendunia Nike Inc (NKE) dan perusahaan perkapalan terkemuka Carnival Corporation (CCL) dijadwalkan merilis laporan keuangannya pekan ini. Rencananya, NKE akan menerbitkan laporan keuangan pada Kamis (28/9), sementara CCL akan merilis kinerja keuangan pada Jumat (29/9).

Menurut konsensus analis, NKE disebut akan membukukan pendapatan masing-masing sebesar $13 dan 6,75 miliar pada laporan kuartalan ini.

Secara lebih rinci, Sobat Cuan bisa menyimak ringkasan estimasi laba per saham (EPS) ketiga perusahaan tersebut pada tabel di bawah ini!

Laba Per EPS

*disclaimer: rata-rata kenaikan diambil da hi ri nilai sehari setelah rilis laporan keuangan selama 8 periode sebelumnya jika berhasil mengalahkan estimasi pasar

Transaksi Saham NKE di Sini!

Transaksi Saham CCL di Sini!

Selain tiga korporasi tersebut, Sobat Cuan juga bisa melihat jadwal lengkap emiten yang akan merilis laporan keuangannya pada minggu ini di tabel berikut!

Jadwal lengkap emiten rilis laporan keuangan

Transaksi Saham COST di Sini!

Transaksi Saham CTAS di Sini!

Transaksi Saham MU di Sini!

Transaksi Saham PAYX di Sini!

Transaksi Saham ACN di Sini!

Transaksi Saham NKE di Sini!

Transaksi Saham KMX di Sini!

Transaksi Saham BB di Sini!

Transaksi Saham CCL di Sini!

2. Rilis Data Penjualan Rumah Baru

Asosiasi agen penjual real estat (National Association of Realtors/NAR) juga akan menerbitkan laporan penjualan rumah baru (new home sales) di AS periode Agustus pada Selasa (26/9). Analis memperkirakan, penjualan rumah baru (new home sales) di AS akan mencapai 700 ribu unit di bulan lalu atau terkoreksi tipis dari 714 ribu di bulan sebelumnya.

Data biro sensus AS menunjukkan, penjualan rumah baru di AS sempat mencapai 1,02 juta unit pada Agustus 2020 alias penjualan bulanan tertingginya dalam 10 tahun terakhir. Namun, sejak saat itu, penjualan rumah baru di AS terus tiarap dan bahkan terkontraksi hampir 50% menjadi 543.000 di Juli 2022. 

Untungnya, penjualan rumah baru AS perlahan pulih. Setahun setelahnya, atau tepatnya Juli 2023, AS mencatat penjualan rumah baru sebanyak 714.000 atau tumbuh 31,49% dari periode yang sama tahun lalu. Uniknya, kenaikan penjualan ini terjadi meski tingkat suku bunga kredit pemilikan rumah AS (mortgage rate) berada di level yang tinggi, mengikuti kenaikan tingkat suku bunga acuan AS.

New Residential Sales

Analis umumnya menggunakan data ini sebagai salah satu indikator kekuatan ekonomi AS. Sehingga, jika realisasi data tersebut lebih baik dari estimasinya, maka itu tentunya akan menjadi sentimen positif bagi pertumbuhan bisnis industri properti AS ke depan.

3. Rilis Perkembangan Pertumbuhan Ekonomi (GDP) Terbaru

Biro Ekonomi AS, Bureau of Economic Analysis (BEA) memperkirakan PDB negara setiap tahun dan setiap kuartal. Namun, statistik PDB baru dirilis setiap bulan sehingga setiap kuartal, BEA memperkirakan PDB sebanyak tiga kali. Perkiraan awal, yang dikeluarkan sekitar sebulan setelah akhir kuartal, adalah gambaran awal berdasarkan informasi terbaik yang tersedia pada saat itu. Perkiraan kedua dan ketiga masing-masing mencakup data sumber tambahan yang tidak tersedia sebulan sebelumnya. Hal ini untuk meningkatkan akurasi.

Pada hari Kamis (27/9), BEA akan melaporkan perkiraan ketiga tentang GDP. Sebelumnya, pada perkiraan kedua GDP tahunan diperkirakan sebesar 2,1%. Pada kuartal pertama, PDB riil meningkat sebesar 2,0 persen. Analis memprediksi BEA akan meningkatkan estimasi pada perkiraan ketiga ini menjadi 2.2%, didorong oleh konsumsi yang terus pulih.

Jika GDP dilaporkan melebihi estimasi analis, maka akan menjadi sentimen positif bagi pasar. GDP telah menjadi salah satu faktor yang paling diperhitungkan dan berdampak langsung pada pasar saham.

Real GDP: percent change from preceding quarter

4. S&P 500 Berpotensi Turun ke Level 4292

Nilai indeks S&P 500 ($SPX) terkoreksi setelah rapat FOMC The Fed rampung pada Rabu (20/9). Hal ini didasarkan pada nada hawkish The Fed yang mengindikasikan kemungkinan suku bunga tinggi akan berlangsung lama. 

Pekan ini, SPX berpotensi bergerak turun ke arah salah satu support kuat berdasarkan data historisnya di 4292. Sobat Cuan disarankan untuk mengamati terlebih dahulu perkembangan pasar, semoga terjadi pantulan (reversal) pada area tersebut.

5. Kalender Saham AS

Kalender Saham AS

6. Kalender Crypto

Kalender Crypto

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham AS ahead
The Week Ahead - Saham AS 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1