Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

The Week Ahead - Saham AS & Crypto 30 Oktober 2023
shareIcon

The Week Ahead - Saham AS & Crypto 30 Oktober 2023

30 Oct 2023, 5:57 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
The Week Ahead - Saham AS & Crypto 30 Oktober 2023

Sektor Fintech & AAPL jadwalkan rilis laporan keuangan hingga klaim bantuan pengangguran di AS stagnan, terangkum di The Week Ahead berikut!

Hal Yang Perlu di Pantau Minggu Ini

1. Jagoan Teknologi AMD dan Apple Ramaikan ‘Earnings Season’ Pekan Ini

Musim perilisan laporan keuangan perusahaan (Earnings Season) berlanjut pekan ini, di mana deretan perusahaan kelas dunia siap memamerkan prestasi keuangannya di triwulan lalu.

Di sektor teknologi finansial (fintech), SoFi Technologies Inc (SOFI), PayPal Holdings Inc (PYPL) dan Carvana Co (CVNA) dijadwalkan merilis laporan keuangannya pekan ini. Tak ketinggalan, produsen chip Advanced Micro Devices (AMD) dan Qualcomm Inc (QCOM)  juga akan memeriahkan Earnings Season kali ini. Terakhir, ada pula raksasa teknologi Apple Inc. (AAPL) yang berencananya mengumumkan kinerja keuangannya di waktu yang sama.

SOFI dijadwalkan akan menerbitkan laporan keuangannya pada Senin (30/10), AMD pada Selasa (31/10) dan QCOM dan PYPL hari Rabu (1/11). Sementara itu, AAPL & CVNA akan merilis kinerja finansialnya pada Kamis (2/11). Perilisan ini akan memengaruhi nilai indeks saham S&P 500 di akhir pekan mengingat nilai kapitalisasi pasar mereka yang sangat besar.

Secara lebih rinci, Sobat Cuan bisa menyimak ringkasan estimasi laba per saham (EPS) kedua perusahaan tersebut pada tabel di bawah ini!

Jadwal laporan keungan sektor fintech

*disclaimer: rata-rata kenaikan diambil dari nilai sehari setelah rilis laporan keuangan selama 8 periode sebelumnya jika berhasil mengalahkan estimasi pasar

Transaksi Saham SOFI di Sini!

Transaksi Saham AMD di Sini!

Transaksi Saham QCOM di Sini!

Transaksi Saham PYPL di Sini!

Transaksi Saham AAPL di Sini!

Transaksi Saham CVNA di Sini!

Selain keenam korporasi tersebut, Sobat Cuan juga bisa melihat jadwal lengkap emiten yang akan merilis laporan keuangannya pada minggu ini di tabel berikut!

Emiten lain yang rilis laporan keuangan

2. S&P Global dan ISM Terbitkan Indeks Manufaktur

Lembaga S&P Global dan Institute for Supply Management (ISM) kompak akan merilis indeks manufaktur (Manufacturing Purchasing Managers’ Index/PMI) pada pekan ini. ISM dijadwalkan akan merilis datanya pada Rabu (1/11) sementara S&P akan melaporkannya pada Jumat (3/11).

Laporan ini merupakan indikator yang mengukur arah perkembangan tren ekonomi pada sektor manufaktur dan jasa, yang diukur melalui skor dengan rentang 0 hingga 100.

Jika nilai PMI manufaktur suatu negara berada di atas 50, maka sektor manufaktur di negara tersebut disebut sedang mengalami ekspansi atau pertumbuhan dibandingkan bulan sebelumnya.

Sebaliknya, jika nilai tersebut berada di bawah 50, maka sektor manufaktur di sebuah negara sedang mengalami kontraksi atau perlambatan dari bulan sebelumnya.

ISM manufaktur PMI diprediksi sama dengan periode sebelumnya yaitu pada level 49, sementara S&P manufaktur PMI diramal naik tipis ke level 51 dari periode sebelumnya di angka 50,2.

Bagi ekonom, pelaku pasar, dan pemangku kebijakan, kedua data tersebut selalu digunakan sebagai indikator untuk mencerminkan kondisi dan iklim dunia bisnis saat ini. Sehingga, mereka pun nantinya bisa menentukan kebijakan sesuai persepsi pelaku usaha.

SNP Global Flash US Manufacturing PMI

ISM US Manufacturing PMI

3. Klaim Bantuan Pengangguran AS Diprediksi Stagnan

Departemen ketenagakerjaan AS (US Department of Labor) akan mengumumkan data pengajuan klaim bantuan pengangguran (Initial Jobless Claim) pada Kamis (2/11). Pada perilisan tersebut, ekonom memperkirakan akan terdapat 210.000 pengangguran yang akan mengajukan bantuan tunakarya dari pemerintah AS di pekan ini, sama dengan sepekan sebelumnya 210.000 pengajuan.

Asal tahu saja, Initial Jobless Claim adalah indikator yang menggambarkan jumlah tunakarya yang mengajukan tunjangan pengangguran dari pemerintah lantaran sudah tidak memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan yang dalam waktu sepekan. Ekonom dan analis biasanya menggunakan data ini untuk mengukur kesehatan pasar tenaga kerja serta mencari sinyal mengenai kondisi ekonomi AS secara keseluruhan.

Jumlah klaim yang tinggi memberi isyarat bahwa situasi ekonomi AS sedang lesu. Begitu pun sebaliknya, jumlah pengajuan bantuan tunakarya yang menurun mengindikasikan ekspansi ekonomi AS.

Initial Jobless Claim

4. Kalender Penting Saham AS

Kalender penting Saham AS

 

5. Kalender Penting Crypto

Kalender penting crypto

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham AS ahead
The Week Ahead - Saham AS 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1