Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Pluang Pagi: Sentimen Negatif Usai? Pasar AS dan Kripto Rebound Tipis!
shareIcon

Pluang Pagi: Sentimen Negatif Usai? Pasar AS dan Kripto Rebound Tipis!

14 Sep 2022, 9:18 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Pluang Pagi: Sentimen Negatif Usai? Pasar AS dan Kripto Rebound Tipis!

Selamat pagi, Sobat Cuan! Kemarin, Saham AS dan juga Aset Kripto berhasil rebound pada perdagangan hari Rabu (14/9) kemarin. Apa sih yang mendasarinya? Simak di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

  • Nilai indeks saham Amerika Serikat (AS) berhasil rebound pada penutupan perdagangan Rabu (14/9). Nilai Dow Jones Industrial Average (DJIA) merangkak 30 poin atau 0,1%, sementara nilai S&P 500 dan Nasdaq merangkak lebih tinggi masing-masing 0,3% dan 0,7%.
  • Pergerakan yang semu ini menggambarkan bahwa para investor masih mencerna hasil data inflasi bulan Agustus kemarin yang menunjukan bahwa harga masih di kondisi uptrend selain bahan bakar. Kebanyakan investor percaya bahwa Bank Sentral AS akan terus bergerak agresif untuk meredam inflasi, dengan prediksi 75bps kenaikan pada pertemuan pekan depan. Dilemanya, inflasi di inginkan untuk kembali ke 2% dari sekitar 8% saat ini tetapi tidak menginginkan masyarakatnya menjadi pengangguran. Sayangnya, beberapa perusahaan di AS telah melaporkan pemutusan hubungan kerja alias PHK pada musim panas ini. 

  • Saham Starbucks Corporation ($SBUX) melejit 5,5% dalam sehari setelah mengabarkan para investor bahwa dirinya akan mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar dua digit pada laporan keuangan kuartal mendatang.
  • Perusahaan milik Cathie Wood’s, Ark Investment Management, mengungkapkan bahwa dirinya telah memborong saham-saham berbasis teknologi pasca data inflasi AS yang baru saja dikeluarkan. Perseroan memborong 27 saham teknologi dengan pembelian terbesar di saham Roku Inc. Dasar pembelian dari Ark Investment sendiri adalah pertaruhan atas terjadinya deflasi. Selain Roku, ada juga saham seperti Butterfly Network dan Zoom Video Communication.

Baca juga: Rangkuman Pasar: Inflasi Bikin Syok Investor, Kripto & IHSG Kompak Longsor

Aset Kripto

  • Di sisi lain, pergerakan aset kripto masih terbilang semu pada pagi hari ini. Melansir Coinmarketcap pukul 07.18 WIB, 10 aset kripto berkapitalisasi terbesar berada di zona hijau, meskipun hanya pada rentang 0,1%-3% saja.
  • Nilai Bitcoin (BTC), misalnya, menguat 0,4% dalam sehari terakhir dan kini mendarat di US$20.264 per keping. Selain BTC terdapat pula nilai Binance Coin (BNB) dan Ripple (XRP) yang masing-masing melesat kurang dari 1% dalam sehari terakhir.
  • Bintang utama pada perdagangan kemarin jatuh pada Ethereum (ETH) dimana penantian The Merge ini sudah ditunggu-tunggu. Data terakhir menunjukan bahwa ETH berhasil menukik 5,4% menuju $1.648 per keping nya. Dengan banyaknya investor kripto yang mengantisipasi the Merge, volatilitas pun pasti nya terjadi. Menurut sebagian pengamat, lebih bijak bagi kita untuk menunggu bagaimana transisi Ethereum dari Proof-of-Stake dan bagaimana trend kedepannya sebelum berinvestasi lagi. 
  • Selain ETH, bintang utama yang lain adalah Cardano (ADA) dan Solana (SOL)  yang menampilkan performa terbaiknya setelah masing-masing lompat 2,9% dan 3,3% dalam sehari terakhir. Penyebab dari kenaikan Cardano sendiri serupa dengan ETH dimana jika ETH mengantisipasi The Merge yang akan terjadi pada sekitar pukul 13:17WIB, Cardano sedang mengantisipasi Vasil Hardfork.
  • Serupa dengan saham AS, para pelaku pasar pada saat ini sedang menunggu beberapa data penting yang dirilis bank sentral seperti data pengangguran dan juga keputusan suku bunga AS. Alhasil, pergerakan pada perdagangan hari Rabu kemarin hanya berdasarkan diskon dari data inflasi AS.

Baca juga: Pluang Insight: Apakah Kutukan 'Septembear' di Pasar Kripto Akan Terulang Tahun Ini?

Emas

  • Harga emas di pasar spot bertengger di US$1.697 per ons pada pukul 07.31 WIB, menguat 0,02% dibandingkan kemarin.
  • Pergerakan pasar emas selaras dengan pasar AS dan kripto dimana masih mencerna hasil data inflasi yang dicetak di 8.3%, year-on-year, dibandingkan ekspektasi yang hanya berada di 8,1%. Secara bulanan, inflasi AS pada bulan Agustus meningkat 0.1% dibandingkan Juli.
  • Data inflasi terakhir menunjukan bahwa pertemuan The Fed pekan depan akan menaikan suku bunga AS setidaknya 75bps. Lantas, pelaku pasar sekarang menambahkan opsi akan kenaikan suku bunga sebesar 100bps atau 1,0% pada pertemuan pekan depan.

Baca juga: Pluang Pagi: Inflasi AS 'Meluber', Saham AS & Kripto Auto 'Jiper'!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS CFD, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
pluang pagi
Pluang Pagi: Krisis di Ukraina Memanas, Aset Kripto Kembali Lemas!
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1