Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Mengenal 7 Aplikasi AI Populer Untuk Bantu Produktivitas
shareIcon

Mengenal 7 Aplikasi AI Populer Untuk Bantu Produktivitas

20 Jul 2023, 9:46 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Aplikasi AI

Aplikasi AI kini menjamur di mana-mana dengan tujuan memudahkan pekerjaan manusia. Lantas, apa saja 7 aplikasi AI yang dianggap populer?

Apa itu Aplikasi AI?

Aplikasi AI adalah aplikasi yang operasinya didasarkan pada teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Dengan kata lain, aplikasi-aplikasi ini bisa beroperasi dan menghasilkan keluaran layaknya manusia.

Mereka yang mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis AI berharap bahwa produk-produknya bisa membantu dan memudahkan pekerjaan manusia. Makanya, aplikasi-aplikasi tersebut sebisa mungkin tersedia dan dapat diakses secara mudah oleh publik.

Lantas, apa saja aplikasi AI yang populer dan dianggap bisa membantu pekerjaan manusia sehari-hari? Berikut di antaranya!

Baca Juga: Apa Saja 4 Saham AI Populer di Pasar Saham AS?

Mengenal 7 Aplikasi AI Populer

1. ChatGPT

Siapa yang tak kenal ChatGPT, sebuah chatbot berbasis teknologi kecerdasan buatan yang bisa diakses secara bebas dan dirilis oleh perusahaan riset, OpenAI.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa berdialog dan memberi instruksi melalui teks dengan teknologi kecerdasan buatan demi melakukan beberapa pekerjaan tertentu. Secara sederhananya, hanya bermodalkan chatting, pengguna dapat meminta aplikasi tersebut untuk menjawab pertanyaan, menyusun tulisan, menyusun email, cerita pendek, bahkan kode-kode pemrograman.

Menariknya, aplikasi ini pun bisa memperbaiki hasil kerjanya dengan proses belajar yang berulang-ulang.

Sebagai contoh, jika Sobat Cuan merasa bahwa hasil kerja ChatGPT kurang memuaskan, maka kamu bisa chatting dengan memberikan contoh hasil kerja yang semestinya. Harapannya, ChatGPT akan memproses dan mempelajari data yang kamu berikan sehingga hasil kerjanya nanti bisa sesuai dengan keinginanmu.

2. Perplexity AI

Perplexity AI disebut-sebut sebagai aplikasi AI tandingan ChatGPT lantaran sama-sama berbentuk chatbot berbasis teknologi kecerdasan buatan. Bahkan, "kepintarannya" pun dianggap sama dengan ChatGPT lantaran ia bisa menjawab pertanyaan lanjutan dari pertanyaan pertama, di mana kedua pertanyaan itu saling berkaitan satu sama lain.

Kemiripan ini muncul karena Perplexity AI juga menggunakan model bahasa yang sama seperti ChatGPT, yakni Generative Pre-training Transformer (GPT). Meski memang, versi yang digunakan Perplexity AI adalah GPT-3,5 alias versi yang sedikit lebih jadul dibandingkan ChatGPT yakni GPT 4.

Selain itu, mirip seperti ChatGPT, Perplexity AI juga mengombinasikan model bahasa tersebut dengan algoritma kecerdasan buatan (Large Language Model). Namun, algoritma yang digunakan oleh Perplexity AI adalah Natural Language Processing (NLP) yang bisa memberikan jawaban dan informasi akurat bagi penggunanya.

3. Character AI

Aplikasi AI ini juga berbentuk chatbot namun punya fitur menarik, yakni mesin percakapan berbasis AI melalui karakter yang bisa dipersonalisasikan penggunanya. Kamu juga bisa bercakap-cakap dengan karakter AI yang sudah ada atau diciptakan oleh pengguna lainnya.

Karakter yang beragam membuat pengalaman menggunakan Character AI jadi menarik. Misalnya, ada Stella si Chatbot AI pintar dan ada pula karakter lain dengan spesifikasi berbeda yang bisa diajak berdebat hingga diminta mengerjakan tugas sekolah.

Sobat Cuan bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore maupun Appstore secara cuma-cuma!

Baca Juga: Apa Itu Teknologi Human Computer Interaction (HCI)?

4. AI Chatbot-Nova

Aplikasi chatbot berbasis AI ini didukung oleh aplikasi AI paling top saat ini, yaitu ChatGPT. Tak heran jika AI Chatbot-Nova punya kualitas yang mirip  dengan ChatGPT.

AI Chatbot-Nova ini sudah menggunakan versi GPT teranyar, yakni GPT 4. Berkat mesin kecerdasan tersebut, chatbot ini dapat melakukan perintah rumit seperti membuat esai 1.000 kata, booking tiket pesawat, menjawab pertanyaan esai, bahkan hingga memberi nasehat terkait percintaan.

Kamu juga bisa menghubungkan AI Chatbot-Nova dengan smartwatch dan google assistance. Sayangnya, pada versi gratis AI Chatbot-Nova, pengguna hanya memiliki tiga kali kesempatan bertanya setiap harinya.

Aplikasi ini sudah tersedia di playstore bagi pengguna android, dan juga di App Store untuk kamu pecinta iOS.

5. Aplikasi AI Remini

Berbeda dengan dua aplikasi AI sebelumnya, Remini adalah aplikasi foto editor yang sempat hype beberapa waktu lalu. Soalnya, Remini menggunakan kecerdasan artifisial dalam mengedit foto yang diunggah oleh pengguna hingga tampak seperti foto beresolusi tinggi dan flawless.

Kamu bisa mengandalkan Remini untuk memperbaiki foto ngeblur dan rusak di galeri kamu. Sayangnya, aplikasi ini hanya menyediakan layanan terbatas pada versi gratisnya. Foto-foto dengan kerusakan ringan atau blur yang tidak parah masih bisa diperbaiki dengan fitur gratis, meski hasilnya tidak sebaik Remini Pro.

Sementara itu, pengguna  Remini Pro disuguhkan oleh berupa fitur AI yang menarik seperti video enhancer dan avatar maker. Jadi kamu bisa memperbaiki kualitas video dengan bantuan AI tanpa harus bersusah payah kursus digital.

Cara menggunakannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengunduh Remini di Playstore maupun App Store, lalu mengunggah foto yang ingin kamu perbaiki. Pengguna dapat mengedit beberapa aspek dari foto yang telah diperbaiki oleh Remini seperti warna maupun gradasi.

6. Starry AI

Mau jadi jago melukis meski bukan titisan Vincent Van Gogh? Mungkin Sobat Cuan perlu mengunduh aplikasi Starry AI. Mesin kecerdasan artifisial dalam aplikasi ini dapat membantu kamu membuat lukisan vektor ala pelukis terkenal seperti Vincent Van Gogh hingga Yayoi Kusama.

Kamu bisa memulai proyek lukisan kamu lewat aplikasi ini. Bahkan, Starry AI juga menyediakan fitur Prompt Builder buat kamu yang membutuhkan asisitensi. Kamu cukup memilih gaya lukisan yang kamu inginkan berikut medianya. Lalu mulai membuat lukisan vektor.

Tiap proyek yang kamu mulai di Starry AI perlu dibayar dengan kredit. Layanan berbayar pada aplikasi ini menyediakan kredit tak terbatas berikut ukuran kanvas yang tak berbatas juga. Jangan khawatir, kamu juga bisa memperoleh kredit dengan membagikan karya kamu di sosial media.

Starry AI dapat diunduh di Playstore maupun App Store dengan cuma-cuma. Tak hanya memulai projek baru, kamu juga bisa melakukan upscalling dan membuat variasi dari karya yang telah kamu bikin sebelumnya loh, Sobat Cuan!

7. Writecream

Penulis konten terkadang menghadapi kondisi yang disebut sebagai writer block. Jika kamu sedang mengalaminya, kamu bisa menggunakan Writecream untuk meminta AI membantu kamu dalam penulisan konten.

Writecream adalah aplikasi AI yang dapat membuat konten berupa teks seperti artikel, deskripsi produk, email hingga caption Instagram.

Caranya cukup mudah, kamu dapat mengunduh aplikasi ini di playstore maupun app store. Kamu akan mendapat kredit sebanyak 20 poin, kredit tersebut digunakan untuk membayar jasa menulis AI.

Proyeknya sendiri dapat dimulai dengan menulis topik tulisan kamu. Lebih baik jika kamu memberi keyword spesifik yang agak panjang. Setelahnya kamu tinggal menunggu artikel selesai dibuat.

Aplikasi ini juga punya fitur long-form editor untuk memfasilitasi kamu mengedit hasil kerja AI. Hanya saja, kamu perlu berlangganan agar dapat menggunakan jasa Writecream tanpa batas.

Baca Juga: Menguak 3 Jenis Perusahaan AI di Pasar Modal AS

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: carisinyal

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
teknologi
Memahami LLM, Otak di Balik Canggihnya Teknologi AI
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1