Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Mengenal Genre GameFi dalam Kripto beserta Contoh-contohnya
shareIcon

Mengenal Genre GameFi dalam Kripto beserta Contoh-contohnya

23 Jun 2023, 8:31 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
GameFi

GameFi adalah sarana bagi fans kripto untuk bersenang-senang namun tetap dapat cuan. Namun, apa sih yang dimaksud dengan GameFi?

Apa itu GameFi?

GameFi adalah genre aset di jagat kripto yang mengombinasikan teknologi blockchain dengan keuangan terdesentralisasi (DeFi), Non-Fungible Token (NFT) dan game online berbasis blockchain. Biar makin menarik, berbagai permainan yang tergolong sebagai GameFi mengoptimalkan konsep game theory demi menggaet pengguna loyal dan meningkatkan utilitas cryptocurrency tertentu.

Uniknya, konsep permainan daring dalam genre ini bukanlah bermain untuk menang (play-to-win) namun bermain untuk mendapatkan cuan (play-to-earn). Artinya, gamers mendedikasikan waktunya untuk bermain game agar dapat mengoleksi lebih banyak aset-aset yang tersedia di dalam permainan tersebut.

Pada umumnya, gamers bisa mengoleksi hadiah-hadiah tersebut dengan menyelesaikan misi, bertanding dengan pemain lain, atau bertualang melintasi setiap level yang tersedia di game tersebut.

Berkat fitur play-to-earn, gameFi mereguk popularitasnya di kalangan gamers daring. Betapa tidak, inovasi ini membuat gamers bisa menghasilkan aset digital hanya dengan rebahan bermain game saja.

Besarnya minat komunitas kripto pada genre aset ini membuat kapitalisasi pasar GameFi sempat menembus US$29,18 miliar di 2021.

Meski nilainya sempat terkoreksi tajam di 2022, yakni hingga 81% menjadi US$5,52 miliar, para developer tetap optimistis prospek genre ini di masa depan masih cerah. Targetnya, GameFi dapat mengakumulasi kapitalisasi pasar sebanyak US$104,5 miliar di tahun 2028.

Bagaimana Cara Kerja GameFi?

Platform permainan berbasis blockchain hadir dengan memanfaatkan teknologi smart comtract. Tiap proyek GameFi biasanya punya beberapa smart contract sekaligus yang dirancang untuk berbagai hal, mulai dari mengatur permainan, mengatur transaksi di dalam permainan, hingga memastikan jenis insentif bagi gamers.

Pemanfaatan smart contract juga berperan dalam menciptakan serangkaian hadiah menarik yang bisa dikoleksi pemainnya. Dalam jagat GameFi, pemain bisa mendapatkan hadiah dalam bentuk aset kripto atau aset-aset dalam permainan seperti lahan virtual, senjata, atau avatar yang bisa didapatkan dalam bentuk NFT.

Pemanfaatan NFT sendiri sejatinya ditujukan agar pemain benar-benar punya hak milik atas aset-aset yang mereka kumpulkan. Karena hak kepemilikan itu tercatat di jaringan blockchain, maka pemiliknya bisa melelangnya atau menjualnya lewat marketplace NFT, atau tetap mengoleksinya sebagai barang pribadi.

Selain penjualan rewards, transaksi NFT di GameFi juga dapat berupa pertukaran antar NFT. Tentunya model ini akan membuat gamers dengan kepemilikan NFT banyak bisa punya banyak jalan untuk meraih cuan!

Apa Saja Contoh-Contoh GameFi?

Hype game berbasis blockchain membuat GameFi semakin banyak dan variatif. Berikut ini beberapa jenis GameFi yang cukup populer, yaitu:

1. Axie Infinity

Axie Infinity adalah permainan di mana Sobat Cuan bisa mendapatkan monster digital bernama Axies yang bisa diadopsi, dirawat, dan diternakkan. Bahkan, kamu bisa menyuruh Axie binaanmu untuk bertarung dengan makhluk lain untuk mendapatkan hadiah dalam bentuk token SLP. Namun, selain SLP, Axie Infinity juga memiliki token lain bernama AXS.

Konsep game ini mirip permainan pokemon, di mana Axie tak ubahnya pokemon versi blockchain.

2. STEPN

Sobat Cuan malas berolahraga? Mungkin, kamu akan termotivasi berolahraga jika seluruh workout yang kamu lakukan bisa berubah jadi cuan! Hal itu menjadi mungkin berkat platform permainan bernama STEPN.

STEPN adalah aplikasi gaya hidup Web3 dan permainan NFT yang dibangun di atas jaringan Solana. Ia adalah penggawa aplikasi bermodel move-to-earn, di mana penggunanya berkesempatan mendapatkan hadiah asal mau bergerak sesuai petunjuk dan instruksi yang tertera di aplikasi tersebut.

STEPN terbilang permainan yang unik dibanding GameFi lainnya. Sebab, kapan lagi kamu dibayar hanya dengan berjalan atau berlari saja, bukan?

3. The Sandbox

Sobat Cuan ingin bertualang di dunia maya? Jika jawabannya adalah ya, maka kamu mungkin perlu mencoba The Sandbox.

The Sandbox adalah dunia virtual berbasis komunitas yang terdesentralisasi dan terbuka bagi siapa saja. Di dalamnya, pengguna bisa bersosialisasi dengan pengguna lain, menikmati kegiatan pengisi waktu senggang, berbisnis, dan menghadiri perhelatan secara daring.

Berbeda dengan platform dunia virtual pada umumnya, The Sandbox memfokuskan dirinya sebagai sarana play-to-earn yang mengombinasikan metaverse, gaming, dan platform berbagi konten dengan berbasis teknologi blockchain. 

Dengan kata lain, alih-alih menjadi satu permainan dengan tema tunggal, jagat The Sandbox berisikan koleksi game-game dan pengalaman yang berbeda-beda. Namun, di saat yang bersamaan, The Sandbox juga memungkinkan penggunanya untuk menciptakan, memiliki, dan memonetisasi aset yang mereka miliki di metaverse

4. Upland

Upland adalah metaverse NFT yang melakukan tokenisasi atas properti dalam dunia paralel. Menariknya, properti di Upland terhubung dengan alamat properti di dunia nyata.

Cara mainnya mirip monopoli, kamu bisa menjadi pebisnis dan tuan tanah untuk dapat mengkapitalisasi nilai NFT metaverse dari properti virtual.

Baca juga: Mengenal Solscan, Blockchain Explorer Andalan Fans Solana

Apa Saja Aktivitas Lain dalam GameFi?

Supaya cuan makin optimal, gamers tidak hanya menggunakan waktunya untuk bermain gameFi. Secara umum ada tiga jenis aktivitas dalam gameFi yang bisa bikin cuan gamers makin menggembung, yakni:

1. Jual Beli Aset

Gamers bisa menciptakan aset seperti rumah, kostum atau senjata dalam game. Aset-aset ini bisa dijual kepada gamers lain lewat marketplace.

2. Barter Aset

Selain jual beli, tentunya antar pemain dapat melakukan barter aset sesuai kesepakatan. Biasanya item yang dibarter merupakan item langka dan unik yang diburu lantaran menunjang performa karakter dalam game tersebut.

3. Staking

Sebagai aplikasi berbasis blockchain, beberapa developer gameFi juga menyediakan opsi staking aset bagi gamers yang berminat jadi validator jaringan. Staking dapat meningkatkan nilai aset dengam pendapatan pasif berupa aset digital.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham ASindeks saham ASemas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Technopedia, Coindesk, Binance

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
crypto
Mengenal Istilah 'Ethereum Killer' dalam Kripto. Apakah Itu?
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1