Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Rangkuman Pasar: Inflasi Diramal Jinak, IHSG Jingkrak Namun Kripto Terhenyak
shareIcon

Rangkuman Pasar: Inflasi Diramal Jinak, IHSG Jingkrak Namun Kripto Terhenyak

13 Sep 2022, 8:26 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
Rangkuman Pasar: Inflasi Diramal Jinak, IHSG Jingkrak Namun Kripto Terhenyak

Selamat sore, Sobat Cuan! Perilisan data inflasi AS terkini tinggal beberapa jam lagi. Namun, kinerja IHSG justru menguat sementara beberapa aset kripto memilih tiarap. Yuk, simak selengkapnya di Rangkuman Pasar berikut!

IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menunjukkan taringnya pada hari ini. Lihat saja, ia berhasil mendarat di 7.318,01 poin pada penutupan Rabu (13/9), menguat 0,88% dibanding sehari sebelumnya.

Sang indeks domestik memang seperti ketiban nasib baik pada hari ini. Pasalnya, ia tak sedikit pun mampir ke zona merah dalam sehari terakhir.

Hari ini, pelaku pasar terlihat bergairah masuk ke pasar modal setelah inflasi AS pada Agustus, yang sedianya diumumkan hari ini, diramal melandai dibanding sebulan sebelumnya. Menurut konsensus analis terakhir, AS diperkirakan akan mencatat inflasi tahunan sekitar 8% atau melandai dari bulan sebelumnya 8,5%.

Jika ramalan tersebut jitu, maka bank sentral AS The Fed diperkirakan akan mengerem agresivitas suku bunga acuannya pada bulan-bulan berikutnya. Hal itu, tentu saja, akan menjadi berkah bagi pasar berisiko, termasuk pasar modal tanah air.

Nah, optimisme tersebut akhirnya membuat pelaku pasar menyerbu saham-saham berkapitalisasi pasar terbesar (big cap) khususnya sektor perbankan. Alhasil, saham seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tumbuh 3%. Sementara itu, nilai saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masing-masing menguat 1,99% dan 1,79% di waktu yang sama.

Baca Juga: Rangkuman Pasar: Inflasi Jadi Sorotan, Kripto Bergerak Gak Karuan

Aset Kripto

Pergerakan aset kripto sore hari ini masih bervariasi seperti pagi tadi. Melansir Coinmarketcap pukul 15.08 WIB, hanya empat dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar yang mendarat di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Secara umum, pelaku pasar sejatinya tengah mengantisipasi pengumuman data inflasi AS yang akan dirilis hari ini. Sehingga, mereka pun berupaya jaga jarak dengan pasar aset berisiko sampai pengumuman itu berlangsung.

Di samping itu, pelaku pasar sejatinya juga mengantisipasi pembaruan jaringan Ethereum, atau disebut The Merge, yang diramal akan berlangsung pada Kamis (15/9) mendatang.

Seharusnya, peristiwa ini bisa menjadi sentimen baik bagi ETH. Tapi, nilai ETH justru melemah lantaran pelaku pasar memilih melakukan aksi "sell the event" menjelang peristiwa tersebut. Nah, sikap pelaku pasar tersebut tampaknya membuat mereka mengalihkan perhatian dari ETH ke aset kripto lain, seperti BTC dan SOL.

Kendati mendapatkan angin segar tersebut, terdapat faktor lain yang menopang masing-masing BTC dan SOL.

Untuk BTC, pelaku pasar tampaknya masih mencerna kabar mengenai Microstrategy yang berniat menjual saham sebesar US$500 juta dan akan menggunakannya untuk menambah kelolaannya atas sang raja aset kripto tersebut.

Sementara itu, nilai SOL diketahui menguat menyusul proposal Helium yang ingin memindahkan "kediamannya" ke jaringan Solana agar memiliki skalabilitas tinggi dan biaya jaringan yang lebih efisien.

Baca Juga: Pluang Pagi: Jelang Rilis Inflasi, Saham AS & Kripto Malah Bersemi! Kenapa?

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS CFD, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
weekly news
Pasar Sepekan: Rusia Tabuh Genderang 'Perang', Market Ikut Bergelombang
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1