Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 9 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 9 November 2023

9 Nov 2023, 7:15 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 9 November 2023

GM akan kembangkan mobil tanpa LTJ hingga Coca Cola tarik sementara produknya dari pasar Rusia, terangkum dalam daily news berikut!

Berita Pilihan Hari Ini!

1. GM dan Stellantis Mau Kembangkan Mobil Tanpa LTJ

  • General Motors ($GM) dan Stellantis ($STLAM) akan berinvestasi pada perusahaan perintis Niron Magnetics sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan komponen kendaraan elektrik tanpa logam tanah jarang (LTJ). Langkah ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan dua perusahaan otomotif tersebut terhadap impor LTJ dari Tiongkok.
  • Nilai investasi yang digelontorkan dua perusahaan pembuat mobil itu, yakni GM dan Stellantis masing-masing US$7 juta dan US$55 juta. Jumlah tersebut masuk dalam akumulasi pendanaan Niron putaran kedua dengan nilai total US$33 juta.
  • Saat ini GM mengimpor 90% material LTJ untuk bahan baku mobilnya dari Tiongkok. Padahal Tiongkok telah mengumumkan pemberlakuan izin tambahan bagi eksportir LTJ dalam negerinya.
  • Magnet permanen merupakan komponen esensial dalam unit mobil listrik. LTJ yang dipakai antara lain Terbium, Dysprosium, Praseodymium dan Neodymium yang mahal dan harus diimpor dari China.
  • Niron yang berbasis di Minneapolis percaya bahwa magnet yang dikembangkan perusahaannya, yakni Iron Nitride Magnet yang disebut sebagai Clean Earth Magnet bisa menggantikan magnet yang selama ini digunakan perusahaan pabrikan motor listrik.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 8 November 2023, GM telah diperdagangkan pada level 0,2x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GM di angka $43,93 dengan potensi kenaikan sebesar 59,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GM di Sini!

2. Bank Of Amerika Luncurkan Pembiayaan Dana Bergulir Senilai US$25 Juta Buat Pensiunan Militer

  • Bank of America ($BAC) memberikan pendaaan putaran kedua pada kelompok veteran militer untuk membiayai usaha kecil mereka. Total pagu pinjaman pada putraan kedua ini mencapai US$10 juta untuk fund-raising dan US$25 juta untu Dana Pinjaman Veteran (Veteran Loan Fund).
  • Kelompok veteran awalnya mengggalang US$15 juta pada peluncuran program dana bergulir ini di tahun 2021. BAC menginvestasikan dana sebsar US$5 juta sebagai pinjaman jangka panjang dengan bunga di bawah rata-rata pasar sebagai bentuk dukungan kepada veteran militer.
  • Pendanaan ini merupakan platform daring bagi pensiuan militer dan pasangannya untuk mengakses pembiayaan UMKM sebagai modal mendirikan bisnis kecil dan menengah.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 8 November 2023, BAC telah diperdagangkan pada level 0,9x PBV-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 1,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham BAC di angka $33,87 dengan potensi kenaikan sebesar 21,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham BAC di Sini!

3. Amazon Dedikasikan Tim Buat Latih Olympus, AI Model yang Ambisius

  • Amazon ($AMZN) berambisi mengalahkan model AI milik OpenAI, yakni GPT-4 yang merupakan artificial intelligence berbasis large language model (LLM). Perusahan ini pun berinvestasi jutaan dolar dan mendedikasikan tim khusus untuk melatih AI kembangan mereka yakni 'Olympus'.
  • 'Olympus' disebut-sebut punya 2 triliun parameter, dua kali lipat dari model GPT-4 milik Open AI yang hanya memiliki 1 triliun parameter.
  • Tim khusus pelatih 'Olympus' tersebut dipelopori oleh Rohit Prasad, mantan kepala Alexa. Kini Prasad menjabat sebagai kepala ilmuwan AI di Amazon. Ia melapor langsung pada CEO Amazon, Andy Jassy dalam mengembangkan 'Olympus' dengan fasilitas dan sumber daya khusus.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 8 November 2023, AMZN telah diperdagangkan pada level 2,5x EV/revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 1,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMZN di angka $175,16 dengan potensi kenaikan sebesar 23,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMZN di Sini!

4. Biogen Pangkas Perkiraan Laba Gara-Gara Proyek Obat Alzheimer

  • Biogen ($BIIB) memangkas perkiraan laba tahunannya dibawah konsensus pasar. pada laporan terbarunya, Earning Per Share (EPS) biogen tahun ini diperkirakan hanya US414,5 hingga US$15 Per Share, lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yakni US$15 hingga US$16 Per Share.
  • Penurunan pendapatan tahunan itu disebabkan oleh merosotnya pendapatan kuartal ketiga yang hanya naik 0,9%. Biogen diketahui mengalami penurunan penjualan obat sebesar 8%.
  • Laba kuartal tiga secara keseluruhan turun 8,6%, padahal realisasi capaian penjualannya lebih besar dari perkiraan analis yakni US$2,53 miliar. Salah satu penyebabnya ialah berubahnya cara perhitungan kolaborasi Biogen dengan Eisai Co terkait obat Alzheimer yakni Leqembi.
  • Saat ini terdapat 800 penderita Alzheimer yang diterapi menggunakan Leqembi. Jumlah ini ditargetkan bakal naik jadi 10.000 pengguna pada Maret 2024 sebagai prospek pendapatan Biogen tahun depan.
  • Penyesuaian ke bawah laba tahunan Biogen membuat nilai sahamnya anjlok 5, 67% hari ini.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 8 November 2023, BIIB telah diperdagangkan pada level 14,5x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 13,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham BIIB di angka $321,48 dengan potensi kenaikan sebesar 38,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham BIIB di Sini!

5. JPMorgan Investasi US$460 Juta Pada Firma Investasi yang Dipimpin Perempuan di Perancis

  • JPMorgan ($JPM) bekerjasama dengan Bpifrance akan menginvestasikan dana sebesar US$60 juta pada firma investasi swasta yang dipimpin oleh perempuan di Perancis.
  • Program ini merupakan bagian dari kemitraan yang telah berlangsung sejak tahun 2018. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Perancis sebagai hub investasi terbesar kedua setelah Inggris bagi JPM.
  • JPM menginvestasikan US$50 juta dari total US$60 juta yang akan disalurkan nanti. Sisanya, yakni US$10 juta merupakan porsi investasi Bpifrance. Selain itu, Bpifrance juga mengatur penyaluran investasi tersebut.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 8 November 2023, JPM telah diperdagangkan pada level 1,4x PBV-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,9x. Konsensus memberikan fair value harga saham JPM di angka $170 dengan potensi kenaikan sebesar 17,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham JPM di Sini!

6. Coca Cola Tarik Sementara Produknya dari Pasar Kroasia

  • Coca Cola ($KO) menarik sementara dua soft drink produksinya dari Kroasia pasca inspeksi otoritas setempat atas dugaan keracunan yang disebabkan oleh produk-produk tersebut.
  • Perusahaan tersebut merinci produk yang ditarik adalah Romerquelle Emotion Blueberry Pomegranate 330 ml dan Coca-Cola Original Taste 500 ml.
  • Kasus ini bermula ketika pemuda dari Adriatic, Rijeka mengalami radang tenggorokan pasca mengkonsumsi Romerquelle Emotion. Setelah kasus itu terungkap, rupanya ada 13 kasus serupa dengan gejala yang sama terjadi di Kroasia. Semuanya mengalami radang tenggorokan setelah meminum Coca Cola.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 8 November 2023, KO telah diperdagangkan pada level 20,6x PE-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 22,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham BIIB di angka $64,53 dengan potensi kenaikan sebesar 13% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham KO di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1