Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 6 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 6 November 2023

6 Nov 2023, 4:14 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 6 November 2023

AMC tambah jadwal pemutaran film Taylor Swift hingga GM dipaksa untuk batalkan PHK di Brasil, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. KKR Punya Dua Kabar Menggembirakan di Akhir Pekan

  • Firma ekuitas global KKR & Co. ($KKR) mengalami perkembangan positif atas dua aksi korporasinya sepanjang akhir pekan lalu.
  • Pertama, KKR mengatakan telah menyelesaikan penghimpunan dana segar sebesar US$2,8 miliar untuk program Global Impact Fund miliknya. Rencananya, dana-dana tersebut akan disalurkan kembali sebagai investasi di perusahaan-perusahaan yang mengedepankan semangat keberlanjutan dan keadilan sosial.
  • Kedua, pada waktu yang sama, perusahaan telekomunikasi asal Italia Telecom Italia (TIM) sepakat untuk menjual jaringan telepon kabelnya ke KKR dengan nilai 18,8 miliar Euro atau sekitar US$20 miliar. Transaksi ini diharapkan bisa sepenuhnya rampung pada musim panas 2024 mendatang.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 3 November 2023, KKR telah diperdagangkan pada level 2,8 x PBV-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 3,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham KKR di angka $73,95 dengan potensi kenaikan sebesar 21,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham KKR di Sini!

2. Film Taylor Swift Laris Manis, AMC Tambah Jadwal Hari Pemutaran

  • Jaringan bioskop AS AMC Entertainment ($AMC) kemungkinan akan menambah hari pemutaran film konser penyanyi Taylor Swift bertajuk “Taylor Swift: The Eras Tour” usai film tersebut mendapat animo tinggi dari masyarakat.
  • Sebelumnya, dalam situs tiket prapenjualan (presale) film tersebut, AMC mengatakan hanya akan menyediakan penjualan tiket hingga Minggu (5/11). 
  • Namun, AMC kemudian mengklarifikasi bahwa tanggal yang dimaksud bukanlah hari pemutaran terakhir film tersebut melainkan hanya tanggal terakhir bagi mereka yang ingin membeli tiket secara presale. Dengan kata lain, AMC masih akan menjual tiket film Taylor Swift secara langsung di bioskop-bioskop kelolaannya setelah tanggal tersebut.
  • Asal tahu saja, film Taylor Swift belakangan digadang-gadang sebagai salah satu film konser terlaris sepanjang masa dan dianggap bisa menjadi “juru selamat” bagi kinerja finansial AMC menjelang akhir tahun.
  • Perusahaan analisis data Comscore menyebut bahwa film Taylor Swift sukses mencetak penjualan tiket US$150 juta di AS dan lebih dari US$200 juta secara global sejak perilisannya pada 13 Oktober 2023 hingga Jumat (3/11).

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 3 November 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,3 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka $11,75 dengan potensi kenaikan sebesar 18,2% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMC di Sini!

3. Brasil Suruh GM Batalkan PHK Terhadap 1.245 Pekerjanya

  • Produsen otomotif General Motors ($GM) pada Sabtu (4/11) dikabarkan akan membatalkan keputusan pemutusan hubungan kerja (PHK) atas 1.245 pekerjanya di tiga fasilitas produksi yang berlokasi di Sao Jose dos Campos, Sao Caetano do Sul, dan Mogi das Cruzes di negara bagian Sao Paulo, Brasil.
  • Hanya saja, aksi tersebut bukanlah inisiatif langsung dari perusahaan. GM “terpaksa” untuk membatalkan aksi PHK yang dimaksud akibat putusan terbaru dari pengadilan hubungan industrial Brasil yang dirilis akhir pekan lalu.
  • Sebagai konteks, perkara ini dimulai pada 21 Oktober 2023, di mana GM pada awalnya memecat 839 pekerjanya di bagian perlogaman di fasilitas produksi Sao Jose dos Campos. Hanya saja, serikat pekerja kemudian mengendus praktik ketidakadilan setelah GM ternyata langsung “membuang” pekerjanya tanpa melalui proses negosiasi terlebih dulu.
  • Serikat pekerja kemudian memprotes keputusan PHK GM dengan melakukan aksi mogok kerja mulai 23 Oktober 2023 dan menyeret perkara tersebut ke pengadilan hubungan industrial Brasil. Hasilnya, pada 31 Oktober 2023, pengadilan menerbitkan putusan bahwa GM wajib merekrut kembali 839 pekerjanya yang sudah dipecat mengingat aksi PHK yang dilakukannya tidak melalui prosedur yang benar.
  • Hanya saja, GM ternyata memilih cuek dengan putusan tersebut. Bahkan, perusahaan malah melanjutkan aksi PHK itu dengan memecat 300 pekerjanya di fasilitas Sao Caetono dan 105 pekerja di pabrik Mogi das Cruzes. Hal itu pun membuat total pekerja yang dipecat GM membengkak menjadi 1.245 individu.
  • Namun, pada akhir pekan lalu, pengadilan hubungan industrial Brasil menerbitkan putusan yang lagi-lagi berpihak pada serikat buruh. Pengadilan memutuskan bahwa GM mesti membatalkan aksi pemecatannya dan merekrut kembali seluruh pegawai yang terdampak PHK.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 3 November 2023, GM telah diperdagangkan pada level 0,2 x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 0,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GM di angka $44,01 dengan potensi kenaikan sebesar 47,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GM di Sini!

4. Bank of America Alami Masalah Teknis, Sampaikan Pesan Lewat Aplikasi M-Banking

  • Aplikasi m-banking milik Bank of America ($BAC) pada Jumat (3/11) tiba-tiba menampilkan notifikasi yang berisikan bahwa nasabahnya akan mengalami keterlambatan dalam proses penyimpanan dana ke rekening gara-gara “masalah teknis”.
  • Reuters mengatakan, kasus tersebut kemungkinan besar diduga berasal dari kegalatan yang terjadi di The Clearing House, yakni sebuah infrastruktur sistem pembayaran yang digunakan oleh sebagian besar bank-bank komersial ternama di dunia.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 3 November 2023, BAC telah diperdagangkan pada level 0,9 x PBV-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 1,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham BAC di angka $33,91 dengan potensi kenaikan sebesar 19,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham BAC di Sini!

5. Tesla Naikkan Gaji Pekerjanya di Jerman

  • Jajaran manajemen Tesla Inc. ($TSLA) kemarin dikabarkan telah mengumumkan kenaikan gaji sebesar 4% yang berlaku pada November 2023 kepada 11.000 pekerjanya di Jerman.
  • Menurut seorang sumber kepada Wall Street Journal, selain kenaikan gaji, Tesla juga akan membagikan bonus sebesar 1.500 Euro, atau sekitar US$1.609, per kepala pada Desember mendatang. Bonus tersebut diharapkan dapat digunakan pekerjanya untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah tekanan inflasi.
  • Pengumuman tersebut muncul setelah serikat pekerja Tesla sebelumnya berulang-ulang kali mengeluhkan mendapatkan gaji yang lebih rendah dari rata-rata gaji pekerja di sektor yang sama.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 3 November 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 56,6 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 11,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $244,03 dengan potensi kenaikan sebesar 10,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

6. Tyson Food Tarik 13 Ton ‘Chicken Nugget’ dari Pasaran

  • Produsen makanan olahan Tyson Food ($TSN) pada Sabtu (4/11) mengumumkan telah menarik dua produk nugget ayam yakni Dino Chicken Nuggets dan Fun Nuggets dengan total 30.000 pon atau sekitar 13,6 ton dari pasaran.
  • Hal ini dilakukan setelah perusahaan menerima laporan dari sejumlah konsumen yang mengaku menemukan penggalan logam kecil nan lentur di dalam produk-produk nugget tersebut.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 3 November 2023, TSN telah diperdagangkan pada level 15,9 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 16,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSN di angka $58,48 dengan potensi kenaikan sebesar 24,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSN di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1