Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 31 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 31 Oktober 2023

31 Oct 2023, 5:01 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 31 Oktober 2023

Pekerja Tesla malah masuk kerja meski disuruh mogok kerja hingga Google terus memperbaiki diri untuk konsumen, semua tersaji di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Diminta Mogok Kerja, Mekanik Tesla di Swedia Malah Tetap Masuk Kerja

  • Pekerja produsen kendaraan listrik Tesla Inc. ($TSLA) di Swedia rupanya tidak mengikuti saran serikat pekerja untuk melakukan mogok kerja massal yang semestinya dimulai pada Jumat (27/10).
  • Sekadar informasi, aksi mogok kerja Tesla ini sebelumnya diinisiasi oleh serikat pekerja Swedia Industrifacket Metall (IF Metall). Langkah ini tercetus setelah Tesla enggan menyepakati perjanjian kolektif dengan serikat pekerja terkait revisi status pekerja, parameter pengupahan, dan jumlah hari libur.
  • Selain itu, IF Metall juga mengatakan bahwa aksi mogok kerja ini akan dilakukan oleh sekitar 120 mekanik di tujuh bengkel Tesla yang tersebar di Swedia.
  • Hanya saja, ketika Hari-H aksi mogok kerja itu tiba, pekerja Tesla yang seharusnya melancarkan aksi mogok kerja ternyata malah bekerja seperti biasa. Hal ini diketahui oleh Tesla Club Sweden yang menyambangi bengkel-bengkel Tesla pada Jumat pekan lalu.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 50,4 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 11,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $242,13 dengan potensi kenaikan sebesar 22,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

2. Meta Tawarkan Program Langganan Main ‘Medsos’ Bebas Iklan di Eropa

  • Konglomerasi media sosial Meta Platforms ($META) kemarin mengatakan akan menyediakan layanan berlangganan bebas iklan bagi pengguna Facebook dan Instagram di Swiss dan Uni Eropa. 
  • Melalui program tersebut, pengguna Meta di wilayah tersebut bisa membayar biaya langganan per bulan untuk bermain medsos tanpa disuguhi iklan. Pengguna yang tertarik memanfaatkan program ini akan dibebankan biaya 9,99 Euro per bulan untuk menikmati Facebook dan Instagram bebas iklan versi web dan 12,99 Euro per bulan melalui aplikasi Facebook dan Instagram di sistem operasi iOS dan Android.
  • Namun, pengguna juga bisa tetap menikmati Instagram dan Facebook secara gratis meski nantinya tetap melihat iklan-iklan berseliweran di feed.
  • Dalam siaran persnya yang dirilis kemarin, Meta menyebut bahwa program ini dilakukan demi “menyeimbangkan” keinginan perusahaan dan regulasi perlindungan data di Eropa.
  • Di satu sisi, Meta merasa bahwa seluruh individu berhak untuk menikmati akses internet meski mereka nantinya menjadi objek monetisasi produk-produk perusahaan teknologi. Hanya saja, di sisi lain, Meta juga harus patuh pada regulasi Eropa yang mewajibkan perusahaan teknologi untuk meminta persetujuan (consent) penggunanya sebelum mengambil data-data demi kepentingan periklanan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, META telah diperdagangkan pada level 5,1 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 3,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham META di angka $378,97 dengan potensi kenaikan sebesar 25,2% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham META di Sini!

3. Broadcom ‘Semakin Dekat’ Caplok VMWare Senilai US$61 Miliar

  • Perusahaan semikonduktor Broadcom ($AVGO) mengatakan bahwa langkahnya semakin dekat untuk mengakuisisi perusahaan komputasi awan VMWare dengan nilai US$61 miliar.
  • Menurut pernyataan gabungan kedua perusahaan yang dirilis kemarin, kabar baik ini muncul meski proses akuisisi ini masih belum mendapat restu dari otoritas China. Adapun sebelumnya, Broadcom sudah mendapat izin untuk mengakuisisi VMWare dari otoritas di sejumlah negara.
  • Jika akuisisi ini berhasil, maka Broadcom nantinya akan mengintegrasikan VMWare ke dalam portofolio piranti lunak miliknya. Selain itu, apabila sukses, maka aksi korporasi ini akan menjadi akuisisi dengan nilai terbesar yang dicatat perusahaan chip, mengalahkan pengambilalihan AMD terhadap Xilinx Inc. dengan nilai US$34,1 miliar.

Valuasi & Insight ($AVGO) :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, AVGO telah diperdagangkan pada level 18,1 x PE-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 20,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AVGO di angka $975,29 dengan potensi kenaikan sebesar 15,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AVGO di Sini!

Valuasi & Insight ($VMW) :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, VMW telah diperdagangkan pada level 19,1 x PE-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 22,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham VMW di angka $166,56 dengan potensi kenaikan sebesar 13,6% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham VMW di Sini!

4. GSK Perpanjang Kerja Sama dengan 23andMe

  • Perusahaan farmasi GlaxoSmithKline ($GSK) kemarin telah memperpanjang kerja samanya dengan perusahaan bioteknologi 23andMe. 
  • Melalui perpanjangan kontrak tersebut, maka GSK bisa memanfaatkan data-data DNA milik 23andMe untuk keperluan riset dan pengembangan obat-obat baru sesuai target pasar.
  • Lebih lanjut, kerja sama baru itu juga berisikan kewajiban GSK untuk membayar biaya kerja sama di muka sebesar US$20 juta kepada 23andMe.
  • Asal tahu saja, GSK dan 23andMe telah berkolaborasi dalam lima tahun terakhir dan menjalankan sekitar 50 program bersama sepanjang kurun waktu tersebut. 

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, GSK telah diperdagangkan pada level 9,6 x PE-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 14,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GSK di angka $42,5 dengan potensi kenaikan sebesar 20,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GSK di Sini!

5. Apple Umumkan Chips M3 Terbaru yang Bisa Bikin MacBook Pro Lebih Murah

  • Apple Inc, ($AAPL)  baru saja mengumumkan upgrade chips M3 untuk PC, Macbook Pro dan iMac terbarunya kemarin (30/10). Piranti baru ini diharapkan bakal menyegarkan lineup Apple yang tengah mengalami penurunan penjualan hingga 7% per Juni lalu.
  • Piranti-piranti baru yang dilengkapi dengan chips anyar ini bakal mulai didiskon minggu depan. Komputer mereka, baik MacBook Pro maupun iMac memiliki desain yang sama dengan versi yang diluncurkan tahun lalu. Perbedaannya hanya pada chip M3 ini.
  • Menurut Apple, upgrade bertemakan Halloween tahun ini cukup signifikan. Chip baru tersebut dapat meningkatkan kecepatan, menambah daya baterai bahkan mengembangkan aplikasi artificial intelligence (AI) pada piranti ber-spek high end.
  • Chip M3 yang menggantikan pendahulunya yakni M2 memiliki 8 core central processing unit dan 10 core graphics processing unit. Pada laptop, chip ini bisa membuat baterai bertahan hingga 22 jam.
  • Apple mengklaim M3 chips GPU dapat memproses data gambar dengan kecepatan 1,8 kali lipat dibandingkan chip yang sebelumnya. Sementara CPUnya 15% lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.
  • Chip ini diproduksi di Taiwan Semiconductor Manufacturing Company, yakni pabrikan semiconductor paling canggih saat ini.
  • Meski mulai dijual minggu depan, mesin dengan chip terbaru ini baru tersedia pada akhir November nanti.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 25,7 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 15,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka $199,76 dengan potensi kenaikan sebesar 17,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

6. Bela Diri, CEO Google Yakinkan Perusahaannya Terus Memperbaiki Diri demi Konsumen

  • CEO Google Inc ($GOOG) Sundar Pichai menyatakan perusahaan telah membayar hingga miliaran dolar AS kepada raksasa di industri teknologi seperti Apple dan Samsung untuk memastikan mesin pencariannya bekerja dengan baik pada seluruh piranti yang banyak digunakan oleh konsumen.
  • Pernyataan itu terungkap dalam sidang antimonopoli di Amerika Serikat, kemarin. Sidang yang berlangsung selama dua jam itu berupaya membuktikan tuduhan bahwa Google telah melakukan tindakan ilegal demi mempertahankan dominasinya sebagai mesin pencarian terdepan di dunia.
  • Kasus itu bermula dari ajuan Departemen Kehakiman AS yang mencurigai adanya pembagian keuntungan besar-besaran antara Google dan Apple dari pendapatan iklan Google. Sebagai imbalannya, Google memaksa Apple untuk menjadikan Google sebagai mesin pencarian bawaan Apple.
  • Kesaksian pengadilan juga mengungkap jumlah upeti yang diberikan Google kepada sejumlah produsen teknologi termasuk Apple mencapai US$26 miliar, tahun lalu. Jumlah itu sebagian besarnya masuk ke dalam kas perusahaan Apple.
  • Pichai menyebut langkah itu merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan visi perusahaan, yakni membuat informasi dapat diakses secara universal dan bermanfaat.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 30 Oktober 2023, GOOG telah diperdagangkan pada level 5,2 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 2,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GOOG di angka $152,6 dengan potensi kenaikan sebesar 21,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1