Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 3 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 3 Oktober 2023

3 Oct 2023, 5:53 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 3 Oktober 2023

Selamat siang, Sobat Cuan! Tesla rilis mobil berharga miring hingga Goldman Sachs sanjung saham Nvidia, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Pengiriman Lesu di Kuartal Lalu, Tesla Rilis Mobil Berharga ‘Miring’

  • Produsen mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) kemarin meluncurkan varian baru mobil Model Y di AS yang dibanderol US$43.990 per unitnya, lebih murah US$3.750 dari varian sebelumnya. Perusahaan rencananya akan mengirimkan mobil anyar tersebut ke pelanggannya pada bulan ini atau November 2023.
  • Menariknya, Tesla meluncurkan mobil baru ini beberapa jam setelah mengumumkan penurunan pengiriman kendaraan di triwulan III 2023. Hal ini membuat analis yakin bahwa peluncuran varian anyar Model Y tersebut adalah “jurus” Tesla untuk mengungkit pengiriman kendaraannya di triwulan ini.
  • Pada kuartal lalu, Tesla telah melakukan pengiriman mobil sebanyak 435.059 unit, turun 6% dari 466.140 unit di triwulan sebelumnya. Angka ini jauh lebih rendah dari estimasi analis 455.000 unit kendaraan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 6,5 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka US$ 267,42 dengan potensi kenaikan sebesar 6,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

2. Goldman Sachs Puji Saham Nvidia, Targetkan Harga US$605 per Lembar

  • Lembaga investment bank Goldman Sachs memasukkan saham produsen chip Nvidia ($NVDA) ke dalam daftar saham yang “meyakinkan” untuk dikoleksi. Bahkan, lembaga tersebut juga memberi target harga saham Nvidia di angka US$605, 35% lebih tinggi dari harga penutupan Senin (2/10) US$447,82 per lembar.
  • Dalam catatannya kepada investor kemarin, analis Goldman Sachs Toshiya Hari mengatakan Nvidia memliki posisi sangat kuat untuk mendapatkan manfaat dari tren teknologi kecerdasan buatan (AI). Menurutnya, permintaan terhadap produk-produk chip AI canggih Nvidia akan terus menanjak seiring semakin kompleksnya perkembangan teknologi AI.
  • “Nvidia akan menjaga statusnya sebagai standar di industri komputer lantaran memiliki keunggulan kompetitif,” jelas Hari, seraya menambahkan bahwa momentum perilisan laporan keuangan perusahaan berikutnya akan menjadi katalis utama kenaikan signifikan nilai saham Nvidia. 

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, NVDA telah diperdagangkan pada level 30,2 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 23,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka US$ 647,49 dengan potensi kenaikan sebesar 44,6 % dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NVDA di Sini!

3. McDonald’s Lolos Gugatan Hukum Terkait Promosi ‘Lebay’

  • Jaringan restoran cepat saji McDonald’s ($MCD) pada Sabtu (30/9) berhasil lolos dari gugatan hukum yang menuduh bahwa perusahaan telah menyajikan burger dengan ukuran yang lebih kecil dari yang digambarkan di dalam iklan-iklannya.
  • Sekadar informasi, sebelumnya, seorang warga Long Island, negara bagian New York, AS bernama Justin Chimienti menggugat McDonald’s ke pengadilan distrik Brooklyn, New York, AS gara-gara dianggap mengiklankan menu burger dengan gambar lebih besar dari ukuran aslinya dan menganggap perusahaan telah membohongi publik dengan aksi promosi tersebut.
  • Namun, pada Sabtu pekan lalu, salah satu hakim pengadilan distrik Brooklyn Hector Gonzalez tidak menemukan bukti bahwa McDonald’s telah menyajikan burger dengan ukuran lebih kecil dari iklan yang dibuatnya.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, MCD telah diperdagangkan pada level 21,1 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 20,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham MCD di angka US$ 326,48 dengan potensi kenaikan sebesar 26,7 % dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MCD di Sini!

4. Kirim 15.000 Mobil di Triwulan Lalu, Rivian Cetak Rekor Baru

  • Produsen mobil listrik Rivian Automotive ($RIVN) kemarin mengumumkan telah mengirimkan 15.564 unit kendaraan sepanjang kuartal III 2023, melonjak 23% dari 12.640 unit di triwulan sebelumnya. Hal ini sekaligus membuat Rivian sukses mencetak pengiriman mobil kuartalan tertingginya sepanjang sejarah.
  • Di samping itu, perusahaan juga mengumumkan telah memproduksi 16.304 unit kendaraan di periode yang sama. Berkaca dari prestasi tersebut, Rivian pun optimistis bisa mencapai target produksi 52.000 kendaraan hingga akhir tahun nanti.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, RIVN telah diperdagangkan pada level 2,5 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham RIVN di angka US$ 28,33 dengan potensi kenaikan sebesar 19,7 % dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham RIVN di Sini!

5. Visa Siap Guyur US$100 Juta bagi Perusahaan AI

  • Perusahaan pembayaran Visa ($V) kemarin mengumumkan akan mengalokasikan dana dengan total US$100 juta bagi sejumlah perusahaan pengembang teknologi dan aplikasi AI generatif yang mampu memberikan “dampak positif bagi perkembangan sistem pembayaran ke depan”.
  • Rencananya, dana tersebut akan disalurkan melalui anak usaha perusahaan di bidang pembiayaan ventura bernama Visa Ventures. Hanya saja, Visa tidak membeberkan detail lebih lanjut mengenai rencana yang dimaksud.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, V telah diperdagangkan pada level 11,6 x PBV-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 4 x. Konsensus memberikan fair value harga saham V di angka US$ 278,14 dengan potensi kenaikan sebesar 20,3 % dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham V di Sini!

6. GM Pecat 2.100 Pegawai Akibat Aksi Mogok Kerja

  • Produsen otomotif General Motors ($GM) kemarin mengaku telah memecat lebih dari 2.100 pekerja di sejumlah fasilitas produksinya. Pemecatan ini, sebut perusahaan, merupakan imbas dari aksi mogok kerja yang dilakukan serikat pekerja tiga produsen otomotif, yakni Ford, GM, dan Stellantis, yang berlangsung sejak 15 September 2023.
  • Sekadar informasi, serikat yang mewadahi pekerja tiga perusahaan tersebut melangsungkan aksi mogok kerja setelah tuntutannya terkait upah dan skema pensiun yang layak tak kunjung dikabulkan tiga produsen otomotif top AS tersebut.
  • Namun, aksi tersebut rupanya membuat aktivitas produksi menjadi ngadat dan mengganggu arus rantai pasok GM, sehingga perusahaan pun terpaksa memecat sejumlah karyawannya.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, GM telah diperdagangkan pada level 0,2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 0,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GM di angka US$ 49,83 dengan potensi kenaikan sebesar 53,5 % dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GM di Sini!

7. Dianggap Tak Aman, Mobil Ford Jadi Sorotan Otoritas AS

  • Lembaga keamanan lalu lintas AS (NHTSA) mengatakan tengah “serius” dalam menginvestigasi hampir 709.000 unit kendaraan besutan produsen otomotif Ford Motor ($F) keluaran 2021 dan 2022 karena dianggap berpotensi mengalami kegagalan mesin.
  • Dalam dokumen yang diunggah ke situs resminya kemarin, NHTSA mengaku sedang menginvestigasi ratusan ribu unit mobil model pickup dan SUV milik Ford setelah menduga bahwa kecacatan yang terdapat di sistem valve bisa membuat mesin di mobil-mobil tersebut mati mendadak dalam keadaan normal. 
  • Jika hipotesis itu terbukti, maka NHTSA akan memerintahkan Ford untuk menarik ratusan ribu unit mobil tersebut dari pasaran.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 2 Oktober 2023, F telah diperdagangkan pada level 0,2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 0,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham F di angka US$ 15,26 dengan potensi kenaikan sebesar 24 % dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham F di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1