Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 3 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 3 November 2023

3 Nov 2023, 5:05 AM·Waktu baca: 7 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 3 November 2023

Paket nonton hemat Netflix laris keras hingga AMD yakin bisa catat penjualan chip US$2 miliar, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. ‘Paket Hemat’ Netflix Kini Dinikmati 15 Juta Pengguna Per Bulan

  • Perusahaan hiburan dan jasa streaming Netflix Inc. ($NFLX) pada Rabu (1/11) mengatakan bahwa jumlah pengguna aktif “paket hemat” miliknya kini mencapai 15 juta pengguna per bulan, atau melesat tiga kali lipat dari 5 juta pengguna per akhir Mei 2023.
  • Sekadar informasi, Netflix meluncurkan paket berlangganan hemat pada tahun lalu demi memulihkan kembali pertumbuhan pengguna barunya yang sempat mandek. 
  • Dalam paket tersebut, pengguna bisa menonton seluruh tayangan Netflix dengan harga US$6,99 per bulan, lebih murah dibanding tarif paket reguler termurahnya sebesar US$9,99 per bulan. Hanya saja, pengguna yang mengambil paket tersebut harus rela mendapatkan tayangan iklan ketika menikmati ragam hiburan Netflix.
  • Dalam perilisan laporan keuangan kuartal III 2023 beberapa waktu lalu, Netflix mengatakan bahwa 30% dari jumlah pengguna barunya di triwulan lalu mengambil paket “nonton hemat” tersebut.

Valuasi & Insight :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, NFLX telah diperdagangkan pada level 5,2 x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 2,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NFLX di angka $462,6 dengan potensi kenaikan sebesar 8,9% dalam setahun kedepan.

Beli Saham NFLX di Sini!

2. AMD Yakin Chip Canggihnya Bisa Terjual US$2 Miliar Tahun Depan

  • Nilai saham produsen chip semikonduktor Advanced Micro Devices Inc. ($AMD) sempat melambung 8% pada perdagangan Rabu (1/11) setelah sang CEO Lisa Su optimistis terhadap penjualan chip canggih besutan perusahaan di tahun depan.
  • Pada Selasa (31/10), Su akhirnya mengungkap proyeksi penjualan chip MI300 untuk pertama kalinya ke publik. Dalam acara tersebut, ia mengatakan penjualan chip canggih tersebut bisa menyentuh US$2 miliar di 2024.
  • Jika target itu tercapai, maka chip MI300 akan menjadi produk AMD pertama yang menembus angka penjualan US$1 miliar dengan waktu tercepat sepanjang sejarah berdirinya perusahaan.

Valuasi & Insight :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, AMD telah diperdagangkan pada level 29,5 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 21,9 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMD di angka $131,52 dengan potensi kenaikan sebesar 22% dalam setahun kedepan.

Beli Saham AMD di Sini!

3. Disney Buka Peluang Jual Saham ESPN, Nilainya Ditaksir US$24 Miliar

  • Tim analis Bank of America (BofA) mengatakan bahwa valuasi jaringan televisi kabel khusus siaran olahraga sekaligus anak usaha Walt Disney ($DIS), ESPN, bisa bernilai US$24 miliar jika sebagian sahamnya benar-benar akan dijual ke pihak lain.
  • Laporan yang dipbulikasikan kemarin tersebut merupakan hasil analisis BofA atas ucapan CEO Disney Bob Iger bulan lalu yang mengatakan bahwa perusahaannya sedang mempertimbangkan untuk mencari investor atau membentuk kemitraan dengan entitas lain demi mengembangkan aplikasi streaming bagi ESPN.
  • Berdasarkan pernyataan tersebut, BofA menaksir bahwa Disney kemungkinan bakal menjual paling banyak 36% dari total saham ESPN ke pihak eksternal dengan nilai yang ditaksir mencapai US$24 miliar. Nilai penjualan tersebut, lanjut BofA, berpotensi akan memikat perusahaan-perusahaan top seperti Apple dan Verizon untuk berlomba-lomba mencaplok saham ESPN.

Valuasi & Insight :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, DIS telah diperdagangkan pada level 17,2 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 16,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham DIS di angka $106,63 dengan potensi kenaikan sebesar 28% dalam setahun kedepan.

Beli Saham Disney di Sini!

4. Inggris Gagalkan Upaya Apple untuk Lolos dari Jeratan Gugatan Hukum

  • Sebuah lembaga tribunal Inggris, The Competition Appeal Tribunal (CAT), pada Rabu (1/11) menolak upaya raksasa teknologi Apple Inc. ($AAPL) untuk menghentikan proses gugatan hukum yang menyangkut “kecacatan” di baterai sejumlah seri ponsel pintar iPhone.
  • Putusan itu merupakan babak baru dari gugatan hukum yang dilayangkan seorang perwakilan 20 juta konsumen Apple di Inggris bernama Justin Guttman beberapa waktu silam. 
  • Dalam gugatannya, Guttman mengatakan bahwa pembaruan piranti lunak yang dilakukan Apple berulang-ulang kali rupanya membuat usia baterai iPhone 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, SE, 7, dan 7 Plus semakin memburuk. Hal itu, lanjut dia, dianggap merugikan konsumen karena uang yang mereka rogoh untuk membeli iPhone ternyata tidak sebanding dengan kualitasnya. Atas hal tersebut, Guttman meminta Apple untuk membayar ganti rugi sekitar US$2 miliar.
  • Namun, Apple segera melawan balik gugatan tersebut. Kepada CAT, Apple mengatakan bahwa tuntutan tersebut “tidak berdasarkan fakta valid” lantaran perusahaan mengaku tidak pernah berniat memperpendek usia baterai deretan ponsel tersebut dengan sengaja.
  • Hanya saja, CAT pun menolak argumen Apple tersebut. Dengan demikian, maka gugatan ini bisa dilanjutkan ke tahapan putusan dalam waktu dekat.

Valuasi & Insight :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 26,9 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 16,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka $237,93 dengan potensi kenaikan sebesar 25,6% dalam setahun kedepan.

Beli Saham AAPL di Sini!

5. Tesla Siap ‘Lahirkan’ 200.000 Unit Cybertruck per Tahun

  • CEO produsen kendaraan listrik Tesla Inc. ($TSLA) Elon Musk pada Selasa (31/10) mengatakan, perusahaannya menargetkan produksi kendaraan listrik niaga terbaru miliknya bernama Cybertruck sebanyak 200.000 unit per tahun.
  • Namun, Musk tidak menyebut kapan tepatnya target produksi itu dapat tercapai. Adapun sebelumnya, ia pernah berujar bahwa Tesla saat ini memiliki kapasitas produksi Cybertruck sebanyak 125.000 unit per tahun dan berharap akan menggandakannya menjadi 250.000 unit per tahun di 2025 mendatang.
  • Sekadar informasi, Cybertruck merupakan kendaraan pickup yang bakal menjadi anggota keluarga terbaru Tesla. Rencananya, pengiriman pertama Cybertruck akan berlangsung pada 30 November 2023.

Valuasi & Insight :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 56,2 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 11,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $242,13 dengan potensi kenaikan sebesar 10,8% dalam setahun kedepan.

Beli Saham TSLA di Sini!

6. Amazon Buka Opsi Paylater Buat UMKM

  • Pertama kalinya Amazon (AMZN) membuka opsi check out dengan pay later bagi jutaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan platformnya.
  • Opsi ini merupakan hasil dari kerjasama antara Amazon dengan penyedia jasa finansial Affirm. Saham Affirm sendiri mengalami lonjakan 19% setelah pengumuman resmi dari pihak Amazon.
  • Jasa Paylater dengan rentang pinjaman berkisar antara US$100 hingga US$20.000 mulai dapat dipergunakan oleh pengguna Amazon pada 24 November mendatang, bertepatan dengan momentum 'black friday'.
  • Direktur Amazon Business worldwide Todd Heimes ngetakan permintaan atas solusi pembayaran yang dapat dipergunakan untuk mengatur cashflow telah banyak disuarakan oleh UMKM/ Penggunaan kartu kredit dianggap kurang praktis dan transparan

Valuasi & Insight :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, AMZN telah diperdagangkan pada level 2,4 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMZN di angka $173,98 dengan potensi kenaikan sebesar 26% dalam setahun kedepan.

Beli Saham AMZN di Sini!

7. UBER dan LYFT Bayar Denda US$328 Juta

  • Perusahaan ride-sharing Uber ($UBER) dan Lyft ($LYFT) akan membayarkan denda sesuai klaim Jaksa Agung New York, masing=masing US$290 juta dan US$38 juta.
  • Jaksa Agung Letitia James mengatakan pembayaran tersebut merupakan penyelesaian penyelidikan bertahun-tahun yang dilakukan kantornya terhadap dua perusahaan tersebut. Temuan kantor kejaksaan terhadap Uber dan LYFT disebut-sebut sebagai kasus pencurian gaji terbesar sepanjang sejarah berdirinya kejaksaan agung.
  • Lebih dari 100.000 driver dan mantan driver Uber dan Lyft akan menerima benefit dari uang tersebut. Sebab, kejaksaan agung menemukan bahwa dua perusahaan itu telah memungut pajak lebih besar kepada para driver, alih-alih pengguna layanannya.
  • Pengemudi Uber dan LYFT juga mendapat jaminan tarif minimum per jam dan cuti sakit dibayar sebagai bagian dari putusan. Mereka juga akan diberi pemberitahuan dan obrolan via aplikasi untuk menjawab pertanyaan seputar penghasilan dan kondisi kerja.

Valuasi & Insight (UBER) :
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, UBER telah diperdagangkan pada level 2,4 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,4 x. Konsensus memberikan fair value harga saham UBER di angka $58,01 dengan potensi kenaikan sebesar 24,8% dalam setahun kedepan.

Beli Saham Uber di Sini!

Valuasi & Insight (LYFT):
Berdasarkan harga penutupan 2 November 2023, LYFT telah diperdagangkan pada level 0,7 x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 1,4 x. Konsensus memberikan fair value harga saham LYFT di angka $11,75 dengan potensi kenaikan sebesar 18,2% dalam setahun kedepan.

Beli Saham LYFT di Sini!

8. Jumlah Lowongan Kerja di AS Meningkat di September

  • Departemen Ketenagakerjaan AS kemarin melaporkan bahwa jumlah lowongan pekerjaan di AS mencapai 9,55 juta lowongan di September, naik tipis dari 9,49 juta lowongan di bulan sebelumnya.
  • Dalam laporan yang sama, lembaga tersebut juga menyebut bahwa jumlah karyawan yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) sepanjang September mencapai 1,51 juta individu, turun 165.000 dibanding Agustus. Angka tersebut sekaligus menjadi yang terendah sejak Desember 2022.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1