Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 27 September 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 27 September 2023

27 Sep 2023, 6:42 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 27 September 2023

Selamat siang, Sobat Cuan! Saham Amazon gugur sementara Apple bela Google di persidangan, semua terangkum di Daily News berikut!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Tesla Disebut Bakal Rakit Mobil dengan Teknologi Super Canggih

  • Media China Shanghai Securities News kemarin mengabarkan bahwa produsen mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) akan meningkatkan kualitas proses manufaktur unit-unit kendaraanya. Dalam upgrade tersebut, Tesla dikabarkan akan memperbaiki metode produksi gigacasting miliknya sehingga mampu “mencetak” bodi bagian bawah mobil dalam satu kali proses saja.
  • Hanya saja, media tersebut tidak menyebut kapan dan di mana perbaikan proses produksi tersebut akan berlangsung. Selain itu, Tesla juga belum memberikan konfirmasi kabar yang dimaksud.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 September 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 6,3 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka US$ 267,98 dengan potensi kenaikan sebesar 9,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

2. Dituduh Lakukan Monopoli, Saham Amazon Rontok

  • Nilai saham jawara belanja daring Amazon.com ($AMZN) tumbang 4,03% pada penutupan perdagangan kemarin setelah komisi pengawas persaingan usaha AS (FTC) menggugat hukum perusahaan lantaran dianggap telah melakukan praktik usaha monopoli dan tidak adil di industri belanja daring AS.
  • Dalam siaran persnya kemarin, FTC menuduh Amazon telah melakukan “praktik-praktik bisnis tertentu” sehingga menghalangi pertumbuhan bisnis para pemain baru atau kompetitor perusahaan di industri belanja daring. 
  • FTC menyebut salah satu bentuk praktik “culas” itu adalah penerapan kebijakan harga Amazon yang terlalu “miring” sehingga membuat pesaing-pesaingnya kesusahan untuk menurunkan harga jual produknya. Akibatnya, lembaga tersebut pun menuduh Amazon telah melakukan tindakan “ilegal” dalam mempertahankan statusnya sebagai raja e-commerce AS.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 September 2023, AMZN telah diperdagangkan pada level 32,2 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 14,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMZN di angka US$ 173,23 dengan potensi kenaikan sebesar 37,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMZN di Sini!

3. Apple ‘Pasang Badan’ untuk Google di Perkara Hukum Praktik Bisnis 'Licik'

  • Petinggi raksasa teknologi Apple Inc. ($AAPL) membela Google dalam sebuah persidangan terkait gugatan praktik persaingan usaha tidak sehat yang dilayangkan Departemen Kehakiman AS kepada Google kemarin.
  • Dalam gugatannya, Departemen Kehakiman AS menuduh Google telah “membayar” Apple untuk menjadikan mesin pencari Google sebagai mesin pencari bawaan (default) ketika para penggunanya menggunakan mesin peramban di seluruh gawai Apple. Akibatnya, lembaga tersebut menilai Google telah melakukan praktik licik untuk mempertahankan posisinya sebagai penguasa bisnis mesin pencarian.
  • Namun, dalam keterangannya di persidangan kemarin, Senior Vice President of Service Apple Eddy Cue justru membela Google. Menurutnya, Apple “wajar-wajar saja” menggunakan mesin pencari Google sebagai mesin pencari default karena Google memang menyediakan layanan internet paling unggul di dunia.

Valuasi & Insight ($AAPL) :

Berdasarkan harga penutupan 26 September 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 26,1 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 15,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka US$ 201,99 dengan potensi kenaikan sebesar 17,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

Valuasi & Insight ($GOOG) :

Berdasarkan harga penutupan 26 September 2023, GOOG telah diperdagangkan pada level 19,2 x PE-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 19,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GOOG di angka US$ 149,33 dengan potensi kenaikan sebesar 15,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

4. Pentolan Kripto Dukung Coinbase Lobi Legislatif AS

  • Sejumlah wirausahawan kripto dikabarkan berbondong-bondong datang ke Washington DC, AS, demi menyokong platform exchange kripto Coinbase ($COIN) dalam melobi dewan legislatif AS untuk menyusun undang-undang yang memberikan kepastian hukum jelas bagi produk aset digital.
  • Rencananya, Coinbase dan sejumlah pentolan industri kripto tersebut akan menyambangi komisi jasa keuangan dan agrikultur dewan legislatif AS agar aturan hukum tersebut dapat menyokong perkembangan industri kripto ke depan.
  • Sementara itu, untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai potensi industri kripto, Coinbase juga akan menghelat acara Stand With Crypto pada hari ini di Washington DC. Acara itu digelar bertepatan dengan rapat dengar pendapat antara dewan legislatif AS dan ketua pengawas pasar modal AS (SEC) Gary Gensler, yang belakangan menuai kontroversi setelah menyebut bahwa industri kripto dipenuhi oleh scam, skema ponzi, dan kecurangan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 26 September 2023, COIN telah diperdagangkan pada level 5,28 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 7,72 x. Konsensus memberikan fair value harga saham COIN di angka US$ 88,48 dengan potensi kenaikan sebesar 25,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham COIN di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1