Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 20 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 20 November 2023

20 Nov 2023, 3:39 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 20 November 2023

Qualcomm rilis chipset baru hingga mantan CEO OpenAI diminta balik lagi, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Qualcomm Rilis Chipset Ponsel yang Diklaim Anti ‘Ngadat’

  • Produsen chip semikonduktor Qualcomm ($QCOM) memperkenalkan chipset bagi ponsel pintar kelas menengah terbarunya bernama Snapdragon 7 Gen 3. 
  • Secara lebih rinci, chipset terbaru ini memiliki kemampuan pemrosesan data 15% lebih cepat dibanding dua seri sebelumnya, Snapdragon 7 Gen 1.
  • Di samping itu, chipset ini pun memiliki efisiensi daya sebesar 50% dibanding seri sebelumnya sehingga bisa mengurangi beban baterai ponsel pintar.
  • Tak ketinggalan, Snapdragon 7 Gen 3 juga dilengkapi dengan fitur gaming yakni Super Resolution, di mana pengguna bisa bermain game dengan grafis yang kinclong namun tetap anti ngadat.

Valuasi & Insight:
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, QCOM telah diperdagangkan pada level 13,7x PE-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 19,4x. Konsensus memberikan fair value harga saham QCOM di angka $139,68 dengan potensi kenaikan sebesar 7,9% dalam setahun kedepan.

Beli Saham QCOM di Sini!

2. Nvidia Disebut Akan Luncurkan GPU Baru

  • Produsen chip semikonduktor Nvidia Corporation ($NVDA) disebutkan akan segera merilis “kartu grafis” atau Graphic Processing Unit (GPU) terbarunya bernama GeForce RTX 50 Blackwell Series. 
  • Menurut rumor yang beredar, GPU anyar ini akan memanfaatkan noda terbaru milik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) bernama 3nm.
  • Selain itu, rumor yang sama menyebut bahwa GPU tersebut juga memiliki performa 15% lebih cepat dan memiliki tingkat konsumsi daya 30% lebih rendah dari versi sebelumnya, GeForce RTX 40 Series.

Valuasi & Insight:
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, NVDA telah diperdagangkan pada level 30,7x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 24,6x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka $648,5 dengan potensi kenaikan sebesar 31,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NVDA di Sini!

3. Meta Bubarkan Divisi Keamanan Teknologi AI

  • Konglomerasi media sosial Meta Platforms ($META) telah membubarkan divisi Responsible AI, yakni sebuah tim yang bertanggung jawab atas keamanan inovasi-inovasi berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diciptakan perusahaan.
  • Sampai sejauh ini, Meta belum membeberkan alasan pembubaran tersebut. Namun, spekulasi mengatakan bahwa keputusan itu terkait dengan upaya efisiensi yang memang tengah dijalankan Meta sepanjang tahun ini.
  • Usai pembubaran itu, sebagian besar anggota tim Responsible AI dipindahkan ke divisi Generative AI, yakni sebuah tim di bawah naungan Meta yang berfokus pada pengembangan dan penciptaan produk-produk berbasis teknologi AI generatif.

Valuasi & Insight:
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, META telah diperdagangkan pada level 5,6x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 4,1x. Konsensus memberikan fair value harga saham META di angka $374,36 dengan potensi kenaikan sebesar 11,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham Meta di Sini!

4. Investor Disebut Berniat Boyong Kembali Mantan CEO ke OpenAI

  • Perusahaan pengembang teknologi AI OpenAI telah memecat sang pendiri, Sam Altman, dari jabatan CEO perusahaan pada pekan lalu. Namun, menurut seorang sumber kepada CNBC kemarin, sejumlah investor OpenAI malah mendesak perusahaan untuk memboyong kembali Altman ke kursi CEO.
  • Sumber tersebut mengatakan, investor yang kekeh ingin membawa balik Altman adalah Microsoft ($MSFT), Tiger Global, dan firma modal ventura Thrive Capital. Bahkan, salah satu firma modal ventura di balik OpenAI Sequoia Capital disebut siap untuk bergandeng tangan dengan Microsoft untuk mengembalikan Altman ke posisi CEO.
  • Sekadar informasi, dewan direksi OpenAI pada Jumat (17/11) menggulingkan Altman dari kursi CEO setelah dianggap tidak bersifat “terbuka dalam berkomunikasi dengan dewan direksi”. Perusahaan pun kemudian menunjuk sang CTO Mira Murati sebagai CEO sementara OpenAI.

Valuasi & Insight:
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, MSFT telah diperdagangkan pada level 31x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 25,6x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka $407,38 dengan potensi kenaikan sebesar 10,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MSFT di Sini!

5. WisdomTree Gandeng Coinbase jadi Kustodian Bitcoin ETF

  • Lembaga manajemen aset WisdomTree pada Jumat (17/11) mengatakan telah menggandeng platform exchange Coinbase ($COIN) sebagai mitranya dalam menerbitkan produk Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin (BTC) spot.
  • Dalam dokumen revisi pendaftaran izin ETF BTC spot yang disampaikannya ke otoritas pasar modal AS (SEC) kemarin, WisdomTree menggandeng Coinbase sebagai lembaga kustodian bagi produk ETF BTC spot miliknya.
  • Dalam hal ini, Coinbase akan menjadi lembaga penyimpan aset-aset digital yang menjadi penjamin bagi produk investasi tersebut.
  • Ini bukanlah kali pertama Coinbase ditunjuk sebagai mitra kustodian bagi produk ETF BTC Spot. Sebelumnya, lembaga manajemen investasi seperti Fidelity, VanEck, 21Shares, Valkyrie, dan Invesco  juga mencantumkan nama Coinbase sebagai lembaga penyimpan aset digital penjamin produk ETF BTC yang bakal dirilis masing-masing perusahaan.
  • Rencananya, SEC akan mengumumkan persetujuan izin produk ETF BTC Spot pada Januari mendatang.

Valuasi & Insight:
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, COIN telah diperdagangkan pada level 4x PBV-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 3,6x. Konsensus memberikan fair value harga saham COIN di angka $84,12 dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham Coinbase di Sini!

6. Serikat Pekerja Ford dan Stellantis Sepakati Paket Kontrak Kerja Baru

  • United Auto Workers (UAW), sebuah organisasi yang mewadahi serikat pekerja Ford ($F), General Motor ($GM), dan Stellantis, disebut akan mengakhiri aksi mogok kerja yang dilakukannya sejak pertengahan September lalu.
  • Pasalnya, sebagian besar anggota UAW yang berasal dari Ford dan Stellantis memutuskan menyetujui paket kontrak kerja baru, yang sebelumnya sudah disepakati sencara tentatif oleh UAW dan ketiga produsen otomotif tersebut. 
  • Persetujuan itu dikukuhkan dalam pemungutan suara final yang dilakukan oleh pekerja Ford dan Stellantis pada Sabtu (18/11). Dalam pemungutan suara itu, sebanyak 69% dari anggota UAW di Ford dan Stellantis menyetujui kontrak kerja terbaru tersebut. Dengan demikian, paket baru itu akan segera diratifikasi sesegera mungkin.
  • Kendati demikian, anggota UAW yang berasal dari GM belum mempublikasikan pemungutan suara finalnya. Adapun per Kamis (16/11), sebanyak 55% dari pekerja GM telah menyepakati tawaran kontrak yang dimaksud.
  • Asal tahu saja, serikat pekerja di bawah UAW melakukan mogok kerja sejak 15 September 2023 lantaran tuntutannya terkait perbaikan upah dan kondisi kerja tidak kunjung direstui oleh Ford, GM, dan Stellantis.
  • Untuk mengakhir mogok kerja tersebut, ketiga perusahaan pun menyodorkan paket kontrak kerja baru, yang kemudian disepakati secara tentatif oleh UAW. Adapun poin-poin kesepakatan itu mencakup kenaikan upah sebesar 25% dan komitmen untuk menerima penghasilan yang harus disesuaikan dengan perubahan biaya hidup.
  • Namun, kesepakatan tentatif itu baru bisa berlaku secara efektif jika mayoritas anggota UAW menyetujuinya melalui proses pemungutan suara.

Valuasi & Insight (GM):
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, GM telah diperdagangkan pada level 0,2x EV/Revenuenya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,8x. Konsensus memberikan fair value harga saham GM di angka $43,93 dengan potensi kenaikan sebesar 56,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GM di Sini!

Valuasi & Insight (F)
Berdasarkan harga penutupan 17 November 2023, F telah diperdagangkan pada level 0,2x EV/Revenuenya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,8x. Konsensus memberikan fair value harga saham F di angka $13,4 dengan potensi kenaikan sebesar 30,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham Ford di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1