Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 19 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 19 Oktober 2023

19 Oct 2023, 6:31 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 19 Oktober 2023

Netflix gaet 9 juta subscribers baru hingga Nvidia jalin kerja sama dengan Foxconn, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Foxconn Gandeng Nvidia Bangun Fasilitas Data AI

  • Perusahaan manufaktur asal Taiwan Foxconn mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas data teknologi kecerdasan buatan (AI) bersama produsen chip Nvidia ($NVDA). Pengumuman itu disampaikan langsung oleh kepala direksi Foxconn Young Liu dan CEO Nvidia Jensen Huang di Taiwan, kemarin.
  • Keduanya mengatakan, fasilitas baru tersebut rencananya akan dimotori oleh chip-chip canggih milik Nvidia sehingga Foxconn nantinya bisa lebih mudah mengintegrasikan teknologi AI ke dalam proses perakitan mobil listrik yang dilakukannya.
  • Foxconn berharap, kerja sama ini dapat memperkuat posisi perusahaan sebagai pemain utama perakitan mobil listrik global.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 Oktober 2023, NVDA telah diperdagangkan pada level 27,5 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 22,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka $651,67 dengan potensi kenaikan sebesar 54,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NVDA di Sini!

2. Berkat Paket Nonton Hemat, Pelanggan Netflix Tumbuh 9 Juta Kuartal Lalu

  • Platform hiburan digital Netflix ($NFLX) kemarin mengumumkan telah sukses menambah 9 juta pelanggan sepanjang kuartal III 2023. Dengan demikian, jumlah pengguna Netflix per akhir September 2023 telah mencapai 247 juta pelanggan di seluruh dunia.
  • Selain berhasil menggaet tambahan pelanggan, Netflix juga berhasil mengumpulkan pendapatan US$8,5 miliar di triwulan lalu atau tumbuh 8% dari periode yang sama tahun sebelumnya.
  • Dalam suratnya kepada pemegang saham kemarin, Netflix mengutarakan bahwa triwulan lalu sejatinya adalah salah satu periode yang cukup “menantang” bagi perusahaan gara-gara minimnya perilisan film dan seri terbaru menyusul aksi mogok kerja yang dilakukan pekerja Hollywood.
  • Kendati demikian, perusahaan tetap berhasil menambah jumlah pengguna berkat ekspansi Netflix di pasar-pasar baru dan kehadiran paket “nonton murah” yang dilempar perusahaan ke pasaran sejak awal tahun lalu. 
  • Sekadar informasi, di dalam paket hemat tersebut, pelanggan bisa menikmati ragam konten Netflix hanya dengan membayar US$6,99 per bulan, lebih rendah dari paket langganan standar US$9,99 per bulan. Kendati demikian, pengguna paket hemat nantinya akan mendapatkan tayangan iklan sebelum benar-benar menonton konten yang dipilihnya.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 Oktober 2023, NFLX telah diperdagangkan pada level 17,7 x EV/EBITDA-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 9,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NFLX di angka $461,36 dengan potensi kenaikan sebesar 33,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NFLX di Sini!

3. Timbul Ledakan di Dekat Pabriknya, Toyota Setop Proses Produksi

  • Produsen otomotif Toyota Motor Corp. ($TM) dikabarkan telah menghentikan sebagian proses produksinya di Jepang untuk sementara waktu sejak kemarin. Kendati demikian, proses produksi itu diharapkan akan kembali berlanjut pada akhir pekan ini.
  • Secara lebih rinci, seperti dilaporkan surat kabar Jepang Mainichi, Toyota disebut telah menonaktifkan 11 rangkaian proses manufakturnya (production lines) di fasilitas produksinya di prefektur Aichi dan sejumlah prefektur sekitarnya sejak kemarin. 
  • Perusahaan melakukan aksi tersebut setelah timbul ledakan di pabrik lain yang berlokasi cukup dekat dengan fasilitas produksi milik Toyota di prefektur Aichi pada Senin (16/9).

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 18 Oktober 2023, TM telah diperdagangkan pada level 9,8 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 7,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TM di angka $181,68 dengan potensi kenaikan sebesar 3,2% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TM di Sini!

4. Pasarkan Obat COVID-19 ke Warga AS, Pfizer Patok Harga US$1.390

  • Perusahaan farmasi Pfizer Inc. ($PFI) kemarin mengumumkan bakal menjual pil obat COVID-19 bernama Paxlovid ke publik dengan harga US$1.390 untuk dosis selama lima hari. Harga tersebut terbilang dua kali lipat lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan Pfizer ke pemerintah AS selama pandemi.
  • Sekadar informasi, perusahaan akhirnya bisa menjual obat tersebut ke publik setelah pemerintah AS pada Senin (16/9) mencabut embargo penjualan Paxlovid ke perusahaan asuransi dan layanan kesehatan swasta AS.
  • Di samping itu, di hari yang sama, AS juga memperbolehkan Pfizer untuk menarik stok Paxlovid yang tidak terpakai dari gudang inventori pemerintah AS untuk kemudian dijual kembali secara umum.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 Oktober 2023, PFE telah diperdagangkan pada level 10,3 x PE-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 18,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham PFE di angka $40,96 dengan potensi kenaikan sebesar 30,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham PFE di Sini!

5. Dituduh Rugikan Investor, Nikola ‘Dihajar’ Gugatan Hukum

  • Sejumlah pemegang saham produsen mobil listrik Nikola Corp. ($NKLA) kemarin mengatakan telah mengajukan gugatan class action terhadap Nikola di pengadilan distrik Arizona, AS.
  • Gugatan itu diajukan setelah sekelompok investor tersebut mengaku menanggung rugi yang cukup banyak akibat terjunnya harga saham Nikola di Juni, Agustus, dan September. 
  • Mereka mengatakan, harga saham Nikola pada periode-periode tersebut ambyar dalam semalam setelah perusahaan dianggap memberikan pernyataan “tidak jujur” dalam merespons beberapa insiden yang menyangkut Nikola dalam beberapa bulan terakhir.
  • Sebagai contoh, dalam gugatannya, salah satu penggugat John Tennneson mengingat bahwa salah satu unit truk Nikola sempat terbakar pada Juni lalu. Merespons hal tersebut, Nikola mengatakan bahwa insiden tersebut bukan terjadi akibat kecacatan komponen truk melainkan karena tindakan kriminal yang dilakukan pihak tak bertanggung jawab.
  • Hanya saja, Tenneson kemudian menemukan bahwa Nikola kembali menyalahkan pihak lain ketika pabrik komponen baterainya terbakar pada Agustus. Pernyataan-pernyataan tersebut, ujar Tenneson, dianggap cukup mencurigakan dan pada akhirnya menjadi katalis negatif bagi pergerakan harga saham Nikola.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 Oktober 2023, NKLA telah diperdagangkan pada level 3,7 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,2 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NKLA di angka $2,7  dengan potensi kenaikan sebesar 162,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NKLA di Sini!

6. Barbie dan Oppenheimer Disebut Jadi Motor Pendapatan AMC Triwulan Lalu

  • Lembaga investment bank Roth MKM mengerek target pendapatan jaringan bioskop AMC Entertainment ($AMC) di kuartal III 2023 dari sebelumnya US$1,209 miliar menjadi US$1,3 miliar.
  • Tak ketinggalan, lembaga itu juga meramal bahwa laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) perusahaan di triwulan lalu bakal tumbuh 35% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
  • Dalam catatannya kepada investor kemarin, analis Roth MKM Eric Handler mengatakan, optimisme itu muncul setelah AMC sepertinya bakal ketiban “durian runtuh” dari tingginya penjualan tiket film box office Oppenheimer dan Barbie yang ditayangkan pada pertengahan triwulan III 2023.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 Oktober 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,3 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka $10,75 dengan potensi kenaikan sebesar 17,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMC di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1