Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 17 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 17 November 2023

17 Nov 2023, 6:10 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 17 November 2023

Barista Starbucks protes kondisi kerja kurang baik hingga Google rilis inovasi baru, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Barista Starbucks Adukan Dugaan Praktik Kerja Tidak Adil ke Pemda New York

  • Pekerja jaringan gerai kopi Starbucks ($SBUX) di kota New York, AS, mengatakan telah mengadukan 32 keluhan ke pemerintah daerah setempat setelah Starbucks diduga melanggar beberapa aturan ketenagakerjaan daerah.
  • Menurut para pekerja, regulasi ketenagakerjaan di kota tersebut mewajibkan setiap badan usaha untuk memberikan jadwal kerja yang jelas, menyediakan uang lembur bagi mereka yang bekerja tidak sesuai jadwal semestinya, dan memberitahu pekerja minimal 14 hari sebelumnya jika terdapat perubahan jadwal kerja. Sayangnya, menurut mereka, Starbucks tidak pernah mengindahkan aturan-aturan tersebut.
  • Ini bukanlah pertama kalinya para pekerja Starbucks mengajukan keluhan ke otoritas setempat. Para barista gerai kopi tersebut sejatinya telah mengirimkan aduan terkait kondisi kerja kurang layak sebanyak 90 kali ke pemerintah daerah New York sejak Februari 2023.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 16 November 2023, SBUX telah diperdagangkan pada level 25,4x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 18,4x. Konsensus memberikan fair value harga saham SBUX di angka $111,68 dengan potensi kenaikan sebesar 4,2% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham SBUX di Sini!

2. Eli Lily Disebut Bakal Bangun Pabrik di Jerman Senilai 2 Miliar Euro

  • Perusahaan farmasi Eli Lilly ($LLY) disebut berencana untuk membangun fasilitas produksi baru dengan nilai digadang-gadang mencapai 2 miliar Euro di Jerman Barat.
  • Menurut sejumlah sumber kepada Reuters, investasi ini merupakan respons perusahaan atas desakan dari sejumlah otoritas yang meminta pelaku sektor farmasi untuk memproduksi produk-produk kesehatan krusial di dekat target pasarnya.
  • Sumber tersebut juga mengatakan, fasilitas baru itu diharapkan bisa menyerap 1.000 tenaga kerja baru dan akan didanai sepenuhnya menggunakan kas perusahaan. Hanya saja, Eli Lily hingga saat ini enggan mengonfirmasi kabar tersebut.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 16 November 2023, LLY telah diperdagangkan pada level 50,3x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 17,9x. Konsensus memberikan fair value harga saham LLY di angka $622,04 dengan potensi kenaikan sebesar 5,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham LLY di Sini!

3. BlackRock Gaet US$1 Miliar demi Danai Proyek-proyek ‘Hijau’

  • Lembaga manajemen investasi BlackRock ($BLK) kemarin mengumumkan telah berhasil menghimpun dana segar sebanyak hampir US$1 miliar. 
  • Dana tersebut rencananya bakal dialokasikan ke dalam sebuah wadah dana investasi bernama Evergreen Infrastructure Fund, yakni himpunan dana yang bisa digunakan BlackRock untuk berinvestasi di proyek-proyek transisi energi di Eropa dan Amerika Utara.
  • Adapun beberapa investor institusi yang berpartisipasi di penggalangan dana tersebut terdiri dari bank Italia Intesa Sanpaolo dan perusahaan pengelola dana pensiun Italia Inarcassa.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 16 November 2023, BLK telah diperdagangkan pada level 19x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 11x. Konsensus memberikan fair value harga saham BLK di angka $759,6 dengan potensi kenaikan sebesar 6,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham BLK di Sini!

4. Google Rilis Versi Anyar Titan Security Keys

  • Raksasa teknologi anak usaha Alphabet Inc. ($GOOG), Google, mengumumkan telah merilis versi terbaru dari perangkat keamanan siber miliknya, Titan Security Keys dalam perhelatan Aspen Cyber Summit, Rabu (15/11).
  • Apabila ditilik secara lebih detail, tampilan Titan Security Keys versi baru ini tidak berbeda seperti versi-versi sebelumnya. Namun, perangkat anyar ini memiliki kapasitas penyimpanan 250 Passkey, lebih banyak dari versi sebelumnya. Asal tahu saja, Passkey adalah metode login baru pengganti kata sandi, di mana pengguna hanya tinggal memasukan email atau username ke sebuah akun dan mengonfirmasinya menggunakan perangkat yang sudah didaftarkan.
  • Di samping itu, Titan Security Keys versi teranyar ini juga bisa disambungkan ke komputer melalui tipe colokan USB-C dan USB-A.
  • Titan Security Keys saat ini sudah tersedia di Google Store mulai dari US$30 per unitnya.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 16 November 2023, GOOG telah diperdagangkan pada level 5,8x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 2,4x. Konsensus memberikan fair value harga saham GOOF di angka $152,7 dengan potensi kenaikan sebesar 10,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

5. Gara-gara Kebijakan AS, Alibaba Urungkan Niat ‘Spinoff’ Anak Usaha

  • Raja teknologi China Alibaba ($BABA) kemarin mengumumkan telah mengurungkan niat untuk melakukan pemisahan usaha (spin-off) terhadap unit bisnis komputasi awan (cloud) miliknya.
  • Keputusan ini diambil perusahaan setelah merasa khawatir bahwa pasokan chip-chip canggih ke China, yang utamanya ditujukan untuk pemrosesan data cloud, akan semakin menyusut seiring timbulnya kebijakan pengetatan ekspor chip dari AS ke China.
  • Sekadar informasi, spinoff tersebut tadinya adalah salah satu upaya Alibaba untuk merestrukturisasi organisasi perusahaannya. Dalam restrukturisasi tersebut, Alibaba berniat untuk “memecah diri” menjadi enam perusahaan dan akan menawarkan sebagian saham-saham dari enam perusahaan tersebut ke publik.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 16 November 2023, BABA telah diperdagangkan pada level 1x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 1,5x. Konsensus memberikan fair value harga saham BABA di angka $79,11 dengan potensi kenaikan sebesar 62,6% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham BABA di Sini!

6. CEO Walmart Sebut AS Berpotensi Masuk Fase Deflasi

  • CEO jaringan ritel AS Walmart Doug McMillon mengatakan, AS kemungkinan akan memasuki fase deflasi setelah mengalami inflasi “kronis” dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Ia beralasan, deflasi bisa saja terjadi karena harga-harga pangan pokok seperti telur ayam, daging ayam, dan daging ikan tengah melandai.
  • “AS mungkin akan mengalami periode deflasi dalam beberapa bulan mendatang. Hal itu mungkin bisa menjadi tekanan bagi (kinerja keuangan) kami, tapi kami menyambutnya dengan baik karena hal itu (penurunan harga-harga barang) akan berdampak baik bagi pelanggan kami,” ujar McMillon.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 16 November 2023, WMT telah diperdagangkan pada level 22,3x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 20,8x. Konsensus memberikan fair value harga saham WMT di angka $178,93 dengan potensi kenaikan sebesar 14,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham WMT di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1