Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 16 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 16 Oktober 2023

16 Oct 2023, 6:34 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 16 Oktober 2023

Apple disebut bakal rilis iPad baru hingga Microsoft akhirnya resmi akuisisi Activision Blizzard, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Citigroup Pecat 2.000 Karyawan Sepanjang Kuartal III 2023

  • Lembaga keuangan Citigroup Inc. ($C) dalam perhelatan Earnings Call Jumat (13/10) mengatakan mengaku telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 2.000 karyawannya sepanjang kuartal III 2023.
  • Dengan demikian, total karyawan yang telah dipecat perusahaan mencapai 7.000 pegawai sepanjang sembilan bulan pertama di 2023 dengan beban pesangon mencapai US$650 juta.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, C telah diperdagangkan pada level 0,4 x PBV-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 0,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham C di angka US$51,36 dengan potensi kenaikan sebesar 24% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham C di Sini!

2. Dapat Restu dari Inggris, Microsoft Rampungkan Akuisisi Activision Blizzard

  • Raksasa teknologi Microsoft ($MSFT) akhirnya melakukan finalisasi transaksi atas akuisisinya terhadap produsen video game Activision Blizzard setelah mendapat lampu hijau dari lembaga persaingan usaha Inggris pada Jumat (13/4). 
  • Hal itu diketahui dari keterbukaan yang dikirimkan perusahaan ke lembaga pengawas pasar modal AS (SEC) di hari yang sama.
  • Asal tahu saja, Microsoft sebelumnya mencaplok Activision Blizzard pada 18 Januari 2022 sebesar US$69 miliar, yang sekaligus menjadi akusisi dengan nilai terbesar yang pernah dilakukan perusahaan sepanjang sejarah.
  • Hanya saja, akuisisi tersebut sempat mendapat tentangan dari lembaga persaingan usaha AS dan Inggris lantaran dianggap dapat menciptakan persaingan usaha tidak sehat di industri video game.
  • Akibatnya, Microsoft pun terpaksa menunda finalisasi transaksi akuisisi tersebut dari jadwal semula Juni 2023 menjadi Oktober 2023.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, MSFT telah diperdagangkan pada level 28,5 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 25,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka US$396,17 dengan potensi kenaikan sebesar 20,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MSFT di Sini!

3. Apple Disebut Bakal Rilis iPad Seri Terbaru Pekan Ini

  • Perusahaan teknologi Apple Inc. ($AAPL) dikabarkan akan merilis serangkaian model tablet iPad terbaru pada Selasa (17/10).
  • Menurut beberapa sumber kepada 9to5mac, Apple disebut bakal meluncurkan seri baru iPad, iPad mini, dan iPad Air dengan desain dan piranti keras yang berbeda dari seri-seri sebelumnya. 
  • iPad Air, misalnya, rencananya akan menggunakan chip M2 yang dianggap lebih efisien dalam pemrosesan data dibanding chip yang digunakan iPad Air seri sebelumnya, yakni chip M1.
  • Sementara itu, iPad mini terbaru rencananya akan ditenagai oleh chip A16 Bionic yang disebut memiliki performa lebih baik dari chip di iPad mini sebelumnya, chip A15 Bionic.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 27 x PE-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 16 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka US$201,49 dengan potensi kenaikan sebesar 12,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

4. Netflix Niat Bangun Tempat Hiburan Bernama Netflix House

  • Perusahaan streaming dan hiburan Netflix Inc. ($NFLX) pada Jumat (13/10) menyebut bakal melakukan diversifikasi bisnis dengan membuka Netflix House, yakni sebuah tempat di mana pengunjungnya bisa berbelanja, menyicip sajian, dan merasakan pengalaman yang seluruhnya bertema acara-acara ngetop Netflix.
  • Netflix menyebut akan membuka tempat yang mengusung konsep perpaduan antara ritel, restoran, dan pengalaman tersebut di dua kota di AS pada 2025. Hanya saja, perusahaan tidak membeberkan dua lokasi tersebut secara detail.
  • Lebih lanjut, Netflix juga berencana membuka beberapa cabang Netflix House di belahan dunia lain setelah merealisasikan beberapa Netflix House di AS.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, NFLX telah diperdagangkan pada level 18,5x EV/EBITDA-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 9,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NFLX di angka US$462,67 dengan potensi kenaikan sebesar 30,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NFLX di Sini!

5. T-Mobile Paksa Pelanggan ‘Unlimited’ Pindah Paket Per November 

  • Perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi T-Mobile ($TMUS) mengatakan akan memindahkan penggunanya yang berlangganan ragam paket unlimited miliknya, yang terdiri dari paket One, Simple Choice, Magenta, dan Magenta 55 Plus, ke paket-paket terbaru milik T-Mobile pada pekan ini.
  • Rencananya, permintaan itu bakal diumumkan perusahaan ke pelanggan melalui email dan pesan singkat (SMS) yang rencananya dikirimkan Rabu (17/10). Dalam pengumuman tersebut, T-Mobile akan menyebut bahwa pergantian paket tersebut akan berlaku secara otomatis pada November disertai dengan penyesuaian tarif langganan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, TMUS telah diperdagangkan pada level 7,8 x EV/EBITDA-nya atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 8,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TMUS di angka US$175,49 dengan potensi kenaikan sebesar 23,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TMUS di Sini!

6. AS Tuntut eBay Karena Dianggap Jual Produk Ilegal

  • Departemen Kehakiman AS menggugat platform lokapasar eBay Inc. ($EBAY) secara hukum ke pengadilan Distrik East New York, AS, lantaran dianggap mendistribusikan barang-barang yang dilarang dalam tiga regulasi di Negara Paman Sam tersebut.
  • Dalam siaran persnya, lembaga tersebut menuduh eBay telah memfasilitasi penjualan 343.000 unit alat pengendali emisi kendaraan (Defeat Devices), sebuah produk yang dilarang beredar menurut aturan Clean Air Act.
  • Selain itu, eBay juga disebut telah membantu mendistribusikan 23.000 produk-produk pestisida yang tak berizin, yang dianggap menyalahi aturan Federal Insecticide, Fungicide and Rodenticide Act (FIFRA).
  • Terakhir, Departemen Kehakiman AS juga menuduh eBay membantu pemasaran 5.600 produk yang mengandung zat berbahay metilena klorida, sebuah unsur yang penjualannya dibatasi oleh aturan Toxic Substances Control Act (TSCA).

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, EBAY telah diperdagangkan pada level 2,5 x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham EBAY di angka US$49,7 dengan potensi kenaikan sebesar 18,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham EBAY di Sini!

7. Sony Disebut Tertarik Caplok Unit Usaha Disney di India

  • Divisi perfilman dari perusahaan multinasional Sony Group ($SONY), Sony Pictures Entertainment, dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan hiburan global Walt Disney untuk membeli unit usaha Disney di India.
  • Menurut beberapa sumber kepada The Mint, pembicaraan tersebut merupakan “rencana cadangan” Sony jika rencana akusisinya terhadap perusahaan hiburan India, Zee Entertainment, gagal terealisasi. Sumber-sumber tersebut mengatakan, Sony sebenarnya berminat mencaplok Zee Entertainment sejak hampir dua tahun lalu, namun rencana itu susah terwujud lantaran terhalang sejumlah hambatan.
  • Hanya saja, baik Disney maupun Sony masih belum memberikan konfirmasi mengenai kabar tersebut.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 13 Oktober 2023, DIS telah diperdagangkan pada level 10,9 x EV/EBITDA-nya atau mirip dengan rata-rata kompetitor di 11 x. Konsensus memberikan fair value harga saham DIS di angka US$107,45 dengan potensi kenaikan sebesar 27,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham DIS di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1