Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 15 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 15 November 2023

15 Nov 2023, 7:01 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 15 November 2023

Inflasi AS luntur pertama kali dalam empat bulan terakhir hingga Pfizer bakal PHK karyawan di Inggris, semua tersaji di Daily News.

Berita Pilihan Hari Ini

1. Akibat Penurunan Harga BBM, Inflasi AS Luntur Menjadi 3,2%

  • Departemen Ketenagakerjaan AS kemarin mengumumkan bahwa AS mengalami inflasi tahunan 3,2% di Oktober, melambat dari 3,7% sebulan sebelumnya. Data ini sekaligus menandai pelemahan inflasi AS untuk pertama kalinya dalam kurun empat bulan terakhir.
  • Realisasi inflasi tersebut juga lebih rendah dari estimasi ekonom, yakni 3,3%.
  • Lembaga tersebut menjelaskan, inflasi AS melandai setelah harga bahan bakar minyak (BBM) menurun pada bulan lalu.

2. Chevron Timbang-timbang Jual Lahan 28.000 Hektare di Texas

  • Perusahaan migas Chevron Corp ($CVX) kemarin dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menjual asetnya berupa lahan seluas 28.327 hektare (ha) yang dimilikinya di lapangan minyak serpih Haynesville di bagian timur negara bagian Texas, AS.
  • Menurut seorang sumber kepada Reuters, pertimbangan itu muncul setelah Chevron menunda aktivitas pengembangannya di lapangan tersebut. Kendati begitu, perusahaan juga disebutnya tengah mengkaji opsi-opsi lain untuk memonetisasi lahan tersebut selain melalui penjualan.
  • Seorang juru bicara Chevron kemudian mengonfirmasi bahwa perusahaan memang tengah mengevaluasi “berbagai peluang yang ada” demi mengembangkan aset tersebut. Hanya saja, ia menolak berkomentar lebih jauh terkait hal itu.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, CVX telah diperdagangkan pada level 5,3x EV/EBITDA-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 4,9x. Konsensus memberikan fair value harga saham CVX di angka $178,49 dengan potensi kenaikan sebesar 23,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham CVX di Sini!

3. Pfizer Bakal PHK 500 Pekerjanya di Inggris

  • Perusahaan farmasi Pfizer ($PFE) kemarin mengatakan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 500 dari 940 pegawainya yang bekerja di fasilitas laboratorium Discovery Park, kota Sandwich, Inggris.
  • Pfizer mengatakan, pemecatan itu sejatinya merupakan salah satu upaya perusahaan dalam memangkas anggaran sebesar US$3,5 miliar. Kendati “membuang” lebih dari separuh pekerjanya, Pfizer tetap berkomitmen untuk tidak menutup operasi di fasilitas tersebut.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, PFE telah diperdagangkan pada level 10x PE-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 18,1x. Konsensus memberikan fair value harga saham PFE di angka $39,8 dengan potensi kenaikan sebesar 36% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham PFE di Sini!

4. Serikat Pekerja Putuskan Tawaran Paket Upah Baru dari GM dan Ford Hari Ini

  • Serikat pekerja Ford ($F) dan General Motor ($GM) yang tergabung di bawah naungan organisasi The United Auto Workers (UAW) dikabarkan akan mengambil keputusan untuk menerima atau menolak proposal perbaikan upah dan kondisi kerja yang ditawarkan kedua produsen otomotif tersebut pada hari ini.
  • Hanya saja, sejauh ini, tidak seluruh pekerja mengaku puas dengan kesepakatan kerja baru yang diajukan GM dan Ford. 
  • Sebagai gambaran, menurut situs pelacak pemungutan suara UAW, sebanyak lebih dari 50% pekerja di tiga pabrik terbesar milik GM enggan menerima paket kontrak kerja baru yang ditawarkan perusahaan. Sementara itu, sebanyak 54,5% anggota serikat pekerja di pabrik terbesar Ford di negara bagian Kentucky, AS, juga ikut menolak proposal yang diajukan perusahaan.
  • Menurut beberapa anggota UAW kepada CNBC, hujan penolakan itu disebabkan oleh beberapa alasan. Sebagai contoh, pekerja loyal kedua perusahaan tersebut merasa tidak diuntungkan dengan paket kontrak kerja baru itu. Tak ketinggalan, sejumlah pekerja juga merasa bahwa kata-kata dan kalimat yang digunakan Ford dan GM di dalam proposal tersebut bersifat ambigu.
  • Asal tahu saja, tiga produsen otomotif AS yakni GM, Ford, dan Stellantis terjebak dalam drama dengan serikat pekerjanya sejak 15 September 2023. Kala itu, serikat pekerja melakukan mogok kerja massal lantaran tuntutannya terkait perbaikan upah dan kondisi kerja tidak kunjung diamini oleh ketiga perusahaan tersebut.
  • Demi menghentikan aksi mogok kerja yang dimaksud, ketiga perusahaan pun akhirnya menawarkan usulan terkait perbaikan upah dan kondisi kerja bagi pekerjanya, yang kemudian disepakati secara tentatif dengan UAW. Adapun poin-poin kesepakatan itu mencakup kenaikan upah sebesar 25% dan komitmen untuk menerima penghasilan yang harus disesuaikan dengan perubahan biaya hidup.
  • Namun, kesepakatan tentatif tersebut baru bisa berlaku secara efektif jika disetujui oleh seluruh anggota UAW melalui pemungutan suara. Jika mayoritas anggota serikat pekerja sepakat dengan kontrak kerja baru tersebut, maka pekerja di tiga produsen otomotif tersebut resmi menerima skema pengupahan baru sesuai kesepakatan tentatif.

Valuasi & Insight ($GM):

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, GM telah diperdagangkan pada level 0,2x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,8x. Konsensus memberikan fair value harga saham GM di angka $43,93 dengan potensi kenaikan sebesar 55,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GM di Sini!

Valuasi & Insight ($F):

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, F telah diperdagangkan pada level 0,2x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,8x. Konsensus memberikan fair value harga saham F di angka $13,46 dengan potensi kenaikan sebesar 29,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham F di Sini!

5. CEO Google Ngaku ‘Kongkalingkong’ dengan Apple di Perkara Google Search

  • CEO Alphabet ($GOOG) Sundar Pichai kemarin mengaku bahwa perusahaannya telah membayar sejumlah uang bagi Apple demi menjadikan mesin pencari Google Search sebagai mesin pencari bawaan (default) di peramban Safari yang terdapat di gawai-gawai Apple. 
  • Hal itu disampaikannya dalam sebuah sesi persidangan persaingan usaha tidak sehat yang berlangsung kemarin.
  • Pada kesempatan tersebut, Pichai sejatinya tengah memberikan keterangan terkait gugatan persaingan usaha tidak sehat yang dilayangkan produsen game, Epic Games. Namun, ketika persidangan berlangsung, seorang saksi ahli secara tidak sengaja mengungkap bahwa Google membayar 36% pendapatannya dari Safari kepada Apple. Pembayaran itu adalah kompensasi Google kepada Apple lantaran telah menggunakan Google Search sebagai mesin pencari default di gawai-gawainya.
  • Tak berselang lama, tim kuasa hukum Epic Games lantas mengonfirmasi kebenaran keterangan tersebut kepada Pichai. Tak disangka, Pichai justru membenarkan informasi yang disampaikan saksi ahli tersebut.
  • Sekadar informasi, Google sebelumnya digugat secara hukum oleh Departemen Kehakiman AS karena dituduh telah memberikan “uang pelicin” bagi raksasa teknologi, seperti Apple dan Samsung, demi menjadikan Google Search sebagai mesin pencari default di dalam gawai-gawainya.
  • Lembaga tersebut mengatakan, aksi Google tersebut, jika benar-benar terbukti, hanya akan mencederai kondisi persaingan usaha di industri internet.

Valuasi & Insight ($GOOG):

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, GOOG telah diperdagangkan pada level 11,4x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 8,7x. Konsensus memberikan fair value harga saham GOOG di angka $152,6 dengan potensi kenaikan sebesar 12,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

Valuasi & Insight ($AAPL):

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 28,2x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 16,6x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka $197,16 dengan potensi kenaikan sebesar 5,2% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

6. Airbnb Disebut Caplok Perusahaan ‘Startup’ AI

  • Perusahaan penyedia akomodasi Airbnb ($ABNB) dikabarkan bakal mengakuisisi sebuah perusahaan rintisan yang berfokus di teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif bernama Gameplanner.AI dengan nilai di bawah US$200 juta.
  • Menurut seorang sumber kepada CNBC kemarin, peristiwa ini sekaligus menandai akuisisi Airbnb pertama sejak melantai di bursa saham 2019 silam. 
  • Kendati begitu, ia tidak merinci jenis manfaat yang bakal diterima Airbnb dari rencana akuisisi ini. Hanya saja, CEO Aibnb Brian Chesky sempat berujar bahwa ia ingin memanfaatkan teknologi AI generatif untuk memahami preferensi akomodasi yang dibutuhkan atau diinginkan oleh pengguna Airbnb.
  • Sekadar informasi, Gameplanner.AI adalah sebuah perusahaan rintisan yang jarang terekspos publik sejak berdiri 2020 silam. Perusahaan ini didirikan oleh Adam Cheyer, salah satu pencipta teknologi asisten virtual Apple bernama Siri.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 14 November 2023, ABNB telah diperdagangkan pada level 6,8x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 2,6x. Konsensus memberikan fair value harga saham ABNB di angka $136,01 dengan potensi kenaikan sebesar 7,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham ABNB di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1