Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 14 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 14 November 2023

14 Nov 2023, 2:59 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 14 November 2023

Nvidia perkenalkan dua chip baru dan Apple dirumorkan siap pasang AI di iPhone 16, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Boeing Optimistis Bisa Bukukan Banyak Pesanan di Dubai Airshow

  • CEO Boeing Commercial Airplanes, produsen pesawat komersial di bawah naungan Boeing Company ($BA), Stan Deal optimistis bahwa perusahaan bisa membukukan banyak pesanan pesawat terbang berbadan lebar (wide-body) pada pameran dirgantara Dubai Airshow di Uni Emirat Arab sepanjang pekan ini.
  • Kepada CNBC kemarin, Deal berharap bahwa transaksi yang terjadi sepanjang perhelatan tersebut diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan penjualan pesawat terbang wide-body yang terbilang positif sepanjang tahun ini. 
  • Ia menambahkan, Boeing memang kebanjiran pesanan pesawat terbang wide-body sepanjang 2023. Tren tersebut, menurutnya, cukup berbeda dibanding tahun lalu, di mana sebagian besar pesanan yang masuk ke perusahaan adalah pesawat terbang berbadan sempit (narrow-body).
  • Sebagai contoh, pada awal tahun ini, Boeing mendapatkan pesanan 39 pesawat terbang wide-body dengan tipe 787 Dreamliner dari maskapai asal Arab Saudi, Riyadh Air. Selain itu, perusahaan juga menerima pesanan sejumlah unit pesawat terbang tipe 777 dari maskapai Uni Emirat Arab, Emirates.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 13 November 2023, BA telah diperdagangkan pada level 73,3x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 17x. Konsensus memberikan fair value harga saham BA di angka $238,01 dengan potensi kenaikan sebesar 16,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham BA di Sini!

2. Apple Disebut Siap Pasang Teknologi AI di iPhone 16

  • Raksasa teknologi Apple Inc. ($AAPL) dikabarkan akan menawarkan sistem operasi ponsel pintar iPhone teranyar yang saat ini masih dikembangkannya bernama iOS 18 sebagai daya tarik utama dalam menjual seri iPhone terbarunya tahun depan, iPhone 16.
  • Menurut nawala Power On yang dipublikasikan Bloomberg pada Minggu (12/11), iOS 18 rencananya akan memungkinkan iPhone untuk mengoperasikan kemampuan berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI). 
  • Teknologi ini diharapkan bisa menyaingi dan menjegal dominasi pasar Pixel 8, yakni ponsel pintar berbasis AI yang baru-baru ini diluncurkan Google.
  • Bloomberg menambahkan, saat ini tim pengembang Apple sudah melanjutkan kembali pengembangan iOS 18 setelah sempat ditunda sementara waktu akibat maraknya permasalahan bug di sistem operasi iPhone terbaru saat ini, iOS 17.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 13 November 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 27,8x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 16,3x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka $196,8 dengan potensi kenaikan sebesar 6,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

3. Nvidia Perkenalkan Dua Chip AI Teranyar

  • Produsen chip semikonduktor Nvidia ($NVDA) kemarin memperkenalkan dua chip terbarunya yang bisa menyokong dan menciptakan aplikasi berbasis teknologi AI bernama HGX H200 dan H200 GPU.
  • Secara lebih rinci, chip HGX H200 memiliki kapasitas memori jumbo sehingga bisa menyimpan data yang membuncah bagi aplikasi-aplikasi AI generatif. 
  • Sementara itu, H200 GPU adalah Graphic Processing Unit (GPU) pertama yang menggunakan teknologi kapasitas memori bernama HBM3e. Implikasinya, chip ini bisa menyimpan data hingga 141 Gigabyte (GB) dan memiliki kecepatan pemrosesan data 4,8 Terabytes (TB) per detik, dua kali lipat lebih banyak dan cepat dibanding chip canggih Nvidia sebelumnya A100.
  • Lebih lanjut, Nvidia berharap bisa memulai pengiriman kedua chip terbaru ini pada kuartal II 2024 mendatang.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 13 November 2023, NVDA telah diperdagangkan pada level 30,7x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 23,3x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka $640,97 dengan potensi kenaikan sebesar 31,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NVDA di Sini!

4. Jaringan ‘Pom Bensin’ Inggris Akan Pasang Fasilitas Pengecasan Milik Tesla

  • Salah satu operator jaringan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Inggris EG Group kemarin mengumumkan akan memasang teknologi pengisian daya mobil listrik milik Tesla Inc. ($TSLA) di sejumlah properti kelolaannya.
  • EG Group menempuh keputusan ini lantaran ingin memperluas jaringan fasilitas pengecasan kendaraan listriknya di Eropa. Rencananya, EG Group akan memasang 20.000 unit teknologi pengisian daya kendaraan listrik di propertinya atau melonjak tajam dari posisi saat ini 600 unit.
  • EG Group juga berniat untuk memasang teknologi pengecasan kendaraan listrik Tesla mulai akhir tahun ini. Hanya saja, perusahaan tak menyebut jumlah dana yang dikucurkan demi pemasangan tersebut.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 13 November 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 58,7x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 11x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $240,51 dengan potensi kenaikan sebesar 7,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

5. Pekerja Ford di Kentucky Tolak Paket Kontrak Kerja Baru Usulan Ford

  • Serikat pekerja lokal yang mewakili 12.000 pekerja di dua fasilitas produksi Ford Motor Co ($F) di negara bagian Kentucky, AS, menolak kesepakatan tentatif terkait perbaikan upah dan kondisi kerja yang ditawarkan Ford ke pekerjanya beberapa waktu lalu.
  • Keputusan itu muncul setelah serikat pekerja melakukan pemungutan suara untuk menentukan apakah mereka akan menyetujui proposal Ford atau tidak.
  • Pemungutan suara tersebut diikuti oleh pekerja di dua fasilitas produksi Ford di Kentucky, yakni Kentucky Truck Plant dan Louisville Assembly, kemarin. Hanya saja, individu yang berpartisipasi di pemungutan suara itu tidak mencapai setengah dari total pekerja di dua fasilitas tersebut. Hasilnya, sebanyak 52% dari partisipan pemungutan suara menolak paket kontrak kerja baru yang ditawarkan Ford.
  • Asal tahu saja, polemik Ford dan pekerjanya dimulai pada pertengahan September lalu, di mana serikat pekerjanya memutuskan mogok kerja massal lantaran tuntutannya mengenai perbaikan upah, pensiun, dan kondisi kerja tidak kunjung diamini perusahaan.
  • Demi mengakhiri mogok kerja tersebut, Ford pun akhirnya menawarkan klausul-klausul kontrak kerja baru yang diharapkan bisa memperbaiki kesejahteraan pekerjanya, seperti kenaikan gaji 25% selama masa kontrak kerja 4,5 tahun dan memperbaiki simpanan pensiun.
  • Hanya saja, kebijakan itu baru bisa berlaku jika pekerja di seluruh fasilitas produksi Ford seantero AS sepakat dengan paket baru itu. Adapun hingga saat ini, sebanyak 65% dari total pekerja Ford di AS bersedia menerima paket kontrak kerja baru yang diajukan perusahaan meski pekerja di dua pabrik Kentucky menolak proposal tersebut.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 13 November 2023, F telah diperdagangkan pada level 0,2x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,7x. Konsensus memberikan fair value harga saham F di angka $13,53 dengan potensi kenaikan sebesar 37,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham F di Sini!

6. Rivian Cari Utang US$15 Miliar demi Bangun Pabrik Baru

  • Produsen kendaraan listrik Rivian Automotive ($RIVN) kemarin mengatakan berencana untuk menarik utang sebanyak US$15 miliar melalui penerbitan obligasi taxable bonds. Rencananya, himpunan dana itu akan digunakan perusahaan untuk membangun fasilitas produksi di negara bagian Georgia, AS.
  • Menurut keterbukaan yang disampaikan ke otoritas pasar modal AS, obligasi itu akan diterbitkan oleh dua lembaga, yakni The Georgia Department of Economic Development dan The Joint Development Authority of Jasper, Morgan, Newton and Walton Counties.
  • Asal tahu saja, pada 2021 silam, perusahaan berencana untuk membangun fasilitas baru di negara bagian Georgia yang diharapkan bisa mulai beroperasi pada 2024 mendatang. Pabrik tersebut juga diekspektasikan bisa memproduksi 40.000 kendaraan per tahun dan menyerap 7.500 tenaga kerja.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 13 November 2023, RIVN telah diperdagangkan pada level 1,6x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 0,6x. Konsensus memberikan fair value harga saham RIVN di angka $26,14 dengan potensi kenaikan sebesar 61,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham RIVN di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1