Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 10 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 10 Oktober 2023

10 Oct 2023, 6:29 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 10 Oktober 2023

Sejumlah korporasi keliyengan gara-gara konflik Hamas-Israel hingga Ford pecat karyawan, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Hamas dan Israel Adu Senjata, Saham Carnival Longsor 4,2%

  • Nilai saham operator kapal pesiar Carnival Corp ($CCL) melorot 4,42% pada penutupan perdagangan Senin (9/10) setelah investor khawatir bahwa konflik yang terjadi antara kelompok militan Palestina, Hamas, dan Israel akan mengganggu aspek operasional perusahaan ke depan.
  • Sekadar informasi, konflik antara kedua kelompok bermula ketika Hamas melempar ribuan roket ke arah Israel sejak Sabtu (7/10). Setelahnya, aksi balas-membalas amunisi pun terjadi antara kedua pihak.
  • Namun, analis dan investor cemas bahwa peristiwa tersebut, jika tidak selesai, akan mengganggu jadwal pelayaran Carnival ke Israel. Asal tahu saja, Carnival memiliki enam jadwal pelayaran ke Israel hingga akhir 2023 dan dijadwalkan akan melakukan pelayaran ke wilayah tersebut sebanyak 10 kali di tahun depan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 9 Oktober 2023, CCL telah diperdagangkan pada level 1,9 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 2,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham CCL di angka US$ 17,33 dengan potensi kenaikan sebesar 36,6% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham CCL di Sini!

2. Google Cloud Rilis Fitur Anyar demi Bantu Tenaga Kesehatan

  • Anak usaha Alphabet Inc. ($GOOG) Google melalui Google Cloud kemarin mengumumkan inovasi barunya, yakni fitur pencarian (search) berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diharapkan dapat membantu tenaga kesehatan untuk menarik data-data klinis secara akurat dari beberapa jenis catatan medis.
  • Dalam wawancaranya dengan CNBC, direktur senior manajemen produk Google Cloud Lisa O’Malley mengatakan fitur baru ini diharapkan dapat menghemat waktu dan tenaga pekerja medis ketika melakukan tugasnya. Sebab, fitur ini bisa menjadi solusi atas masalah yang kerap dihadapi pekerja medis, yakni susahnya mengumpulkan dokumen rekam medis dalam berbagai sistem dan format demi menyimpulkan kondisi kesehatan yang tengah dialami seorang individu.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 9 Oktober 2023, GOOG telah diperdagangkan pada level 12,6x EV/EBITDA-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 9,4 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GOOG di angka US$ 149,33 dengan potensi kenaikan sebesar 7% dalam setahun kedepan.

GOOG akan melaporkan laporan keuangan pada 19 Oktober nanti, analis memprediksi laba per saham perseroan akan berada di $1,568 atau naik 37,5% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pendapatannya diproyeksikan menurun 8,6% menjadi $63,174 miliar.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

3. Israel Lagi ‘Panas’, United Airlines dan American Airlines Tunda Penerbangan

  • Sejumlah maskapai penerbangan top AS seperti United Airlines ($UAL) dan American Airlines ($AAL) terpaksa menunda sejumlah jadwal penerbangan dari AS menuju Tel Aviv, Israel menyusul konflik senjata antara Hamas dan Israel yang terjadi sejak Sabtu (7/10).
  • Hal ini terjadi usai lembaga aviasi federal AS (FAA) mengatakan telah meminta maskapai penerbangan dan pilot untuk “berhati-hati” ketika melayang di ruang udara Israel.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 9 Oktober 2023, AAL telah diperdagangkan pada level 0,7 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau selevel dengan rata-rata kompetitor. Konsensus memberikan fair value harga saham AAL di angka US$ 16,26 dengan potensi kenaikan sebesar 32,8% dalam setahun kedepan.

AAL akan melaporkan laporan keuangan pada 19 Oktober nanti, analis memprediksi laba per saham perseroan akan berada di $0,253 atau turun 63% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan juga diproyeksikan meningkat 0.3% menjadi $13,5 miliar.

Transaksi Saham AAL di Sini!

4. Rencana Akuisisi ExxonMobil Disebut Jadi Momok bagi Suplai Minyak AS

  • Analis bahwa rencana akuisisi perusahaan migas ExxonMobil ($XOM) terhadap perusahaan minyak serpih (shale oil) Pioneer Natural Resources hanya akan mengerem pertumbuhan produksi migas AS ke depan. Jika hal itu benar-benar terjadi, maka suplai minyak dunia akan tersendat dan harganya akan meroket di masa depan.
  • Asal tahu saja, ExxonMobil selama ini merupakan salah satu produsen shale oil di formasi basin Permian yang berlokasi di negara bagian Texas dan New Mexico, AS. Di basin tersebut, ExxonMobil memasang target produksi sebanyak 1 juta barel per hari pada 2027 mendatang.
  • Untuk menunjang target yang dimaksud, perusahaan rencananya akan mencaplok Pioneer, sebuah perusahaan migas yang juga beroperasi di basin yang sama. Jika akuisisi itu terealisasi, maka ExxonMobil bakal bisa memproduksi migas 1,33 juta barel per hari sesegera mungkin, alias melampaui target produksinya dengan waktu lebih cepat.
  • Namun, analis East Daley Analytics Ajay Bakshani mengatakan, pencapaian target produksi lebih cepat dari jadwal justru akan membuat ExxonMobil berpuas diri.
  • Menurutnya, ExxonMobil jadi tidak tergugah untuk menambah produksinya dari basin Permian di masa depan lantaran targetnya sudah tercapai dalam waktu singkat. Hal itu, ujarnya, malah akan menghambat pertumbuhan pasokan minyak dari AS di masa depan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 9 Oktober 2023, XOM telah diperdagangkan pada level 11,7 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 9,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham XOM di angka US$ 124,76 dengan potensi kenaikan sebesar 12,5% dalam setahun kedepan.

XOM akan melaporkan laporan keuangan pada 27 Oktober nanti, analis memprediksi laba per saham perseroan akan berada di $2,34 atau naik 20,62% dari kuartal sebelumnya. Pendapatan juga diproyeksikan meningkat sekitar 13% QoQ menjadi $91,62 miliar.

Transaksi Saham XOM di Sini!

5. Hamas-Israel Baku Senjata, Chevron Terpaksa Hentikan Operasi

  • Perusahaan migas Chevron ($CVX) kemarin mengumumkan akan menghentikan operasinya di lapangan gas lepas pantai Tamar yang berlokasi 12 mil dari Jalur Gaza untuk sementara waktu.
  • Keputusan ini diambil setelah kementerian energi Israel meminta Chevron untuk melakukan hal tersebut setelah Israel terlibat baku senjata dengan Hamas sejak Sabtu (7/10).
  • Kendati demikian, perusahaan memastikan bahwa lapangan gas lain yang dikelolanya di lepas laut Mediterania bernama Leviathan masih tetap akan beroperasi normal.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 9 Oktober 2023, CVX telah diperdagangkan pada level 10,9 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 9,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham CVX di angka US$ 187,01 dengan potensi kenaikan sebesar 12,2% dalam setahun kedepan.

CVX akan melaporkan laporan keuangan pada 27 Oktober nanti, analis memprediksi laba per saham perseroan akan berada di $3,472 atau naik 13,78% dari kuartal sebelumnya. Pendapatan juga diproyeksikan meningkat sekitar 7% QoQ menjadi $50,443 miliar.

Transaksi Saham CVX di Sini!

6. Ford Pecat 1.900 Karyawan Gara-gara Aksi Mogok Kerja

  • Produsen otomotif Ford Motor ($F) kemarin mengumumkan telah memecat 71 orang di pabrik komponennya yang terletak Livonia di negara bagian Michigan, AS. 
  • Perusahaan terpaksa mendepak karyawannya setelah aktivitas produksi di pabrik tersebut ikut tersendat setelah proses produksi di pabrik perakitan Ford di Chicago “mati suri” akibat aksi mogok kerja yang dilakukan pekerja Ford sejak 15 September 2023 silam.
  • Dengan demikian, hingga kemarin, Ford sudah memberhentikan 1.936 pekerjanya sebagai imbas dari aksi mogok kerja tersebut.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 9 Oktober 2023, F telah diperdagangkan pada level 0,2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 0.8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham F di angka US$ 14,99 dengan potensi kenaikan sebesar 24,2% dalam setahun kedepan.

F akan melaporkan laporan keuangan pada 26 Oktober nanti, analis memprediksi laba per saham perseroan akan berada di $0,4 atau naik 33% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan juga diproyeksikan meningkat 1.7% menjadi $37,83 miliar.

Transaksi Saham F di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1