Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Saham AS 10 November 2023
shareIcon

Daily News - Saham AS 10 November 2023

10 Nov 2023, 6:28 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Saham AS 10 November 2023

Mulai Dari Tesla naikkan harga mobil di China hingga saham AMC tumbang, semua tersaji di Daily News berikut!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Kasus Pajak Apple di Eropa Diminta Dikaji Ulang

  • Seorang anggota lembaga peradilan tertinggi Eropa (ECJ) Giovanni Pitruzzella mengatakan, pengadilan Eropa harus meninjau kembali putusan hukum terkait perkara perpajakan yang menyangkut raksasa teknologi Apple Inc. ($AAPL). Pasalnya, dalam menerbitkan putusan tersebut, Pitruzzella menyebut pengadilan Eropa telah melakukan kesalahan hukum.
  • Perkara ini dimulai pada 2016 silam ketika komisi Eropa memutuskan bahwa Apple telah “memanipulasi” penyetoran pajak penghasilannya dengan tingkat yang rendah, yakni 0,005%, dengan memanfaatkan dua peraturan perpajakan Irlandia.
  • Hanya saja, Apple kemudian menantang balik putusan tersebut dengan mengajukan banding ke pengadilan Eropa pada 2020. Hasilnya, pengadilan Eropa pun memenangkan Apple setelah menganggap regulator Eropa belum memenuhi standar-standar hukum untuk membuktikan bahwa Apple benar-benar menerima manfaat dari aturan tersebut.
  • Namun, Pitruzzella menyebut bahwa pengadilan Eropa seharusnya tidak boleh mengurusi perkara terkait aturan perpajakan di Irlandia. Akibatnya, ia merekomendasikan bahwa perkara tersebut ditinjau kembali oleh pengadilan Eropa.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 9 November 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 27,5x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 16.3x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka $197,02 dengan potensi kenaikan sebesar 24,7% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

2. Respons Kebijakan Ekspor Chip AS, Nvidia Disebut Bakal Rilis Chip Baru

  • Sebuah nawala yang khusus memberitakan kabar di industri chip SemiAnalysis kemarin mengabarkan bahwa produsen chip Nvidia ($NVDA) akan menelurkan tiga chip terbaru yang menyasar pasar China. Hal ini dilakukan sebagai respons atas kebijakan terbaru pemerintah AS terkait pengetatan kriteria dan standar chip canggih yang dapat diekspor AS ke Negara Tirai Bambu itu.
  • Menurut nawala tersebut, Nvidia berniat melempar tiga chip bernama HGX H20, L20 PCIe, dan L2 PCIe. SemiAnalysis juga mengatakan bahwa Nvidia semestinya akan mengumumkan tiga chip anyar tersebut pada 16 November 2023 mendatang.
  • SemiAnalysis juga mengatakan bahwa chip-chip tersebut juga memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI). Hanya saja, Nvidia mengubah spesifikasi tenaga komputasi chip-chip itu agar bisa sesuai dengan aturan terbaru AS.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 9 November 2023, NVDA telah diperdagangkan pada level 29,8x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 22,7x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka $640,97 dengan potensi kenaikan sebesar 36,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NVDA di Sini!

3. Tesla Kerek Harga Dua Model Mobil di China

  • Produsen mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) kemarin menaikkan harga mobil Model 3 dan Model Y miliknya di China.
  • Berdasarkan data terakhir di situs pemesanan resminya, Tesla membanderol mobil Model 3 paling rendah di harga 297.400 Yuan China alias 1.500 Yuan China lebih mahal dari sebelumnya 295.900. 
  • Sementara itu, harga mobil Model Y juga naik 2.500 Yuan China, dari 299.900 menjadi 302.400 Yuan China.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 9 November 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 55,2x PE-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 11,5x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka $240,33 dengan potensi kenaikan sebesar 14,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

4. MGM Sepakat Perbaiki Kontrak Kerja dengan Karyawan

  • Serikat pekerja yang mewakili pekerja sektor akomodasi dan pariwisata di kota Las Vegas, AS, kemarin meneken kesepakaan tentatif dengan pengelola resor mewah MGM Resorts International ($MGM) terkait penerapan kontrak kerja baru yang diharapkan bisa memperbaiki upah dan tunjangan para pegawainya.
  • Adapun kontrak kerja baru tersebut memiliki jangka waktu lima tahun dan akan menyasar ke 25.470 pekerja MGM. Kesepakatan itu muncul sehari sebelum pekerja MGM dijadwalkan melakukan mogok kerja massal di delapan properti kelolaan perusahaan.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 9 November 2023, MGM telah diperdagangkan pada level 2,6x EV/Revenue-nya atau lebih rendah dibandingkan rata-rata kompetitor di 3x. Konsensus memberikan fair value harga saham NVDA di angka $55,32 dengan potensi kenaikan sebesar 44,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MGM di Sini!

5. ‘Bajak’ Kapal Minyak Secara Dadakan, Greenpeace Digugat Shell

  • Perusahaan sektor minyak dan gas Shell ($SHEL) menuntut kelompok aktivis lingkungan Greenpeace secara hukum ke pengadilan London, Inggris. 
  • Tuntutan ini muncul setelah Shell menganggap Greenpeace telah bertindak “kurang ajar” ketika tiba-tiba menaiki sebuah kapal pengangkut minyak milik perusahaan di kepulauan Canary, Afrika Utara, sebagai bagian dari aksi protesnya terkait aktivitas pengeboran minyak.
  • Dalam tuntutan tersebut, Shell disebut juga meminta Greenpeace untuk membayar ganti rugi sebesar US$2,1 juta.

Valuasi & Insight: 

Berdasarkan harga penutupan 9 November 2023, SHEL telah diperdagangkan pada level 7,3x PE-nya atau sama dengan rata-rata kompetitor di 7,3x. Konsensus memberikan fair value harga saham SHEL di angka $74,54 dengan potensi kenaikan sebesar 215% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham SHEL di Sini!

6. Saham AMC Rontok 13% Usai Umumkan Penawaran Saham Baru

  • Nilai saham jaringan bioskop AS AMC Entertainment ($AMC) nyemplung 13,86% pada penutupan perdagangan Kamis (9/11) setelah mengumumkan akan menawarkan saham biasa (common stock) dengan total nilai US$350 juta.
  • Dalam laporan keterbukaannya, AMC menyebut bahwa penawaran saham itu ditujukan untuk menggaet dana segar yang akan digunakannya untuk “meningkatkan likuiditas, membayar utang, dan menunaikan kewajiban-kewajiban korporasi lainnya”.
  • Hanya saja, investor merasa aksi korporasi tersebut malah akan mendilusi nilai saham yang mereka genggam. Akhirnya, aksi jual saham AMC di pasar modal pun tak terelakkan.

Valuasi & Insight:

Berdasarkan harga penutupan 9 November 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,1x EV/Revenue-nya atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetitor di 1,7x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka $8,95 dengan potensi kenaikan sebesar 2,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMC di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1