Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 8 November 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 8 November 2023

8 Nov 2023, 7:59 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 8 November 2023

Coinbase hentikan BSV pada aset digitalnya hingga USDT cetak rekor dan jadi raja di Stablecoin. Semua terangkum dalam daily news berikut!

Berikut kami rangkumkan sejumlah kabar dari jagat kripto, Rabu (8/10)

1. Coinbase Hapus BSV dari Daftar Aset Digitalnya

  • Crypto Exchange terbesar di Amerika Serikat, Coinbase telah menyatakan penghentian dukungannya kepada Bitcoin Satoshi's Vision (BSV).
  • Terhitung mulai tanggal 9 Januari nanti, pengguna Coinbase tidak dapat bertransaksi menggunakan aset digital hard fork Bitcoin ($BTC) ini melalui platform Coinbase.
  • Aset BSV yang masih tersimpan di dalam wallet Coinbase akan dilikuidasi kecuali pemiliknya menarik aset tersebut dari wallet Coinbase sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan.
  • Keputusan ini merupakan reaksi atas serangan 51% pada blockchain BSV di tahun 2021. Pasca terjadinya serangan tersebut, jaringan BSV menjadi tidak stabil yang berujung pada penghentian dukungan Coinbase terhadap aset kripto terbesar ke 53 itu.
  • Penghentian dukungan yang dimaksud oleh Coinbase adalah penangguhan perdagangan BSV pasca serangan. Namun, konsumen Coinbase masih diizinkan untuk menyimpan aset BSV miliknya pada wallet Coinbase hingga saat ini.

Transaksi Coin BTC di Sini!

2. Banjir Duit Gara-Gara ETF Spot, Sementara Atau Selamanya?

  • Peluncuran Exchange-Traded Funds (ETF) Spot Bitcoin oleh perusahaan investasi BlackRock sangat dinanti oleh pasar.Ini tercermin dari besarnya arus modal masuk alias capital inflow yang mengalir ke pasar kripto sejak spekulasi peluncuran produk derivatif ini bergulir.
  • Pasar berasumsi apabila proposal ETF milik BlackRock disetujui oleh The United States Securities and Exchanges Commission (SEC), maka jumlah modal yang masuk ke pasar Bitcoin ($BTC) akan melonjak secara eksponensial, hingga berdampak pada harga BTC itu sendiri.
  • Berapa estimasi jumlah dana yang masuk pasar Bitcoin saat hal ini terjadi? Mantan Direktur Manager BlackRock Steven Schoenfield menyebutkan jumlahnya akan mencapai US$200 miliar!
  • Selain membuat harga Bitcoin akan meningkat lantaran permintaan yang naik hingga menyebabkan kelangkaan, demam ETF Spot Bitcoin juga dipercaya akan membuat trickle down effect pada aset digital lainnya.
  • Skemanya, saat harga Bitcoin semakin mahal lantaran suplainya semakin diburu sebagai underlying asset dari produk-produk ETF ini, para Hodler akan mengalami lonjakan kapital dari nilai asetnya yang semakin berharga. Saat harganya dianggap sudah terlalu tinggi, hodler Bitcoin bisa menjual asetnya untuk melakukan diversifikasi portofolio investasinya dengan sejumlah aset lain yang lebih murah.

3. Token Meme Berjaya Kalahkan Bitcoin

  • Shiba Inu ($SHIB) dan Dogecoin ($DOGE) mencatat persentase pertumbuhan 'open interest' tertinggi pada jajaran aset digital di bursa berjangka bulan ini. Terhitung sejak tanggal 1 November, duo token meme ini tumbuh tinggi menandingi capaian suhu kripto, Bitcoin.
  • Open interest adalah niai aset digital dalam US dolar yang dikunci dalam kontrak berjangka aktif.
  • SHIB mencatat pertumbuhan 'open interest' sebesar 23%, menjadi US461,74 juta sejak 1 November hingga saat ini. Sementara DOGE tumbuh 14,6% menjadi US$328 juta.
  • Capaian keduanya jauh melampaui capaian aset kripto lain seperti MATIC, ETH, ETC dan LTC yang hanya tumbuh berkisar 6% hingga 7% saja.
  • Open interest yang meningkat mengindikasikan aliran modal masuk baru ke pasar derivatif. Fakta bahwa token meme anjing merajai trend ini berarti bahwa investor saat ini menyukai kelas aset dengan risiko yang ;ebih tinggi.
  • Sejalan dengan trend ini, harga DOGE dan SHIB terapresiasi masing-masing 6,5% dan 3,6% pada periode yang sama.

Transaksi Coin DOGE di Sini!

Transaksi Coin SHIB di Sini!

4. Analis Yakin Ethereum Bisa Tembus US$ 3000 per Unit

  • Koin native blockchain Ethereum, Ether ($ETH) ditargetkan bisa menembus level harga US$3000 per unit di akhir sesi uptrend-nya kali ini.
  • Keyakinan itu berasal dari kenaikan pendapatan jaringan Ethereum, yang utamanya berasal dari akumulasi biaya gas yang dibayarkan para pengguna jaringan. Pada awal Oktober, Ethereum hanya mencatatkan pendapatan sebesar US$12 juta per minggu. Namun dalam dua minggu terakhir, pendapatannya konsisten berada di atas US$30 juta per minggu.
  • Katalis kenaikan harga Ethereum yang berasal dari data-data internal ini didukung juga oleh sejumlah pola analisis teknikal. Pola-pola analisis pada chart harga ETH itu menunjukkan trend bullish tajam pada Ether bisa membawa harga hingga US$3000 per unit.

Transaksi Coin ETH di Sini!

5. USDT Catat Rekor Baru, Resmi Jadi Raja Stablecoin

  • Tether ($USDT) telah resmi jadi raja stablecoin pasca berhasil membukukan pertumbuhan tahunan sebesar 22%. Pada 5 November lalu, platform wawasan blockchain mencatat total pasokan USDT telah mencapai 84 miliar, tertinggi sepanjang masa.
  • Kenaikan pasokan USDT berkaitan erat dengan pulihnya pasar kripto. Pasalnya, musim dingin yang hampir usai bagi pasar kripto membuat para investor terdorong untuk mempersenjatai diri dengan cadangan stablecoin. Mereka bersiap untuk menyerbu aset-aset digital dalam pairing pool yang umumnya menggunakan denominasi stablecoin tersebut.
  • Berdasarkan data dari Santiment, USDT saat ini memegang pangsa pasar sebesar 5,95% terhadap aset-aset kripto lainnya. Sebagai perbandingan, runner up pada kelas aset stablecoin, yakni Circle ($USDC) hanya memegang pangsa pasar sebesar 0,33%.

Transaksi COIN USDT di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1