Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 3 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 3 Oktober 2023

3 Oct 2023, 7:52 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 3 Oktober 2023

Selamat siang, Sobat Cuan! Mulai dari SOL cetak rekor hingga BTC melonjak dikala krisis mendekat, semua terangkum dalam daily news berikut

Berikut sejumlah kabar dari jagat kripto hari ini, Selasa (3/10). Yuk, simak!

1. TVL Solana Cetak Rekor Tertinggi, Harganya Semakin Terbang

  • Total value locked (TVL) Solana ($SOL) mencapai level tertinggi sepanjang sejarah (all time high/ATH) di kisaran US$338,9 juta. Pencapaian ini menjadikannya aset kripto peringkat ketujuh mengalahkan Terra dan Polygon.
  • Harga $SOL terapresiasi 22,16% dalam seminggu terakhir di kisaran US$23,6 hingga US$24,4 per unit.
  • Uptrend yang konsisten membuat harga $SOL menembus level resisten pada garis MA200 sebagai indikasi sinyal bullish akan berlanjut. Targetnya, apresiasi harga per unit $SOL bisa menembus level US$25,5 sebagai level resistance berikutnya.
  • Dibalik berbagai tentangan dan risiko yang membayangi kinerja jaringan Solana, apresiasi nilai $SOL merupakan sentimen positif pulihnya pasar kripto.

Transaksi SOL di Sini!

2. Investor VS Terraform Labs dan Do Kwon, Siapa yang Menang?

  • Sekelompok investor melakukan class action melawan Terraform Labs dan pendirinya, Do Kwon pada Juni 2022 lalu. Para investor yang diwakili oleh pengacara Nick Patterson menuding perusahaan pencipta jaringan Terra ini melakukan fraud yang merugikan mereka.
  • Tudingan tersebut telah didaftarkan di pengadilan Northen District of California. Sayangnya, berselang setahun dari didaftarkannya class action tersebut, tim pengacara Patterson mengajukan pembatalan perkara tanpa alasan eksplisit yang tertera, akhir bulan lalu.
  • Lewat akun resmi sosial medianya, @terra_money mengklaim pembatalan perkara sebagai kemenangan bagi pihak Terra.
  • Meski lolos dari kasus ini, February lalu Securities and exchange Commission (SEC) Amerika Serikat mendaftarkan gugatan perdata terhadap Terraform Labs dan pendirinya Do Kwon atas kasus fraud yang sempat menggemparkan jagat kripto tahun lalu tersebut. Selang sebulan, Kwon ditahan oleh otoritas Montenegro dan diberi hukuman kurungan selama empat bulan saja.

Transaksi LUNC di Sini!

3. Tether Treasury Terima Lump Sums dari Bitfinex

  • Tether Treasury menerima lungsuran aset kripto berupa $USDT senilai US$100 juta, kemarin.
  • Aset kripto berjenis stablecoin tersebut dikirim dari kripto exchange Bitfinex kepada alamat wallet Tether Treasury dalam dua kali transaksi berselang dua menit dengan nilai masing-masing US$50 miliar.
  • Menurut data dari CryptoQuant, kepemilikan stablecoin kripto exchange telah mengalami penurunan sejak November 2022. Senada dengan pandangan tersebut, Cointelegraph mengungkap investor kini lebih tertarik pada aset kripto tradisional ketimbang stablecoin.
  • Banyaknya kasus hukum yang melibatkan kripto exchanges seperti Binance turut memengaruhi berubahnya cara pandang investor kripto terhadap stablecoin. Jika aset kripto lain dapat digolongkan sebagai sekuritas dari projek yang disponsorinya, stablecoin lebih tepat dipandang sebagai mata uang.
  • Meski kurang diminati di bursa kripto, Tether justru mengalami kenaikan pinjaman berbasis $USDT sepanjang 2023.

Transaksi USDT di Sini!

4. Krisis Kripto Sudah Dekat? Kok Bitcoin Malah Melonjak?

  • Comodity strategies Bloomberg Mike McGlone memperingatkan potensi resesi di industri kripto lewat akun sosial medianya. Berbagai faktor yang mendalangi resesi kripto bersumber pada kondisi makroekonomi global.
  • Peta geopolitik pegiat kripto yang luas menjadikan aset ini rentan longsor akibat faktor ekonomi global hingga kebijakan pemerintah setempat. Namun, ini menjadikan pasar kripto sebagai salah satu indikator yang baik dalam menilai likuiditas ekonomi.
  • Fenomena pulihnya pasar kripto sepanjang tahun 2023 merupakan dampak dari kondisi likuiditas yang membaik. Namun, perlambatan laju pemulihan di kuartal III/2023 bisa menjadi sinyal akan datangnya resesi di pasar kripto dalam waktu dekat.
  • Apresiasi nilai Bitcoin ($BTC) yang terjadi sepanjang kuartal III/2023 justru memperkuat dugaan tersebut. Pasalnya, sebagai aset dengan kapitalisasi terbesar, banyak investor dari negara yang terdampak kondisi geopolitik dan kebijakan bank sentral mengalihkan dana investasi ke $BTC yang dianggap sebagai safe haven jelang resesi.

Transaksi BTC di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1