Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 22 November 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 22 November 2023

22 Nov 2023, 8:15 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 22 November 2023

Dampak pengunduran diri CEO Binance terhadap BTC dan BNB hingga Harga Ethereum sentuh US$2000, terangkum dalam Daily News berikut ini!

Berikut rangkuman kabar dari jagat kripto, Kamis (22/11).

1. CEO Binance Resign, BTC dan BNB Kena Getahnya

  • CEO Binance Changpeng Zhao atau 'CZ" mengundurkan diri dari jabatannya terkait perkara kriminal yang dituduhkan oleh Departemen Kehakiman Amerka Serikat.
  • Berita pengunduran diri 'CZ' tersebut menyebabkan harga token native jaringan Binance ($BNB) terjun 11% ke level US$234 per unit.
  • CZ mengaku bersalah di pengadilan Seattle pada selasa (21/11) kemarin. Ia mengumumkan pengunduran dirinya melalui akun sosial media X. Selain itu, CZ juga dilarang terlibat dalam bisnis Binance dan menghadapi denda pribadi sebesar US$50 juta.
  • Mantan Kepala Otoritas Keuangan Abu Dhabi yang saat ini menjabat sebagai kepala pasar regional Binance, Richard Teng, telah ditunjuk untuk menggantikan posisi CZ sebagai CEO Binance.

Transaksi Coin BNB di Sini!

2. Timeline Kasus Binance

  • Binance dan pendirinya, CZ telah mengaku bersalah di pengadilan Seattle, kemarin. Binance juga bersedia membayar denda sebesar US$4,3 miliar terkait sejumlah tuduhan pidana termasuk pencucian uang dan teror keuangan.
  • Kejahatan finansial yang dilakukan oleh Binance sudah tercium sejak tahun 2018. Investigasi atas kasus ini baru dimulai pada tahun 2021 namun Zhao menyangkal semua tuduhan.
  • Pada 1 Maret 2023 lalu, Senator Elizabeth Warren Chris Van Hollen dan Roger Marshall mengirim surat kepada CEO Binance, Changpeng Zhao dan CEO Binance Amerika Serikat Brian Shroder untuk meminta jawaban atas beberapa tuduhan dan neraca keuangan perusahaan. Senator tidak puas dengan jawaban para CEO lantas menuduh mereka telah berbohong.
  • The Commodity Futures Trading Commission (CFTC) membukukan perkara melawan CZ dan Kepala Officer Kepatuhan Binance Samuel Lim atas 7 tuduhan manipulasi pasar dan perdagangan pada 27 Maret .
  • Departemen Kehakiman Amerika Serikat mulai terlibat pada 5 Mei terkait pelanggaran sanksi terhadap Rusia.
  • Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) membukukan perkara terhadap Binance pada 5 Juni. SEC menuduh Binance atas 13 tuduhan, diantaranya penjualan sekuritas yang tidak terdaftar, penggunaan Binance exchange oleh warga negara Amerika dan lain sebagainya.
  • Berbagai tuduhan yang dilayangkan kepada Binance membuat Binance AS merumahkan sepertiga pegawainya atau sekitar 100 orang, berikut sang CEO Binance AS Brian Shroder
  • Pada 26 Oktober, Bloomberg Billionires Index merilis daftar orang terkaya dunia. CEO Binance Zhao terjun dari posisi 11 terkaya menjadi posisi ke 68. Total kekayaanya nyaris ludes dari semula diestimasikan sebesar US$96,9 miliar kini tinggal US$17,3 miliar.
  • Setelah serangkaian panjang proses hukum dan berbagai tuduhan yang dialamatkan pada Binance berikut jajaran petingginya, kemarin akhirnya kasus ini menemukan titik terang.

3. Bitcoin Turut Terdampak Kasus Binance

  • Tak hanya BNB, Bitcoin ($BTC) juga sempat terkoreksi sedalam 5% kembali ke level US$35.714 per unit pada perdagangan hari ini.
  • Meski terkoreksi dalam, kini koreksi BTC sudah susut menjadi sekitar 25 per unit. Pasalnya, pasar mulai berpikir positif dalam menyimak perkembangan kasus CZ yang tidak mengindikasikan adanya pembekuan operasional Binance exchange.

Transaksi Coin BTC di Sini!

4. Investor Institusi Banjiri Pasar XRP

  • XRP Funds mencatat sepanjang minggu lalu, arus dana investasi dari institusi mencapai US$500.000. Dampaknya ialah harga XRP konsisten berada dalam fase uptrend sejak awal bulan November 2023.
  • Target harga XRP saat ini ialah retracement level 50% dari rentang US$0,93 hingga US$0,42, yakni di sekitar level US$0,68. Level tersebut berada sekitar 10% dari level harga XRP saat berita ini ditulis.
  • Indikator Market Value to Realized Value (MVRV) menunjukkan investor yang saat ini memgang aset XRP akan menahan aset mereka. Sehingga ruang untuk reli harga XRP terbuka lebar.

Transaksi Coin XRP di Sini!

5. Kenapa Solana Downtrend?

  • Harga Solana ($SOL) telah terkoreksi selama lima hari berturut-turut hingga 20% ke level US$54,62 per unit.
  • Salah satu faktor utama yang menjadi katalis negatif bagi harga SOL ialah label 'sekuritas' yang disematkan oleh SEC kepada SOL pada kasus perdananya melawan crypto exchange (CEX) Kraken. Sejak pelabelan tersebut, harga SOL telah terkoreksi sebesar 10,25%.
  • Faktor lainnya ialah jenuh beli yang tampak dari chart harga SOL. Relative Strength Index (RSI) pada chart harga SOL loncap melampaui level 70 yang mengindikasikan jenuh beli aliash 'overbought'.
  • Level support terdekat sOL berada pada US$47,5 per unit. Jika level ini tertembus, downtrend pada chart harga SOL diperkirakan bakal awet.
  • Sebaliknya, jika harga SOL terbukti resisten terhadap level uji support tersebut, harganya bisa melanting dan stabil di kisaran US$68 per unit.

Transaksi Coin SOL di Sini!

6. Ethereum Sentuh US$2000

  • Harga Ethereum ($ETH) kini berada pada momentum menentukan di level US$2000 per unit. Level ini merupakan level kritis yang berperan sebagai resistance sekaligus support yang menentukan keberlanjutan uptrend ETH.
  • Secara historis, ETH pernah menempatkan US$2000 sebagai level support maupun level resistance pada dinamika harganya yang atraktif. Kini, level tersebut menjadi penentu yang penting.
  • Setiap upaya menembus resistance US$2000 bisa membuahkan breakout kuat pada dinamika harga. Sebab, saat ini permintaan ETH dan fundamental asetnya terbilang kuat.
  • Sebaliknya, jika ETH gagal menembus level US$2000, hal itu bisa memicu sentimen negatif pasar yang membuat harganya bisa berbalik arah.

Transaksi Coin ETH di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1