Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 20 Oktober 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 20 Oktober 2023

20 Oct 2023, 9:23 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 20 Oktober 2023

Mulai dari Polygon menuju governance 2.0 hingga desakan pengacara Sam Bankman-Fried kepada keputusan juri, terangkum dalam daily news crypto!

Halo, Sobat Cuan! Menutup minggu ini, Jumat (20/10) jagat kripto masih diramaikan oleh aksi aset manajemen yang berlomba mengamandemen prospektus Bitcoin Spot ETF-nya. Tak hanya itu, kabar-kabar lain juga tak kalah hangatnya. Yuk, simak!

1. Polygon Perkenalkan Upgrade Menuju Governance 2.o

  • Polygon ($MATIC) yakni jaringan layer 2 scaling solution dari Blockchain Ethereum ($ETH) memperkenalkan upgrade dengan pembaruan yang signifikan. Upgrade tersebut berupa protocol council yang sedikit mengubah pendekatan dalam eksekusi smart contracts.
  • Upgrade ini membuka jalan bagi Polygon untuk mengimplementasikan skema governance 2.0, sekaligus memfasilitasi smart contracts yang telah ada untuk beradaptasi dengan protokol baru.
  • Pendekatan baru dalam protokol council yang mulai berlaku efektif sejak 18 Oktober tersebut menjanjikan solusi layer kedua yang lebih aman dan efisien. Secara bertahap jaringan ini ingin meningkatkan partisipasi komunitas dalam pengambilan keputusan terkait Polygon demi mewujudkan decentralised finance yang lebih baik.

Transaksi Coin MATIC di Sini!

2. Miliarder Ethereum Kuasai Sepertiga Suplai Ether

  • Platform analisis data kripto Santiment mengungkap saat ini 32,3% dari total suplai koin native Blockchain Ethereum, Ether ($ETH) yakni sekitar 120,26 juta berada di wallet milik para miliarder. Jumlah tersebut setara dengan 38,64 juta.
  • Perolehan akumulasi ETH di wallet sultan Ether tersebut merupakan rekor tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Fenomena ini menandai pergeseran kepemilikan ETH yang semula banyak dikuasai oleh exchanges dan Ethereum Foundation kini beralih menjadi rebutan miliarder bermodal jumbo.
  • Top tier wallet atau yang disebut sebagai miliarder Ethereum merupakan wallet dengan kepemilikan minimal 1 juta ETH. Kelompok ini tidak spesifik merinci identitas pemilik wallet ataupun firma yang berada di belakangnya, melainkan fokus pada jumlah ETH yang dimiliki.
  • Belakangan ini wallet-wallet pengepul ETH semakin ganas menggembungkan pundi hingga kepemilikannya resmi mendominasi pasar. Berkat aksi para sultan Ethereum, 16 Oktober lalu menjadi hari dimana transaksi harian ETH melampaui US$1 juta. Sebanyak 409 transaksi yang terjadi hari itu merupakan transaksi bernilai besar.

Transaksi Coin ETH di Sini!

3. Blackrock Ikutan Amandemen Proposal Bitcoin Spot ETF

  • Aset manajemen Blackrock turut melakukan amandemen terhadap prospektus Bitcoin Spot Exchange-Traded Funds (ETF) miliknya. Produk yang diberi nama iSHares Bitcoin Trust ETF itu telah diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat sejak Juni lalu, namun tak kunjung disetujui.
  • Blackrock menjadi aset manajemen ketiga yang mengamandemen prospektus Bitcoin Spot ETF miliknya. Sebelumnya dua aset manajemen lain yakni Fidelity dan Ark Invest juga mengambil langkah yang sama.
  • Pada amandemen yang diajukan tersebut, Blackrock merinci detail harga berikut kalkulasi dan formulasinya. Semula, prospektus hanya menyebutkan bahwa kustodian dana Bitcoin ($BTC) tersebut adalah Coinbase Custody Trust Company dengan Bank of New York Mellon sebagai penyimpan kepemilikan tunainya.
  • Blackrock beserta dengan tujuh aset manajemen lainnya sedang berlombang menjadi aset manajemen pertama yang mengantongi izin sebagai provider produk Bitcoin Spot ETF. Bulan lalu, SEC memberi persetujuan kepada sejumlah aset manajemen untuk menerbitkan produk serupa dengan basis aset kripto yang berbeda, yakni Ether.

Transaksi Coin BTC di Sini!

4. Pengacara Sam Bankman-Fried Usulkan Instruksi Juri

  • Tim pengacara Sam Bankman-Fried bersama dengan Departemen Kehakiman Amerika Serikat mendesak hakim untuk mengambil keputusan. Sebab, dalam beberapa minggu mendatang kesaksian para saksi akan rampung.
  • Berdasarkan skema hukum yang berlaku, hakim dapat menerima salah satu proposal atau membuat jalan tengah saat menginstruksikan juri terkait tujuh dakwaan yang menjerat Bankman-Fried.
  • Department of Justice (DoJ) dan tim pengacara masing-masing memiliki proposal berisikan instruksi yang bisa diadopsi oleh hakim. Meski berseberangan, keduanya memiliki kesamaan yakni menginginkan hakim untuk menegaskan duduk perkara dan tuduhan fraud yang menimpa Bankman-Fried.
  • Persidangan saat ini memasuki masa hiatus. Sidang selanjutnya akan kembali digelar pada 26 Oktober mendatang.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1