Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 14 Desember 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 14 Desember 2023

14 Dec 2023, 8:23 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 14 Desember 2023

The Fed isyaratkan penurunan FFR hingga ratusan investor Australia kena skema penipuan kripto, terangkum dalam Daily News berikut!

Berikut ini kami sajikan rangkuman kabar dari jagat kripto, Kamis (14/12).

1. Dovish, The Fed Kasih Sinyal Pelonggaran Moneter Tahun Depan

  • Bank Sentral Amerika Serikat, Federal reserve kembali menahan bunga acuan Fed Funds Rate (FFR) di kisaran 5,25% hingga 5,5% sesuai dengan prediksi pasar pada Rabu (13/12) kemarin.
  • Meski FFR tetap, The Fed memberi pernyataan akan melakukan pelonggaran moneter berupa penurunan suku bunga acuan di tahun depan. FFR rencananya akan diturunkan hingga kisaran 4,6% di akhir tahun 2024.
  • Alasan di balik langkah The Fed ini ialah kondisi perekonomian baik rumah tangga maupun bisnis yang berat akibat kebijakan moneter yang terlalu ketat. Dampaknya, aktivitas perekonomian, lapangan pekerjaan dan tingkat inflasi ikut terdampak oleh kebijakan moneter ketat tersebut.
  • The Fed juga merevisi target inflasi akhir tahun 2023 dari 3,7% menjadi 3,2%. Sementara target inflasi tahun depan ditargetkan turun lebih dalam dari target semula 2,6% menjadi 2,4%.
  • Proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan versi The Fed pun ikut mengalami revisi, yakni dari target semula 1,5% menjadi 1,4%.

2. Coinbase Perkenalkan Trading Spot Kripto Buat Nasabah Institusional Luar AS

  • Mulai hari ini, Kamis (14/12), klien institusi dari luar wilayah Amerika Serikat dapat melakukan trading spot pada aset kripto melalui platform Coinbase.
  • Sejauh ini, dua aset yang dapat menjadi subjek trading spot antara lain Bitcoin ($BTC) dan Ether ($ETH). Namun, fitur ini juga akan menyediakan opsi aset koin maupun kripto lain di masa depan.
  • Target utama pada fitur ini sementara memang masih terbatas pada klien institusi. Namun, Coinbase menegaskan bahwa nantinya klien retail juga bisa menikmati fitur trading spot ini.

Transaksi Coin BTC di Sini!

Transaksi Coin ETH di Sini!

3. Sempat Susut, Cardano Terdampak Kebijakan Moneter AS

  • Harga koin Cardano ($ADA) sempat mengalami penyusutan 7,75% dalam 24 jam terakhir pada perdagangan Rabu (13/12) kemarin. Penyusutan terjadi saat indikator teknikal ADA menunjukkan bahwa harganya memasuki area jenuh beli alias overbought.
  • Chart Relative Strength Index (RSI) dari trend harga ADA sempat melampaui area 70 yang mengindikasikan jenuh beli. Trader melakukan aksi taking profit demi mengamankan akumulasi margin mereka lantaran ekspektasi harga akan berbalik arah.
  • Meski sempat susut, hari ini ADA diperdagangkan pada level harag US$0,6498 per unit, melejit 16,21% dalam 24 jam terakhir.

Transaksi Coin ADA di Sini!

4. Harga LUNC Sempat Anjlok, Komunitasnya Pertimbangkan Opsi Pembakaran

  • Narasi pembakaran sebanyak 800 juta unit $USTC meningkat lantaran anjloknya aset-aset Terra Luna Classic ($LUNC). Komunitas Terra Luna melihat opsi ini akan membuat harga LUNC dan USTC bangkit dari keterpurukan.
  • Validator menyarankan untuk mengambil 800 juta USTC yang akan dibakar tersebut dari perbendaharaan Terra Luna Classic yang tersimpan di Wallet Risk Harbor Multisig demi menghindari masalah hukum.
  • Alasannya ialah Risk Harbor diketahui telah kehilangan kunci wallet digitalnya, sehingga aset di dalam wallet tersebut sulit untuk dipulihkan. Pembakaran aset dalam wallet dianggap sebagai solusi terbaik mengingat asetnya sudah dianggap hilang dan wallet-nya sendiri sudah masuk ke dalam daftar hitam.
  • Pasca pembakaran tersebut, harga LUNC loncat 8%menjadi US$0,000180 per unit. Sementara USTC naik 7% ke level US40,0411 per unit dalam 24 jam terakhir.
  • Tak hanya harganya, volume trading kedu aset tersebut melonjak sebesar 26% dalam 24 jam terakhir

Transaksi Coin LUNC di Sini!

Transaksi Coin USTC di Sini!

5. Harga Celestia Ikut Terbang Gegara Polygon

  • Polygon ($MATIC) mengumumkan rencananya untuk bekerjasama dengan Celestia ($TIA) yang mengembangkan infrastruktur data terdesentralisasi dalam development kit-nya. Integrasi ini akan kemungkinan developer mengkonstruksi jaringan layer-2 menggunakan piranti lunak Polygon dengan memanfaatkan kapabilitas data handling Celestia.
  • Celestia telah mengukuhkan posisinya sebagai solusi penyedia data yang ekonomis, khususnya bagi jaringan yang masih berkembang.
  • Berkat pengumuman tersebut, harga token Celestia melambung 13% dalam 24 jam terakhir ke level US$12,86 per unit pada perdagangan hari ini.

Transaksi Coin MATIC di Sini!

6. Ratusan Investor Australia Kehilangan Jutaan Dolar Dari Skema Penipuan Kripto

  • Skema operasional penipuan berbasis kripto bernama HyperFund dan HyperVerse disinyalir menggunakan skema piramida dan penipuan berdasarkan temuan investigasi Guardian Australia.
  • Keduanya didirikan oleh Sam Lee yang mendapat julukan sebagai 'Putra Mahkota Bitcoin' di Australia dan Zijing Xu yang menyebut dirinya sebagai salah satu dari empat raja Bitcoin di China.
  • Keduanya merupakan pendiri dari Blockchain Global yang masih berhutang sebanyak US$58 juta kepada krediturnya hingga saat ini.
  • Guardian Australia menemukan bahwa keduanya yakni Lee dan Xu telah mempromosikan berbagai investasi berbasis kripto bodong sejak 2018 dimana semuanya gagal dan investornya tidak bisa menarik dana investasinya kembali.
  • Kasus ini meningkatkan kewaspadaan di Australia yang menuding lemahnya regulasi kripto hingga mengakibatkan kerugian besar pada sejumlah besar investor yang terjerat skema investasi bodong berbasis kripto.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

 

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1