Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 11 Desember 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 11 Desember 2023

11 Dec 2023, 8:31 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 11 Desember 2023

Sejumlah negara curigai Korea Utara perihal pencurian kripto hingga penghindaran pajak jadi fokus utama AS, tersaji dalam Daily News berikut!

Berita Pilihan Kripto Hari Ini

1. Petinggi Jepang, AS, dan Korsel Kopi Darat Bahas Pencurian Kripto Korea Utara

  • Petinggi keamanan Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang pada Jumat (8/12) melakukan perundingan trilateral terkait isu geopolitik di Korea Utara. Selain berbincang mengenai program senjata pemusnah massal yang dimiliki negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut, ketiga negara rupanya juga membicarakan agenda terkait pencurian aset kripto yang hasilnya diduga digunakan untuk mendanai program-program tersebut.
  • Sekadar informasi, sejumlah negara seperti AS mencurigai bahwa Korea Utara telah menjadi dalang di balik serangkaian pencurian aset kripto dengan kerugian mencapai miliaran Dolar AS. Salah satunya adalah aksi kelompok peretas Lazarus Group yang menggondol US$600 juta dari jaringan Axie Infinity melalui Ronin Bridge pada tahun lalu. Sejauh ini, AS menduga bahwa Lazarus Group berafiliasi dekat dengan pemerintah Korea Utara.
  • "Penasihat keamanan ketiga negara telah mengkaji tingkat kemajuan di sejumlah inisiatif, termasuk upaya kami dalam merespons pemanfaatan aset kripto oleh Korea Utara untuk mendanai program-program senjata pemusnah massal," ujar notulen pertemuan tersebut yang dirilis Gedung Putih akhir pekan lalu.

2. Harga ETH Diramal Kokoh Pekan Ini

  • Lembaga analisis Santiment pada Jumat (8/11) dalam cuitannya di akun Twitter X mengatakan bahwa Ether (ETH) telah menembus US$2.379 per keping, atau level tertingginya sejak Juni 2022.
  • Hal itu disebabkan karena semakin banyak pelaku pasar memutuskan untuk mengakumulasi ETH beberapa waktu terakhir. Adapun menurut data Santiment, 150 address dengan jumlah kepemilikan ETH terbesar dengan akumulasi mencapai 54,6 juta keping ETH memutuskan untuk menyimpan ETH-nya di luar sarana exchange.
  • Kemudian, analisis teknikal yang dilakukan newsbtc juga menunjukkan bahwa arah pergerakan harga ETH juga masih bakal kokoh sepanjang pekan ini. Pasalnya, usai mengalami reli 10% sepanjang pekan lalu, kini ETH pun diperdagangkan di rentang harga yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Transaksi Coin ETH di Sini!

3. 85 Miliar LUNC Telah dibakar dalam Kurun 1,5 Tahun Terakhir.

  • Komunitas Terra Classic (LUNC) telah menorehkan tonggak sejarah baru setelah berhasil membakar (burning) 85 miliar keping LUNC dalam rentang waktu sejak aktivitas burning dimulai 18 Mei 2022 hingga 11 Desember 2023.
  • Hal ini terjadi setelah salah satu platform kripto terbesar Binance telah membakar 4 miliar LUNC dalam aktivitas burning yang dilakukannya 1 Desember 2023 lalu. Hal ini pun menjadikan Binance sebagai kontributor pembakaran LUNC terbesar lantaran telah menghanguskan total 43,6 miliar keping LUNC sejak 18 Mei 2022.
  • Di samping itu, komunitas LUNC juga konsisten dalam membakar rata-rata 200 juta keping LUNC di setiap pekannya hingga saat ini.
  • Asal tahu saja, komunitas kripto memutuskan melakukan burning LUNC untuk memulihkan nilai aset kripto tersebut yang sempat terjun bebas pada Mei tahun lalu. Dengan burning, suplai LUNC diharapkan akan menyusut dan bisa berkontribusi positif bagi harga LUNC nantinya.

Transaksi Coin LUNC di Sini!

Transaksi Coin USTC di Sini!

4. Tether Cetak 7 Miliar USDT Dalam Tiga Bulan Terakhir

  • Tether, perusahaan di balik stablecoin USDT, disebut telah mencetak 7 miliar keping USDT dalam tiga bulan terakhir. Hal itu pun membuat total suplai USDT yang beredar mencapai 90 miliar keping per Minggu (10/12).
  • Analis mengatakan, penambahan pencetakan USDT merupakan indikasi bahwa permintaan pasar terhadap stablecoin tersebut tengah meningkat seiring kondisi pasar kripto yang kian kondusif. Penambahan suplai ini tentunya juga akan menopang volume trading USDT dan meningkatkan nilai kapitalisasi pasar token tersebut.

Transaksi Coin USDC di Sini!

5. Reli ADA Diramal Lanjut Hingga Akhir Desember

  • Sejumlah analis yang dihimpun Coingape pada Minggu (10/12) menyebut bahwa harga Cardano (ADA) berpotensi reli sepanjang bulan ini dan menembus level US$0,75 per keping di akhir tahun. Jika terjadi, maka angka tersebut meningkat sekitar 36% dari US$0,55 per keping pada senin (11/12) pukul 15.00 WIB.
  • Coingape mengatakan, reli itu kemungkinan besar bakal terjadi mengingat ADA telah menyentuh rekor tertingginya dalam 18 bulan terakhir di US$0,63 pada pekan lalu setelah volume tradingnya meningkat. Apalagi, pola pergerakan harganya saat ini terbilang mirip seperti akhir 2020, di mana harga ADA sempat berkonsolidasi sejenak sebelum akhirnya meroket 2.305% ke level US$3,09 di Agustus 2021.
  • Coingape juga mengutip data Challengly yang mengatakan bahwa harga ADA akan konsisten menanjak dalam enam tahun ke depan dan akan menyentuh harga rata-rata US$6,33 pada 2030 nanti.

Transaksi Coin ADA di Sini!

6. AS Soroti Penghindaran Pajak dari Aktivitas Kripto

  • Lembaga penerimaan AS (IRS) mengatakan bahwa upaya penghindaran pajak (tax evasion) dari kegiatan kripto menjadi fokus utama investigasinya sepanjang periode fiskal 1 Oktober 2022 hingga 30 September 2023. Hal itu diungkapkan IRS dalam laporan tahunannya yang dirilis awal bulan ini.
  • Dalam laporan tersebut, unit investigasi kriminal IRS mengatakan bahwa setengah dari penyelidikan dugaan tindak pidana berkaitan dengan aset digital yang dilakukan sepanjang periode tersebut merupakan kasus penghindaran pajak. Tren tersebut, lanjut IRS, berbeda dibanding tiga tahun lalu, di mana sebagian besar dugaan tindak pidana aset digital berkaitan dengan pencucian uang (TPPU).

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1