Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - 7 September 2023
shareIcon

Daily News - 7 September 2023

7 Sep 2023, 5:43 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - 7 September 2023

Selamat siang, Sobat Cuan! Apple dapat tantangan dari China hingga saham AMC ambyar dalam semalam, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. China Larang Pejabat Pemerintahannya Pakai iPhone

  • Nilai saham raksasa teknologi Apple ($AAPL) ambles 3,58% pada penutupan perdagangan kemarin. Hal ini terjadi usai Wall Street Journal melaporkan bahwa pemerintah China melarang jajaran pimpinan di lembaga pemerintahannya untuk menggunakan ponsel pintar iPhone ketika bertugas.

  • Menurut laporan tersebut, kebijakan itu merupakan bagian dari upaya Presiden China Xi Jinping untuk mengurangi ketergantungan China terhadap teknologi asing.

  • Tak ketinggalan, aksi tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan aspek keamanan siber di tengah meningkatnya tensi geopolitik antara China dan AS.

  • Kabar tersebut dianggap bisa menjadi pukulan bagi performa keuangan perusahaan ke depan mengingat China berkontribusi signifikan bagi Apple. Sebagai gambaran, China menyumbang pendapatan US$15,7 miliar, alias 19,21%, terhadap total pendapatan perseroan sebesar US$81,79 miliar antara Mei hingga Juli 2023.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 6 September 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 27,9 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 15,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka US$ 202,85 dengan potensi kenaikan sebesar 10,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AAPL di Sini!

2. Pabrik Tesla di Meksiko Disebut Bakal Beroperasi 2026

  • Surat kabar Meksiko Reforma yang dikutip Reuters melaporkan bahwa produsen mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) akan mulai memproduksi unit kendaraan di fasilitas produksi perusahaan di Nuevo Leon, Meksiko mulai 2026 atau 2027 mendatang.

  • Dalam laporan tersebut, Reforma mengutip seorang sumber yang berasal dari perusahaan pemasok Tesla yang mengatakan bahwa rencana operasi Tesla di fasilitas produksi tersebut bakal "lebih lambat dibanding jadwal sebelumnya". Reuters sendiri sempat melaporkan bahwa fasilitas produksi Tesla di Meksiko semestinya mulai beroperasi pada 2025 mendatang.

  • Hanya saja, Tesla belum mengonfirmasi kabar tersebut hingga saat ini.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 6 September 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 6,6 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 2,1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka US$ 264,58 dengan potensi kenaikan sebesar 5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

3. Segmen 'IT Security' Jadi Andalan, GitLab Catat Prestasi Keuangan 

  • Perusahaan piranti lunak GitLab ($GTLB) kemarin melaporkan kinerja keuangan yang cemerlang sepanjang Mei-Juli 2023, dan bahkan melampaui estimasi analis, berkat kontribusi yang mantap dari segmen bisnis keamanan informasi teknologi.

  • Pada periode tersebut, perusahaan mencatat pendapatan US$139,6 juta atau tumbuh 38% dari triwulan yang sama tahun lalu. Raihan itu ternyata lebih baik dari estimasi analis, yakni US$138,11 juta.

  • Selain itu, GitLab juga menorehkan laba per saham US$0,001 per lembar di periode yang sama. Angka ini berbanding terbalik dari estimasi analis yakni rugi per saham sebesar US$0,015 per lembar.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 6 September 2023, GTLB telah diperdagangkan pada level 10,4 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 6,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GTLB di angka US$ 59,93 dengan potensi kenaikan sebesar 19,9% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GTLB di Sini!

4. Saham AMC Terjun Bebas, Sentuh Level Terendahnya Sepanjang Masa

  • Nilai saham jaringan bioskop AS AMC Entertainment ($AMC) ambles 36,8% pada penutupan perdagangan kemarin dan bahkan mengantar harga saham perusahaan ke level terendahnya sepanjang masa.

  • Hal ini terjadi setelah perusahaan kemarin menerbitkan prospektus yang menjelaskan rencana untuk menerbitkan lebih dari 40 juta lembar saham baru demi menggaet dana segar.

  • Hanya saja, perusahaan tidak memberi penjelasan terkait kapan saham-saham tersebut akan diterbitkan.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 6 September 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka US$ 14,4 dengan potensi kenaikan sebesar 67,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMC di Sini!

5. Google Siap Rampungkan Perkara Hukum Terkait Monopoli

  • Raksasa internet anak usaha Alphabet ($GOOG), Google, dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan beberapa pemerintah negara bagian AS untuk menyelesaikan perkara dugaan persaingan usaha tidak sehat yang menyangkut praktik bisnis di Google Play Store.

  • Hal ini merupakan babak baru dari gugatan hukum yang dilayangkan otoritas kejaksaan negara bagian New York, California, Carolina Utara, Tennessee dan Utah terhadap Google pada 2021 lalu.

  • Sekadar informasi, dalam gugatan tersebut, sejumlah kejaksaan negara-negara bagian tersebut menuduh Google telah melakukan tindakan monopoli dengan mengerek harga sejumlah aplikasi berbayar dan biaya berlangganan di beberapa aplikasi dari harga yang sebenarnya.

  • Selain itu, Google juga dituduh memasang hambatan-hambatan teknis bagi sejumlah pengembang aplikasi yang ingin memasarkan produknya di Google App Store. Adapun salah satu hambatan yang dimaksud adalah mewajibkan pengembang untuk membayar komisi ke Google sebesar 30% dari setiap nilai transaksi.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 6 September 2023, GOOG telah diperdagangkan pada level 12,5 x EV/EBITDA-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 9,9 x. Konsensus memberikan fair value harga saham GOOG di angka US$ 145,56 dengan potensi kenaikan sebesar 7,5% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

6. Microsoft 'Pede' Video Game Teranyarnya Bakal Laris Manis

  • Perusahaan teknologi Microsoft optimistis bahwa video game teranyar besutannya, Starfield, akan laku keras di pasaran. Hal itu disampaikan CEO Microsoft Gaming Phil Spencer kepada CNBC, kemarin.

  • Spencer beralasan, game tersebut dapat diakses tanpa memerlukan mesin permainan baru. Sehingga, ratusan juta pemain game semestinya dapat menikmati permainan tersebut tanpa kendala.

  • Asal tahu saja, Microsoft sudah membuka akses video game Starfield sejak Rabu (6/9) kepada komputer personal, mesin permainan Xbox, dan gawai lainnya melalui penyimpanan cloud gaming.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 6 September 2023, MSFT telah diperdagangkan pada level 29,5 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 25,3 x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka US$ 393,17 dengan potensi kenaikan sebesar 18,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MSFT di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1