Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - 19 September 2023
shareIcon

Daily News - 19 September 2023

19 Sep 2023, 5:37 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - 19 September 2023

Mulai dari Arab Saudi sedang jajaki kerja sama dengan Tesla hingga direktur Microsoft undur diri, semua terangkum di Daily News!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Arab Saudi Jajaki Pembangunan Pabrik dengan Tesla

  • Fox Business pada Senin (19/9) mengabarkan bahwa Arab Saudi sedang dalam pembicaraan dengan produsen mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) untuk membangun fasilitas manufaktur di negara tersebut.
  • Menurut seorang sumber kepada Fox Business, pembicaraan itu dilakukan karena Arab Saudi disebut tengah berambisi untuk mencari sumber pendapatan ekonomi selain dari sektor minyak dan gas.
  • Di samping itu, langkah tersebut juga dimaksudkan agar Arab Saudi bisa segera mengamankan suplai bahan baku logam, sebuah bahan baku yang krusial bagi produksi mobil listrik.
  • Namun, sumber tersebut mengatakan bahwa pembicaraan itu masih berada di fase awal. Baik Arab Saudi dan Tesla sampai saat ini belum mengonfirmasi kabar yang dimaksud.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 September 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 6,9 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka US$ 268,44.

Transaksi Saham TSLA di Sini!

2. Wedbush Kerek Target Harga Saham Carvana

  • Analis Wedbush Seth Basham, dalam catatannya kemarin, mengerek peringkat saham perusahaan agen penjualan mobil bekas Carvana ($CVNA) dari Underperform menjadi Neutral. Selain itu, ia pun meningkatkan target harga saham perusahaan dari US$40 menjadi US$48.
  • Keputusan itu diambil setelah Basham menyambut baik serangkaian inisiatif bisnis baru perusahaan. Seluruh inisiatif tersebut, lanjutnya, bisa meningkatkan penjualan mobil bekas dengan sistem cicilan dan pada akhirnya menopang penjualan perusahaan setidaknya hingga kuartal IV 2023.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 September 2023, CVNA telah diperdagangkan pada level 1,3 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 0,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham CVNA di angka US$ 43,65.

Transaksi Saham CVNA di Sini!

3. Tunjuk Direktur Operasional Baru, Saham Nikola Mendadak Bersinar

  • Nilai saham produsen mobil listrik Nikola ($NKLA) melonjak 33,61% pada perdagangan kemarin. Peristiwa ini terjadi setelah perusahaan mengumumkan telah menunjuk Mary Chen sebagai direktur operasional terbaru Nikola.
  • Antusiasme pasar sepertinya tak berlebihan mengingat Chen punya rekam jejak gemilang di industri otomotif. Sebelum menduduki jabatan direktur operasional Nikola, Chen sempat menjadi salah satu tokoh kunci pengembangan produk di produsen otomotif General Motors.
  • Analis berharap, kehadiran Chen dapat memperbaiki kualitas produk-produk Nikola yang belakangan tengah dikritisi publik.
  • Sekadar informasi, pada Agustus lalu, Nikola terpaksa menarik sejumlah produknya dari pasaran setelah menemukan bahwa baterai-baterai mobil tersebut rentan bocor dan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 September 2023, NKLA telah diperdagangkan pada level 4,7 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,5 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NKLA di angka US$ 2,7 dengan potensi kenaikan sebesar 69,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham NKLA di Sini!

4. AMC Lempar Ide Rilis Minuman Anggur

  • CEO jaringan bioskop AS AMC Entertainment ($AMC) Adam Aron menyampaikan gagasan untuk mendiversifikan usaha perusahaannya dengan meluncurkan sebuah produk minuman anggur. Aron menyampaikan rencana tersebut dalam sebuah jajak pendapat di akun media sosial X miliknya pada Jumat (15/9).
  • Aron mengatakan, produk itu rencananya akan diberi nama Chateau Simian. Nama itu merupakan sebuah penghargaan bagi segelintir investor ritel yang sempat menjadikan saham AMC sebagai saham meme, bersama dengan saham GameStop, kala pasar modal dihebohkan dengan kebangkitan saham meme pada awal 2021 silam.
  • Asal tahu saja, dalam dunia sains, istilah Simian merujuk pada golongan primata kelas tinggi. Aron menganggap istilah itu cocok diberikan kepada investor saham meme lantaran mereka selalu merujuk dirinya sendiri sebagai Apes (kera).

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 September 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka US$ 39,02 dengan potensi kenaikan sebesar 400,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham AMC di Sini!

5. Direktur Produk Microsoft Hengkang Setelah Mengabdi 20 Tahun

  • Raksasa teknologi Microsoft Inc. ($MSFT) kemarin mengumumkan bahwa sang Chief Product Officer Panos Panay telah memutuskan undur diri dari Microsoft setelah 20 tahun meniti karier di perusahaan tersebut.
  • Hingga saat ini, Microsoft belum membeberkan alasan pengunduran diri Panay. Namun, menurut rumor yang beredar, Panay memutuskan angkat kaki dari perusahaan setelah merasa gagal meningkatkan pertumbuhan penjualan komputer layar sentuh milik Microsoft, Microsoft Surface, dan sistem operasi Windows secara signifikan dalam satu dekade terakhir.
  • Di samping itu, Microsoft juga tidak menyebut sosok yang bakal mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Panay. Perusahaan hanya menyebut bahwa direktur pemasaran Yusuf Mehdi akan mengambil alih kepemimpinan bisnis Windows dan Surface dari Panay.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 September 2023, MSFT telah diperdagangkan pada level 29,1 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 25,6 x. Konsensus memberikan fair value harga saham MSFT di angka US$ 393 dengan potensi kenaikan sebesar 19,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi Saham MSFT di Sini!

6. Canopy Growth Umumkan Private Placement, Sahamnya Anjlok 15%

  • Nilai saham produsen ganja Canopy Growth Corp ($CGC) tumbang 15,56% pada penutupan perdagangan kemarin. Hal ini terjadi setelah perusahaan mengumumkan akan menawarkan saham secara langsung kepada investor terpilih (private placement) untuk meningkatkan likuiditasnya.
  • Dalam pernyataan yang dirilis kemarin, perseroan berharap bisa meraup dana segar US$50 juta dari aksi korporasi tersebut.
  • Rinciannya, sebanyak US$25 juta didapatkan dari penawaran 22,9 juta lembar saham dengan harga US$1,09 per lembar. Namun, investor terpilih juga memiliki opsi untuk mengoleksi 22,9 juta lembar saham tambahan di harga yang sama sebelum 2 November 2023.

Valuasi & Insight :

Berdasarkan harga penutupan 18 September 2023, CGC telah diperdagangkan pada level 3,7 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 2,4 x. Konsensus memberikan fair value harga saham CGC di angka US$ 0,77.

Transaksi Saham CGC di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1