Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - 14 September 2023
shareIcon

Daily News - 14 September 2023

14 Sep 2023, 8:57 AM·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - 14 September 2023

Taylor Swift Effect di AMC hingga Pimpinan Starbucks Undur Diri, semua terangkum dalam berita spesial hari ini!

Berita Pilihan Hari Ini

1. Taylor Swift Effect, AMC Cetak Hattrick

  • AMC Entertainment Holdings Inc. ($AMC) melanjutkan reli pada perdagangan kemarin dengan apresiasi nilai saham sebesar 8,9% dalam sehari.

  • Kenaikan harga saham harian tersebut merupakan rekor tertinggi sejak Agustus, yakni saat proyek reversal stock split dan konversi APE dengan valuasi 10 berbanding 1 baru dimulai.

  • Hattrick nilai saham AMC disebut-sebut tak terlepas dari Taylor Swift Effect. Diva pop dunia itu telah mengumumkan kerjasamanya dengan AMC sebagai salah satu jaringan bioskop terbesar di AS dalam perilisan film konsernya bulan depan.

  • Taylor Swift Effect berkontribusi sebesar USD 325 juta dari penjualan 40 juta lembar saham di awal bulan ini setelah pengumuman kerjasama tersebut.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 13 September 2023, AMC telah diperdagangkan pada level 2,2 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,7 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AMC di angka US$ 14,4 dengan potensi kenaikan sebesar 74,8% dalam setahun kedepan.

Transaksi AMC di Sini!

2. Tesla Tingkatkan Nilai Pembelian Komponen Mobil Listrik dari India

  • Perusahaan mobil listrik Tesla Inc. ($TSLA) berencana melakukan pemesanan komponen mobil listrik sebesar USD 1,9 miliar, meningkat 90% dari nilai pemesanan tahun lalu, yakni USD 1 miliar.

  • Tahun lalu, Tesla membukukan laba sebesar USD 81,5 miliar yang menempatkannya pada posisi ke 50 dalam jajaran Fortune 500.

  • Peningkatan nilai pemesanan komponen mobil listrik tahun ini tak luput dari lobi panjang yang dilakukan salah satu pimpinan Tesla, Elon Musk, sejak Mei lalu.

  • Pemerintah India telah menyetujui relaksasi aturan perpajakan dan impor kendaraan di India demi memfasilitasi permintaan Musk.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 13 September 2023, TSLA telah diperdagangkan pada level 7,1 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1,8 x. Konsensus memberikan fair value harga saham TSLA di angka US$ 268,44

Namun, Adam Jonas dari Morgan Stanley dalam analisisnya per 10 September 2023 meningkatkan target harga saham TSLA menjadi US$ 400, didorong oleh proyek superkomputer Dojo oleh TSLA.

Transaksi TSLA di Sini!

3. Radiasi Tinggi, Perancis Tarik iPhone 12 dari Peredaran

  • Agence Nationale des Franquences (ANFR) atau Badan Pengawas Radiasi Perancis menangguhkan penjualan iPhone 12 dari pasar Perancis lantaran tingkat radiasinya yang tinggi.

  • Perintah penangguhan itu berlaku efektif sejak 12 September 2023, berbarengan dengan peluncuran seri terbaru iPhone, yakni iPhone 15.

  • ANFR mengklaim hasil pengujian tingkat penyerapan spesifik atau SAR pada iPhone 12 melampui ambang batas yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

  • Tak hanya menangguhkan penjualan unit baru, ANFR juga meminta Apple ($AAPL) menyediakan solusi bagi unit-unit iPhone 12 yang telah terjual sebelumnya.

  • Menanggapi tudingan tersebut, Apple berkukuh bahwa produknya telah melalui berbagai pengujian dan mengantongi sejumlah sertifikasi. Meski menolak klaim ANFR, Apple tetap koperatif untuk menyelesaikan persoalan ini.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 13 September 2023, AAPL telah diperdagangkan pada level 26,5 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 15,9 x. Konsensus memberikan fair value harga saham AAPL di angka US$ 204,49 dengan potensi kenaikan sebesar 17,4% dalam setahun kedepan.

Transaksi AAPL di Sini!

4. Nikola Mulai Jual Truk Bertenaga Hidrogen Akhir Bulan Ini

  • Perusahaan pabrikan kendaraan listrik komersial Nikola Corp. ($NKLA) akhirnya mengumumkan tanggal resmi dirilisnya truk bertenaga hidrogen. Truk berenergi hijau itu akan mulai dipasarkan akhir bulan nanti.

  • Produksi truk bertenaga hidrogen telah dimulai sejak musim panas. Namun, unit pertama yang berhasil diproduksi baru rampung dua minggu yang lalu.

  • Sejauh ini, Nikola telah mengantongi sebanyak 210 permintaan truk bertenaga hidrogen dengan skema pesanan tidak mengikat.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 13 September 2023, NKLA telah diperdagangkan pada level 2,8 x EV/Revenue-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 1 x. Konsensus memberikan fair value harga saham NKLA di angka US$ 2,7 dengan potensi kenaikan sebesar 210,3% dalam setahun kedepan.

Transaksi NKLA di Sini!

5. Vaksin Covid Terbaru Tiba di AS Hari ini

  • Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah mengamankan stok vaksin bagi seluruh warga Amerika Serikat hingga enam bulan ke depan.

  • Dosis vaksin terbaru itu berasal dari dua perusahaan farmasi yakni Pfizer ($PFE) dan Moderna.

  • Pengadaan Vaksin kali ini merespons penyebaran varian terbaru omicron bernama XBB.1.5. Varian tersebut dituding sebagai dalang meningkatnya pasien Covid selama tujuh minggu berturut-turut pada Agustus lalu.

  • Targetnya, seluruh warga AS yang berusia di atas 6 tahun harus mendapat sekurangnya satu dosis vaksin tahun ini.

  • CDC masih menguji efektivitas vaksin dari Novavax untuk target usia di bawah 6 tahun.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 13 September 2023, PFE telah diperdagangkan pada level 10,2 x PE-nya setahun terakhir atau lebih rendah dari rata-rata kompetitor di 19 x. Konsensus memberikan fair value harga saham PFE di angka US$ 43,84 dengan potensi kenaikan sebesar 28,6% dalam setahun kedepan.

Transaksi PFE di Sini!

6. Pimpinan Starbucks Howard Schultz Resmi Undur Diri

  • Mantan CEO Starbucks ($SBUX) Howard Schultz resmi undur diri dari jajaran Dewan Direksi kemarin.

  • Schultz telah menjabat CEO waralaba terkemuka itu sebanyak tiga kali sejak tahun 1987. Karenanya Starbucks menyematkan gelar sebagai ‘lifelong Chairman Emeritus’ kepadanya meski Ia telah pensiun.

  • Starbucks telah memilih penasehat senior Alibaba Group, Wei Zhang untuk duduk di jajaran Dewan Direksi menggantikan Schultz. Efektif 1 Oktober nanti, Zhang akan memimpin pengembangan bisnis di China.

  • Setelah pensiun, Schultz berencana untuk fokus pada keluarga dan kegiatan filantropi. Ia bertekad tidak akan kembali turun tangan memimpin Starbucks setelah berulang kali memegang jabatan CEO.

Valuasi & Insight

Berdasarkan harga penutupan 13 September 2023, SBUX telah diperdagangkan pada level 24 x PE-nya setahun terakhir atau lebih tinggi dari rata-rata kompetitor di 18 x. Konsensus memberikan fair value harga saham SBUX di angka US$ 111,61 dengan potensi kenaikan sebesar 15,1% dalam setahun kedepan.

Transaksi SBUX di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1