Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Pluang Pagi: Kripto Mulai 'Bangun Tidur', Saham AS Makin Tersungkur
shareIcon

Pluang Pagi: Kripto Mulai 'Bangun Tidur', Saham AS Makin Tersungkur

27 Jul 2022, 1:47 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Pluang Pagi: Kripto Mulai 'Bangun Tidur', Saham AS Makin Tersungkur

Selamat pagi, Sobat Cuan! Pluang Pagi kembali menyapa kamu dengan rangkuman kinerja pasar pagi ini. Yuk, simak bersama!

Indeks Saham AS

  • Trio indeks saham AS melanjutkan koreksinya di perdagangan Selasa (26/7). Nilai Dow Jones Industrial Average (DJIA) melorot 0,82%, sementara nilai S&P 500 dan Nasdaq masing-masing ambles 1,2% dan 1,9%.
  • Anjloknya nilai saham Walmart lebih dari 7% kemarin menjadi biang kerok lesunya indeks Wall Street. Nilai saham Walmart diketahui tumbang setelah memangkas proyeksi labanya sebesar 11% hingga 13% di tahun ini akibat inflasi dan pelemahan daya beli masyarakat.
  • Sayangnya, pengumuman tersebut menjadi tulah bagi saham-saham sektor ritel. Pasalnya, pelaku pasar menganggap kabar dari Walmart sebagai sinyal bahwa daya beli masyarakat sepertinya benar-benar dalam bahaya hingga akhir tahun ini.
  • Selain goyangnya saham Walmart, runtuhnya saham-saham teknologi juga menjadi momok indeks saham AS kemarin. Nilai saham Google dan Microsoft melemah lebih dari 2% sementara nilai saham Meta Platforms ringsek lebih dari 4%.
  • Hal ini terjadi karena pelaku pasar tak mau kelewat ngebet bertaruh di saham-saham raksasa teknologi. Pasalnya, mereka memilih menanti perilisan laporan keuangan perusahaan-perusahaan tersebut pada pekan ini.
  • Di samping itu, terdapat pula pelemahan nilai saham Shopify sebesar 14% yang menjadi "duri dalam daging" bagi indeks saham AS.
  • Nilai saham Shopify tak berdaya setelah perusahaan mengumumkan akan memangkas 10% karyawannya.

Baca Juga: Rangkuman Pasar: IHSG Tampil Mentereng, Kripto Malah Semakin Oleng

Aset Kripto

  • Sementara itu, pasar kripto akhirnya perlahan bangkit setelah terbenam sejak awal pekan.
  • Melansir Coinmarketcap pukul 08.23 WIB, delapan dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar sejagat sukses mendarat di zona hijau dalam 24 jam terakhir.
  • Nilai Bitcoin (BTC) naik tipis 0,58% dalam sehari terakhir dan kini berada di US$21.168 per keping. Sementara nilai Ether (ETH) tumbuh 1,01% ke US$1.437 per keping.
  • Altcoin lainnya pun menunjukkan pemulihan, meski memang pergerakannya tak signifikan.
  • Nilai XRP, Polkadot (DOT), dan Polygon (MATIC) kompak tumbuh hampir 1% dalam sehari terakhir. Sementara Binance Coin (BNB) dan Tron (TRX) sama-sama membukukan pertumbuhan nilai 3,5% di waktu yang sama.
  • Meski berhasil bangun dari tidur panjangnya sejak awal pekan, harga aset kripto masih dibayang-bayangi sentimen makroekonomi yang kuat.
  • Analis beranggapan, pelaku pasar secara umum masih menahan diri mengantisipasi dua pengumuman makroekonomi penting pekan ini, yakni pengumuman suku bunga acuan The Fed dan pengumuman Produk Domestik Bruto (PDB) AS.
  • Di samping itu, pelaku pasar juga masih mengantisipasi rentetan perilisan kinerja keuangan perusahaan teknologi AS selama pekan ini.
  • Asal tahu saja, pelaku pasar memang selalu mengaitkan kinerja harga kripto dengan indeks AS, khususnya saham-saham teknologi growth stocks, karena dianggap punya profil risiko yang sama.
  • Kabar lainnya, regulator pasar modal AS The Securities and Exchange Commission (SEC) dilaporkan tengah menginvestigasi beberapa perusahaan exchange kripto yang memungkinkan warga AS untuk menukar token yang seharusnya terdaftar sebagai aset sekuritas.

Emas

  • Harga emas di pasar spot bercokol di US$1.718 per ons pada pukul 08.42 WIB, melemah dibanding kemarin US$1.725 per ons.
  • Harga emas melemah setelah pelaku pasar terlihat masih jaga jarak dengan pasar emas gara-gara menanti pengumuman suku bunga acuan The Fed.

Baca Juga: Pluang Pagi: The Fed Bikin Investor Galau, Laju Kripto Makin Kacau!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS CFD, serta lebih dari 110 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Selain itu, kamu sekarang bisa berdiskusi bersama komunitas di Pluang untuk mendapatkan kabar, insight, dan fakta menarik seputar investasi dari sudut pandang antar member pada Fitur Chatroom Pluang.

Tempat diskusi tanpa worry? Fitur Chatroom solusinya! Klik di sini untuk mendapatkan early access.

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
pluang pagi
Pluang Pagi: Krisis di Ukraina Memanas, Aset Kripto Kembali Lemas!
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1