Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Memahami Bullish Engulfing Pattern, Apa Sih Pentingnya bagi Trading?
shareIcon

Memahami Bullish Engulfing Pattern, Apa Sih Pentingnya bagi Trading?

9 May 2023, 5:39 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Bullish Engulfing Pattern

Bullish engulfing pattern adalah pola candlestick yang bisa membuat trader ketiban untung besar saat melakukan trading! Simak selengkapnya di artikel berikut!

Banyak pola alias pattern pada candle stick chart trading kamu yang dapat membantumu menentukan langkah dalam mengerek cuan. Terutama, pola yang membawa sinyal pembalikan alias reversal. Salah satu pattern reversal yang cukup populer ialah bullish engulfing pattern.

Pola ini cukup sukses memberi sinyal reversal dalam trading. Para trader di pasar saham, pasar valuta asing, hingga pasar cryptocurrencies mengandalkan bullish engulfing pattern agar tidak ketinggalan momentum pasang harga saat tren baru saja dimulai.

Lantas, apa sih istimewanya pola satu ini? Yuk, kenalan lebih jauh!

Apa itu Bullish Engulfing Pattern?

Engulfing pattern adalah pola reversal yang terjadi pada dua candle, di mana candle pertama tertutupi sepenuhnya oleh candle berikutnya. Pada tren bullish, candle yang menutup sempurna menjadi candle pertama pada tren menanjak. Hal ini menandakan bahwa bullish tengah terjadi, sehingga disebut dengan bullish engulfing pattern.

Bullish Engulfing Pattern
Contoh Bullish Engulfing Pattern. Sumber: Investopedia

Reversal alias pembalikan yang akan terjadi saat kamu melihat candle terakhir pada downtrend di chart kamu bakal "terlahap" sempurna oleh candle berikutnya. Hal ini mengindikasikan bahwa harga aset akan memasuki tren yang kuat. Nah, para trader biasanya menggunakan momentum ini untuk memasang posisi entry yang potensial, yakni saat uptrend baru saja dimulai.

Tentunya, risiko besar tetaplah mengintai sejalan dengan besarnya peluang kamu buat cuan. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali secara saksama bagaimana karakteristik pola pembawa cuan ini.

Sebagai konfirmasi para trader menganjurkan untuk melihat histori chart candle bearish yang mendahului candle 'pelahap'. Bullish engulfing pattern dapat menjadi jaminan kamu bakal cuan lebar, terlebih jika analisis kamu yang mumpuni itu juga didukung oleh pengamatan tren harga yang mendahuluinya.

Baca Juga: Bagaimana Memanfaatkan Bullish Divergence untuk Serok Cuan Trading?

Bagaimana Mengenali Bullish Engulfing Pattern?

Kendati pola 'engulfing' alias pelahapan hanya melibatkan dua candlestick saja, kamu tetap perlu mengamati tren harga sekurang enam candlestick sebelumnya untuk mendeteksi polanya.

Sebabnya, para trader dan analis menyebut, sebagai konfirmasi, bullish engulfing pattern terjadi pada candlestick yang berada pada tren bearish alias downtrend sekurangnya empat candle berturut-turut. Jika candle berikutnya terlahap sempurna oleh candle bullish, barulah reversal dapat terkonfirmasi.

Para trader dan analis juga berpendapat, semakin banyak candlestick gelap alias candle downtrend yang mendahuluinya, makin besar kemungkinan bahwa  'pelahapan' yang terjadi adalah bullish engulfing pattern.

Kapan Bullish Engulfing Pattern Muncul?

Tentunya, agar candle berikutnya dapat melahap penuh candle sebelumnya, harga perlu dibuka lebih rendah dari pada harga penutupan sebelumnya. Jika kamu tidak jeli dan sabar menyimak pergerakan harga, maka kamu bisa saja salah mengira bahwa harga akan terus turun! Makanya, penting bagi kamu untuk jeli dalam memantau pergerakan harga aset, ya!

Namun, tren ini dapat berbalik saat jam berdagangan berlangsung lantaran tingginya permintaan yang muncul. Sehingga, harga ditutup pada posisi yang lebih tinggi dari pada penutupan sebelumnya kendati harga pembukaannya lebih rendah.

Perlu dipahami bahwa bullish engulfing pattern muncul saat permintaan membludak lantaran harga yang tengah jatuh. Karenanya, semakin banyak candlestick downtrend yang mendahuluinya maka semakin besar konfirmasi reversal yang terbentuk.

Besarnya permintaan menjadi bahan bakar bagi uptrend yang akan dimulai. Karena itu, candlestick putih yang muncul sebagai permulaan uptrend biasanya memiliki ekor, pertanda bahwa harga ditutup saat permintaan masih nanjak.

Bagaimana Strategi Trading Saat Bullish Engulfing Pattern Muncul?

Memanfaatkan sinyal reversal yang muncul akan berbeda bagi tiap trader. Sebelum menentukan langkah dalam trading, sebelumnya tentu kamu perlu mengenali gaya trading kamu terlebih dahulu.

Jika kamu adalah trader pemula ataupun trader jangka panjang, maka kamu perlu mewaspadai jika tren pembalikan tidak terlalu kuat. Untuk itu, para trader dan analis kawakan menyarankan agar trader pemula menunggu candlestick berikutnya setelah candlestick 'pelahap' muncul. Gunanya untuk meminimalisasi risiko dari sinyal palsu.

Kapan Harus Masuk ke Pasar?

Para trader jangka pendek biasanya memasang posisi entry saat harga pembukaan lebih rendah ketimbang harga penutupan sebelumnya, tanpa menunggu candlestick pelahap selesai. Namun langkah ini tentu memiliki risiko besar.

Bagaimanapun, jika candlestick 'pelahap' memiliki ekor pendek, hal itu dapat menjadi penanda bahwa tren reversal akan berlanjut. Berbekal keyakinan itu, kamu dapat mulai pasang posisi entry di pasar.

Para trader umumnya mulai masuk saat harga real time melampaui harga penutupan hari sebelumnya dengan posisi penawaran yang melonjak. Situasi ini dianggap sebagai konfirmasi awal bahwa candlestick hari itu akan melahap utuh candlestick sebelumnya.

Jika sudah yakin bahwa reversal yang terjadi akan berlanjut, kamu sebaiknya memasang posisi entry untuk jangka yang lebih panjang. Gunanya tentu supaya cuan kamu makin lebar lantaran masuk saat harga lagi murah-murahnya, dan keluar saat harganya sudah berkali lipat.

Kapan Harus Keluar Dari Pasar?

Bullish engulfing pattern sudah terkenal sebagai peraup cuan. Para trader dan analis menargetkan cuan yang bakal didapat dengan strategi ini setidaknya 1,5 hingga 2 kali lipat dari modal kamu! Karenanya, kamu disarankan untuk memasang posisi jual pada kisaran harga tersebut.

Tentunya, kamu pun perlu memasang posisi stop loss, untuk jaga-jaga kalau strategi kamu meleset. Amat disarankan untuk memasang posisi stop loss pada kisaran 50% lebih rendah dari posisi entry kamu. Sebab, tidak semua pola 'pelahap' merupakan sinyal reversal. Siapapun tentu saja bisa salah dalam membaca sinyal, toh?

Bagaimana, Sobat Cuan? Sudah siap trading berbekal strategi bullish engulfing pattern? Tentunya akan lebih menarik lagi kalau kamu trading di aplikasi Pluang! Sebab, kamu bisa melakukan trading saham AS dan aset kripto mulai dari Rp5.000 saja dilengkapi dengan indikator analisis yang jitu!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham ASindeks saham ASemas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: The Balance Money, Investopedia

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
trading
Mengenal Bullish Harami Pattern dan Cara Tradingnya
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1