Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Rangkuman Pasar: DOGE Melesat Kencang Kala IHSG Terlihat 'Pincang'
shareIcon

Rangkuman Pasar: DOGE Melesat Kencang Kala IHSG Terlihat 'Pincang'

1 Nov 2022, 8:36 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Rangkuman Pasar: DOGE Melesat Kencang Kala IHSG Terlihat 'Pincang'

Selamat sore, Sobat Cuan! IHSG terlihat lesu sementara pasar kripto terlihat suam-suam kuku. Namun, DOGE rupanya menjelma menjadi koin idola di sore hari ini! Apa sih alasannya? Simak ulasannya di Rangkuman Pasar berikut!

IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) longsor 0,66% atau 46,58 poin ke level 7.052. Galau massal para pelaku pasar di awal bulan November, Senin (1/11) membuat indeks hari ini konsisten susut sejak pagi. 
 
Pelemahan IHSG merupakan kelanjutan dari  sikap pelaku pasar yang harap-harap cemas menanti hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed yang akan diumumkan besok (2/11). Para ekonom dan pelaku pasar masih optimistis bunga acuan The Fed bakal naik 75 basis point (bps), namun tampaknya investor pasar modal waspada jika pengetatan kebijakan akan lebih agresif mengingat Amerika Serikat kini telah lolos dari jurang resesi. 
 
Selain itu pelemahan juga didorong oleh longsornya sejumlah kategori saham, diantaranya batu bara. Emiten emas hitam hari ini ramai-ramai absen di jajaran top losers diantaranya PT Indo Tambangraya Megah Tbk, (ITMG) dengan pelemahan mencapai 6,1% menjadi Rp42. 300 per lembar saham. Jajaran perusahaan tambang Adaro Energi Indonesia Tbk, (ADRO) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pun tak luput dari koreksi. 
 
Sejauh ini, belum ada sentimen pasti mengenai tumbangnya saham sektor batu bara. Namun, kuat dugaan, sentimen negatif terhadap emiten batu bara berasal dari ramalan kelam permintaan batu bara bakal turun akhir tahun nanti.
 
Secara statistik 355 emiten bergerak di zona merah hari ini. Sisanya, yakni 186 emiten masih betah di zona aman.

Baca Juga: Pluang Pagi: Saham AS 'Kurang Darah', Altcoin Justru Bergairah

Aset Kripto

Sementara itu, nilai aset kripto justru kompak unjuk gigi di Selasa sore. Melansir Coinmarketcap pukul 15.20 WIB, delapan dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar sedunia semringah berada di zona hijau jika diukur dalam 24 jam terakhir.

Secara umum, investor sepertinya masih bimbang untuk menginjakkan kaki di pasar kripto. Hal itu terlihat dari persentase perubahan beberapa nilai aset kripto yang terbilang sempit, mengindikasikan bahwa pelaku pasar masih bimbang untuk bersikap bearish atau bullish di pasar kripto.

Adapun salah satu sumber kegamangan mereka adalah hasil rapat The Fed yang sedianya usai pada Rabu mendatang. Sejauh ini, The Fed memang digadang akan mengerek suku bunga acuannya sebesar 75 basis poin. Namun, pelaku pasar rupanya lebih mengkhawatirkan komentar-komentar yang akan dilontarkan ketua The Fed Jerome Powell selepas rapat tersebut.

Kendati demikian, terdapat pula aset kripto yang tak terlihat bimbang pada sore hari ini. Berkaca pada tabel di atas, maka DOGE bisa disebut sebagai idola aset kripto sore ini.

Nilai DOGE diketahui loncat setelah muncul rumor bahwa Twitter akan memperkenalkan fitur dompet kripto setelah konglomerat sekaligus punggawa Tesla, Elon Musk, mengakuisisi perusahaan media sosial tersebut.

Kabar tersebut tak hanya sukses mengungkit nilai DOGE saja. Nilai SHIB pun ikut terdongkrak mengingat posisinya yang "sebelas dua belas" dengan DOGE. Bahkan, nilai BNB juga ikut kecipratan berkah setelah Binance dikabarkan telah berkontribusi US$500 juta untuk proses akuisisi yang dimaksud.

Baca Juga: Rangkuman Pasar: Market 'Demam' The Fed, IHSG Loncat Tapi Kripto 'Kepepet'

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - Crypto 17 Oktober 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1