Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Agar Anti Kena Tipu, Ini 8 Ciri-ciri Perbedaan Emas Asli dan Palsu!
shareIcon

Agar Anti Kena Tipu, Ini 8 Ciri-ciri Perbedaan Emas Asli dan Palsu!

18 May 2023, 2:32 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
ciri-ciri emas asli

Investasi emas dikenal sebagai investasi yang praktis. Namun, investor harus hati-hati karena ia bisa saja terjebak berinvestasi di emas bodong. Lantas, seperti apa ciri-ciri emas asli?

Penting bagi Investor untuk Mengetahui Ciri-ciri Emas Asli

Emas tetap menjadi salah satu pilihan investasi favorit masyarakat karena dianggap aman dan menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh stabilitas harga emas yang cenderung selalu meningkat dan kemampuannya untuk menjaga nilai kekayaan dari inflasi.

Meski dianggap aman, Sobat Cuan tetap harus memiliki pengetahuan tentang cara membedakan emas asli agar terhindar dari tindakan pemalsuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri emas asli yang penting bagimu untuk diketahui.

Baca Juga: Tertarik Investasi Emas? Yuk, Simak Cara Investasi Emas bagi Pemula di Sini!

8 Ciri-ciri Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Mengetahui keaslian emas memang tampak sulit dibedakan, terutama bagi pemula yang baru mengenalnya. Meski demikian, ternyata kamu masih bisa mengetahui keasliannya dengan mudah melalui beberapa cara sederhana berikut ini!

1. Perhatikan Fisiknya dengan Teliti

Untuk mengenali emas asli atau palsu, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengamati fisiknya secara teliti.

Emas murni umumnya memiliki ciri-ciri khusus yang terlihat secara fisik, misalnya cap yang menandakan besar kecil kadar karatnya. Penanda ini menggunakan satuan fineness yang sudah dikenal luas, mulai dari 10K, 18K, bahkan hingga 24K yang merupakan kadar emas tertinggi.

Selain itu, kamu juga dapat mengecek sertifikatnya. Biasanya, sertifikat yang asli dilengkapi dengan hologram yang dapat terlihat di bawah sinar matahari. Jika sertifikat tersebut asli, maka hologramnya akan memantulkan warna-warni yang indah.

Baca juga: Mau Raih Passive Income? Yuk, Investasi di 3 Instrumen Berikut!

2. Menggigit Emasnya

Salah satu cara yang paling sederhana untuk memverifikasi keaslian emas adalah dengan cara menggigitnya.

Mungkin Sobat Cuan pernah melihat para atlet menggigit medali emas mereka, karena itu merupakan tradisi yang umum dilakukan dan juga sebagai cara untuk membuktikan keaslian kandungan emas pada medali tersebut.

Pada umumnya, emas memiliki sifat-sifat yang unik. Semakin tinggi kadar emasnya, maka semakin lembut pula emas tersebut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika emas asli akan meninggalkan jejak gigitan ketika kita menggigitnya.

Namun, cara ini tidak berlaku untuk perhiasan mengingat perhiasan biasanya terbuat dari campuran logam lain. Sehingga, ketika kamu menggigitnya tidak akan meninggalkan bekas apapun. Oleh karena itu, jika kamu ingin memeriksa keaslian perhiasanmu, sebaiknya kamu menggunakan cara yang lain.

3. Menggosoknya

Selain memperhatikan fisiknya dengan teliti dan menggigitnya, kamu juga dapat menentukan apakah emas itu asli atau palsu dengan cara menggosoknya. Jika kamu sudah menggosoknya dan warnanya menjadi pudar dan tidak merata, maka itu dapat dipastikan bukan emas asli.

4. Letakkan di Samping Magnet

Emas merupakan jenis logam yang tidak memiliki sifat magnetis. Artinya, emas tidak bisa terpengaruh oleh daya tarik magnet.

Namun, cara ini tentu tidak bisa diterapkan pada perhiasan emas. Kenapa demikian? Karena di dalam emas, biasanya terdapat campuran logam lain dalam perhiasan tersebut. Oleh karena itu, cara seperti ini hanya dapat dilakukan pada logam mulia saja.

5. Menggoreskan Emas Pada Keramik atau Kertas

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ciri-ciri emas asli yaitu dengan mengambil kertas atau keramik yang ada di sekitarmu untuk menguji keaslian si logam mulia. Jika aksi tersebut tidak meninggalkan bekas di keramik atau kertas, maka keaslian logam mulia tersebut dapat dipastikan.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini berisiko merusak emas yang kamu miliki. Jadi, hati-hati dalam melakukannya, ya!

6. Memberinya Asam Nitrat

Untuk memeriksa keaslian logam mulia, kamu dapat menggunakan uji coba kimia dengan menggunakan asam nitrat.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan meneteskan asam nitrat pada logam tersebut. Jika tidak terjadi perubahan warna, maka logam tersebut dapat dipastikan asli. Namun, perlu diingat bahwa uji coba ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena asam nitrat mengandung senyawa yang berpotensi berbahaya bagi tubuh dan pernapasan.

7. Uji Keasliannya Berdasarkan Suara

Selain cara-cara diatas, kamu dapat menguji keaslian logam mulia dengan cara menjatuhkannya atau mengetukkannya pada logam lain. Jika emas tersebut asli, maka akan menghasilkan suara dering yang panjang dan tinggi saat bersentuhan dengan logam lain.

8. Datang ke Toko Emas Terpercaya

Jika kamu masih ragu mengenali ciri-ciri emas yang asli, langkah terbaik adalah mengunjungi toko emas terpercaya. Di sana, kamu dapat menyerahkan emas yang ingin diperiksa, dan staf toko akan melakukan pengecekan dengan profesional. Hasilnya pasti lebih akurat karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berat emas secara langsung dan memperkirakan harga jualnya.

Jika Sobat Cuan sudah mencoba langkah-langkah di atas namun masih ragu dalam membedakan emas asli dan palsu, maka ada solusi lain yang lebih mudah. Yakni, memiliki emas digital di aplikasi Pluang!

Di Pluang, kamu bisa mendapatkan emas murni Antam mulai dari Rp10.000 dan tiga kali klik saja. Selain itu, jika kamu sudah membeli emas hingga 1 gram, kamu juga dapat menukarkan emas digitalmu ke dalam bentuk fisik lho!

Apalagi, transaksi emas di aplikasi Pluang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan semua emasmu tersimpan dengan aman di Pegadaian dan dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia.

Tidak hanya emas, Pluang juga menawarkan puluhan produk reksa dana dan ratusan saham AS. Dengan semua aset ini tersedia dalam satu aplikasi, penggunaan menjadi lebih mudah bukan? Ayo, segera unduh dan gunakan aplikasi Pluang sekarang!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta ratusan aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Kompas, Tanam Duit, CNBC Indonesia

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
emas
Ini 5 Tips Cara Jual Emas Tanpa Surat yang Menguntungkan!
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1