Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Daily News - Crypto 5 Desember 2023
shareIcon

Daily News - Crypto 5 Desember 2023

5 Dec 2023, 8:33 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Daily News - Crypto 5 Desember 2023

'Panic Buying' bikin Bitcoin sempat tembus US$42.000 hingga 106.000 ETH dibakar akibat deflasi, tersaji dalam Daily News berikut!

Berikut rangkuman kabar dari jagat kripto, Selasa (5/12).

1. Gara-Gara 'Panic Buying', Bitcoin Sempat Tembus US$42.000

  • Harga Bitcoin ($BTC) tembus US$42.000 per unit, naik 5,85 dalam 24 jam terakhir pada perdagangan Senin (4/12) kemarin. Level tersebut menandai level tertinggi dalam 19 bulan terakhir.
  • Pasca menembus resistance US$38.000, harga BTC memang cenderung uptrend. Akan tetapi, reli kali ini disinyalir merupakan dampak dari aksi 'panic buying' pegiat kripto.
  • Para investor terdorong untuk memborong Bitcoin lantaran tergiur prospek Exchange-Traded Funds (ETF) spot terhadap harga BTC di masa mendatang.
  • Menurut data dari TradingView, kenaikan harga BTC memicu peningkatan total nilai pasar kripto menjadi US$1,5 triliun untuk pertama kalinya sejak keruntuhan Terra yang mengawali 'crypto winter'.

Transaksi Coin BTC di Sini!

2. Bitcoin Bikin El Salvador Cuan Banyak

  • Presiden El Salvador Nayib Bukele mengungkap investasi Bitcoin ($BTC) yang dilakukan oleh El Salvador kini sudah balik modal. Tak hanya itu, El Salvador sejauh ini sudah meraup cuan senilai US$3.620.277,13 dari reli harga BTC dalam dua bulan terakhir.
  • Bukele meledek para pihak yang sempat mencibir keputusan El Salvador mengadopsi Bitcoin sebagai legal tender. El Salvador pun berinvestasi dalam jumlah besar pada Bitcoin pasca keputusan tersebut.
  • Kala itu, keputusan El Salvador dianggap kontroversial. Terlebih, harga BTC sempat runtuh dalam kurun waktu yang cukup lama.
  • Kini, Bukele mengaku bahwa pihak-pihak yang pernah mencibir keputusannya tiga tahun lalu tersebut sudah dibungkam dengan pembuktian bahwa investasi BTC memang menguntungkan.

3. TVL Solana Naik Drastis, Apa Artinya?

  • Per 1 Oktober lalu, DefiLlama mengungkap bahwa total value locked (TVL) Solana ($SOL) hanya sekitar US$326 juta. Akan tetapi, jumlah ini meningkat drastis di akhir Oktober lalu menjadi US$655 juta.
  • Kenaikan TVL yang drastis ini dianggap sebagai sinyal kepercayaan investor yang mengukuhkan posisi SOL sebagai pemain kuat dalam kancah kripto.
  • TVL SOL telah naik 200% sejak Januari 2023. Namun, nilainya belum bisa menyaingi TVL pada November 2021 sebelum keruntuhan pasar kripto. Kala itu, TVL SOL mencapai US$10 miliar.
  • seiring dengan kenaikan TVL< harga SOL pun terapresiasi sebesar 329,21% menjadi US$60,18 per unit dalam satu tahun terakhir.

Transaksi Coin SOL di Sini!

4. Listing di Binance, LUNC Terbang 65%

  • Terra Classic ($LUNC) sempat melonjak tajam sebesar 65% dalam 24 jam terakhir. Kini, harga LUNC berada di level US$0,0002356 per unit.
  • Katalis utama reli harga LUNC kali ini ialah terdaftarnya LUNC di crypto exchange (CEX) terbesar di dunia, Binance.
  • Saat berita ini ditulis, akumulasi kenaikan harga LUNC dalam seminggu terakhir mencapai 141,04%.
  • Kapitalisasi pasar LUNC turut melonjak tajam menjadi US$4,1 miliar. Kini, jaringan asli Terra Luna yang mengalami rebranding pasca keruntuhan Terra tersebut duduk di peringkat ke 43 sebagai aset kripto dengan kapitalisasi pasar yang besar.

Transaksi Coin LUNC di Sini!

5. Cardano Mulai Dilirik Bandar

  • Cardano mulai menarik perhatian investor besar. Analis kripto Ali menyebutkan dalam tiga bulan terakhir transaksi ADA yang bernilai diatas US$100.000 mengalami peningkatan.
  • Investor besar yang bertransaksi dengan nilai di atas US$100.000 biasanya berasal dari kalangan investor institusi. Keberadaan investor semacam ini biasanya menandai prospek harga yang baik.
  • Analis kripto Dan Gambardello memproyeksikan harga ADA bisa meningkat jadi US$0,45 dalam waktu dekat. Target jangka panjangnya, ADA bisa parkir di kisaran harga US$0,8 hingga US$0,85 per unit.

Transaksi Coin ADA di Sini!

6. Ethereum Deflasi, Lebih Dari 106.000 ETH Dibakar

  • Menurut data dari Ultra Sound Money, lebih dari 106,000 Ethereum ($ETH) telah dibakar dalam 30 hari terakhir. Pada periode yang sama, penerbitan unit baru hanya berkisar 70,000 ETH. Hal ini menyebabkan penurunan pasokan Ethereum secara signifikan, hingga lebih dari 35,000 ETH.
  • Selain burning rate yang tinggi, jumlah validator baru yang bergabung mulai melambat. Ini menyebabkan ETH berada pada status deflasi.
  • Berkat status tersebut, ETH kini mengalami apresiasi harga yang cukup menjanjikan. Saat ini ETH berada pada kisaran harga US$2.240 per unit dengan rata-rata apresiasi nilai harian sebesar 3%.

Transaksi Coin ETH di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Fathia Nurul Haq

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1