Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Pluang Pagi: Sentimen Pasar Membaik, IHSG & Kripto Bergerak 'Epic'!
shareIcon

Pluang Pagi: Sentimen Pasar Membaik, IHSG & Kripto Bergerak 'Epic'!

28 Apr 2022, 1:46 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Pluang Pagi: Sentimen Pasar Membaik, IHSG & Kripto Bergerak 'Epic'!

Market kembali menunjukkan gairahnya sehari sebelum Indonesia memasuki libur lebaran panjang. Indeks saham Amerika Serikat (AS) terpantau kinclong sementara pasar kripto bergerak lincah di Kamis (28/4) pagi. Kenapa ya? Yuk, simak selengkapnya di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

  • Trio indeks saham AS melompat tipis mengakhiri sesi perdagangan Rabu (27/4). Nilai S&P 500 menanjak 0,18%, sementara nilai Dow Jones Industrial Average (DJIA) lompat 0,2% dan Nasdaq ditutup flat.
  • Hal ini terjadi setelah beberapa saham terlihat pontang-panting, sementara saham lainnya berkinerja mulus, tepat setelah mereka merilis laporan keuangannya.
  • Salah satu saham yang berkinerja mulus tersebut adalah Microsoft yang nilainya tumbuh 4% kemarin setelah melaporkan kinerja keuangan periode fiskal kuartal III mereka yang mengalahkan ekspektasi analis.
  • Sayangnya, efek positif Microsoft ke indeks saham AS tertutup oleh nilai saham Boeing yang amblas 7% dan saham Alphabet yang nilainya turun 3%. Nilai kedua saham ambrol setelah melaporkan kinerja keuangan kuartalan yang mengecewakan.

Baca juga: Rangkuman Pasar: Jelang Liburan, IHSG Tertekan dan Kripto Mengenaskan

Aset Kripto

  • Pasar kripto juga bergerak manis pada Kamis pagi. Melansir Coinmarketcap pukul 08.18 WIB, 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar sejagat sukses bertahan di zona hijau dalam 24 jam terakhir.
  • Nilai Bitcoin (BTC) kini berada di US$39.414,44 per keping alias tumbuh 2,93% dibanding sehari sebelumnya. Ether (ETH) pun mengekor dengan membukukan pertumbuhan 2,51% ke US$2.893,41 per keping di hari yang sama.
  • Altcoin lain pun tak kalah pamer performa mumpuninya. Tengok saja nilai Solana (SOL) yang tumbuh 3,26% dalam sehari terakhir, diikuti oleh Terra (LUNA), Cardano (ADA), dan Avalanche (AVAX) yang masing-masing naik 1,07%, 1,28%, dan 0,9%.
  • Kemudian, terdapat pula Dogecoin (DOGE) dan Polkadot (DOT) yang kompak tumbuh di atas 2% dalam sehari terakhir.
  • Secara umum, pasar kripto hari ini sejatinya bergerak tandem dengan laju pasar modal AS. Ini terjadi setelah pelaku pasar mulai kembali "icip-icip" pasar aset berisiko, utamanya saham dan kripto, seiring minimnya sentimen negatif pada perdagangan kemarin.
  • Selain itu, pelaku pasar nampaknya tengah memanfaatkan volume trading yang rendah kemarin untuk kembali mendorong harga aset kripto.
  • Meski memang, upaya ini diramal tak bertahan lama lantaran ketidakpastian kebijakan dan kondisi makroekonomi masih menjadi dua pertimbangan utama pelaku pasar sebelum all out nyemplung ke pasar kripto.
  • Cuaca cerah pasar kripto pagi ini juga didorong oleh beberapa kabar positif terkait beberapa jaringan.
  • Jaringan Terra, misalnya, memperlihatkan bahwa suplai LUNA mencapai level terendahnya sepanjang masa pada Selasa (26/4). Sesuai hukum ekonomi, menipisnya suplai tentu akan mendorong harga LUNA ke depan.
  • Di sisi lain, kabar negatif justru datang dari induk Facebook, Meta Platforms. Perseroan mengumumkan, divisi bisnis metaverse-nya merugi US$2,96 miliar sepanjang kuartal I 2022. Kabar ini tentu bikin pelaku pasar mempertanyakan masa depan metaverse dan pemanfaatan aset kripto di dalamnya.

Emas

  • Harga emas di pasar spot kini bercokol di US$1.883,5 per ons pada pukul 08.36 WIB, melorot tajam dibanding posisi kemarin yakni US$1.903 per ons.
  • Kilau sang logam mulia pudar setelah nilai indeks Dolar AS terlihat mendekati level tertingginya dalam dua dekade terakhir. Nilai sang aset greenback menguat setelah krisis energi melanda Eropa dan Yen Jepang melemah setelah bank sentral Jepang diramal akan terus menjalankan kebijakan moneter longgarnya.
  • Sekadar informasi, kenaikan nilai Dolar AS akan membuat harga emas relatif lebih mahal bagi mereka yang jarang bertransaksi menggunakan mata uang tersebut. Alhasil, permintaan emas akan melorot dan harganya pun ikut merosot.

Baca juga: Pluang Pagi: Situasi Serba Amburadul, Kripto hingga Saham AS Babak Belur!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
rangkuman pasar
Rangkuman Pasar: Eropa Makin Gak Aman, IHSG & Kripto Kebakaran
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1