Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Apa Saja Manfaat Perplexity AI?
shareIcon

Apa Saja Manfaat Perplexity AI?

28 Jul 2023, 8:25 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Manfaat Perplexity AI

Apa saja sih manfaat aplikasi Perplexity AI? Yuk simak penjelasannya lewat artikel berikut!

Apa Itu Perplexity AI?

Perplexity AI adalah mesin penjawab yang didesain untuk memberikan jawaban akurat atas berbagai jenis pertanyaan, termasuk pertanyaan yang paling kompleks sekalipun. Aplikasi ini menggunakan machine learning berbasis Large Language Model (LLM) untuk menyokong kecerdasannya.

Konsepnya mirip dengan ChatGPT, yakni aplikasi chatbot AI. Bedanya, Perplexity AI mencantumkan tautan dari berbagai sumber atas tiap jawabannya sehingga mempermudah pengguna dalam mengecek akurasi dan relevansi jawaban tersebut.

Versi Beta Perplexity AI telah dirilis sejak Desemnber tahun lalu. Fulll versionnya menyusul sebulan setelah versi uji coba tersebut. Kini, kamu dapat mengunduh gratis aplikasi ini lewat app store maupun play store dari smartphone kamu.

Tak hanya lewat aplikasi saja, kamu pun dapat menyetel tautan akun google chrome kamu dengan Perplexity AI. Per Februari lalu, fitur ini sudah tersedia untuk memfasilitasi pengguna internet melakukan pencarian dengan asistensi AI. Keren, bukan?

Apa Manfaat Perplexity AI?

Sebagai mesin penjawab berbasis AI yang praktis dan terintegrasi dengan Google, perplexity AI memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

1. Mengoptimalkan Fungsi Search Engine

Fitur tertaut dengan Google dari aplikasi ini membuat pengalaman berselancar di dunia maya jadi lebih optimal. Mesin kecerdasan AI membantu kamu dalam meningkatkan fungsi search engine seoptimal mungkin.

2. Memberikan Informasi Tepat dan Akurat

Perplexity AI memberikan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan ketimbang mesin pencarian tradisional. Ringkasan informasi yang dijabarkan mesin penjawab memudahkan kamu dalam mencerna informasi dari berbagai sumber tersebut.

3. Tautan Sumber

Hasil pencarian dari jendela tautan Perlexity terbukti lebih komperhensif berupa ringkasan yang disarikan dari berbagai sumber dengan tautan pada sumber-sumber terkait.

4. Pertanyaan Terkait

Perplexity tak hanya menampilkan jawaban berikut sumber data dari pertanyaan kamu. Mesin penjawab ini juga memberikan tiga opsi pertanyaan lanjutan dari pertanyaan kamu berikut jawaban dengan format yang sama.

Fitur ini sangat membantu dalam melakukan riset atas suatu topik hingga mendapat gambaran yang relatif utuh dari topik tersebut.

5. Teman Bicara

Tak punya agenda riset maupun pertanyaan penting? Tidak apa-apa. Kamu bisa menggunakan Perplexity sebagai teman bicara saat gebetan lagi susah dihubungi juga, kok!

Baca juga: Apa Itu OpenAI? Mengenal Otak di Balik ChatGPT

Apa Saja Keunggulan Perplexity AI dibanding Search Engine?

Perplexity punya segudang keunggulan dibanding mesin pencarian tradisional, diantaranya:

1. Hasil pencarian yang lebih akurat

Hasil pencarian yang ditampilkan perplexity lebih akurat berupa summary dari berbagai sumber.

2. Kapabilitas Chatbot

Meski berkapasitas sebagai mesin pencarian, format chatbot berikut kapabilitasnya memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian topik. Machine learning ini merupakan teknologi NLP yang advance sehingga chatbot bisa merespons pertanyaan kompleks dan bercakap-cakap layaknya manusia.

3. Transparansi sumber

Kawan bercakap yang pintar biasanya menyebutkan sumber saat menjabarkan fakta. Pun begitu dengan Perplexity yang tak pernah lupa memberi tautan lebih dari lima sumber atas jawabannya.

4. Fungsi Evaluasi Performa

Perplexity memiliki mesin kecerdasan AI yang sudah dapat mengevaluasi performa. Berangkat dari evaluasi terhadap percakapan dan model bahasa sebelumnya, chatbot ini juga bisa memprediksi teks.

5. Otomasi teks

Fitur jawaban berupa ringkasan merupakan otomasi teks dari AI dalam kecerdasan Perplexity. Mesin ini bisa membantu kamu melakukan otomasi teks yang kamu butuhkan, seperti meringkas, mengkategorisasi dan menerjemahkan teks.

6. Kecepatan dan Efisiensi

Aplikasi ini memang didesain untuk bekerja cepat dan efisien dalam merespons pertanyaan.

Baca juga: Mengenal Google AI, Sosok Di Balik Perplexity AI

Bagaimana Cara Memanfaatkan Perplexity AI Sebagai Search Engine?

Tim Pluang telah mengujikan fitur terbaru Perplexity, yakni dengan mengunduh extensi aplikasi ini pada laman Google Chrome. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mengunduh Perplexity

Kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu disini.

2. Mengakses Ekstensi

Setelah mengunduh ekstensinya, secara otomatis kamu sudah dapat mengakses ekstensi Perplexity pada pojok kanan atas laman Google Chrome kamu.

3. Mengetik pertanyaan

Kamu bisa menginput pertanyaan apapun pada ekstensi aplikasi tersebut. Hasilnya berupa ringkasan lengkap dengan sumber yang bisa kamu telusuri untuk memudahkan kamu berselancar di mesin pencarian. Selamat mencoba!

Baca juga: Apa Saja 4 Produk OpenAI Populer Selain ChatGPT?

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Digitalbeech

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
teknologi
Mengenal 7 Aplikasi AI Populer Untuk Bantu Produktivitas
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1