Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Neobank
shareIcon

Neobank

0  dilihat·Waktu baca: 5 menit
shareIcon
Neobank

Neobank adalah jenis bank yang operasinya dilakukan secara digital. Dalam artikel ini, Sobat Cuan akan mempelajari apa itu Neobank, cara kerjanya, hingga kelebihan dan kekurangan dari Neobank.

Apa Itu Neobank?

Neobank merupakan sebuah produk teknologi finansial (fintech) yang menawarkan layanan bank dalam bentuk 100% digital. Dengan kata lain, seluruh kegiatannya, seperti menabung dan mengambil pinjaman, benar-benar dilakukan secara daring. Biasanya, Neobank hadir dalam bentuk aplikasi ponsel pintar yang bisa diunduh.

Namun, perlu dicatat bahwa konsep Neobank berbeda dengan online banking yang telah lebih dulu digaungkan bank-bank konvensional.

Pasalnya, secara umum, online banking masih memerlukan nasabah untuk memenuhi kebutuhan perbankan secara offline. Misalnya, Sobat Cuan baru bisa menikmati aplikasi mobile banking setelah membuat rekening dan mengurusnya di kantor cabang.

Di sisi lain, Neobank tidak memiliki bank fisik yang perlu kita datangi. Kegiatan-kegiatan perbankan seperti membuat rekening, dilakukan secara online dan bisa dari mana saja. Proses administrasinya pun dilakukan secara online. Nah, berbagai kemudahan inilah yang kemudian menjadi keunggulan utama Neobank.

Sejarah Neobank

Awalnya, konsep Neobank adalah istilah yang merujuk ke platform fintech yang mendisrupsi bank-bank konvensional. Di negara-negara barat, konsep bank ini disebut sebagai challenger bank karena mencoba mempopulerkan aktivitas perbankan secara daring pasca krisis finansial yang terjadi pada 2007-2009 silam.

Lambat laun, konsep Neobank berhasil menjadi disruptor industri perbankan konvensional. Hal ini pun mirip dengan apa yang dilakukan perusahan rintisan Uber atau Gojek di sektor transportasi.

Baca Juga: Loan to Deposit Ratio

Cara Kerja Neobank

Layaknya bank pada umumnya, Neobank mendulang penerimaan lewat pengelolaan deposit dan kredit nasabah-nasabahnya.

Namun, hal yang membedakan dengan bank konvensional adalah kemampuan Neobank untuk mendapatkan margin yang bagus antara pendapatan dan fixed-cost. Mengapa demikian?

Sekadar informasi, Neobank adalah bank yang beroperasi 100% secara digital. Artinya, ia tidak memerlukan kantor fisik yang biasanya membutuhkan biaya besar untuk mengelolanya. Kemudian, karakteristik itu pun membuat Neobank tidak membutuhkan karyawan berjumlah sama seperti bank konvensional.

Biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk membuka kantor pusat bisa dimanfaatkan Neobank untuk memberikan biaya layanan yang lebih murah dan bunga yang lebih menarik ke nasabahnya.

Di sisi pemasaran, Neobank umumnya akan lebih memilih calon nasabah yang berasal dari kalangan anak muda dan mereka yang sudah fasih akan penggunaan teknologi (tech savvy). Bank yang mudah dipakai dan bisa diakses di mana saja di genggaman tangan dianggap cocok digunakan oleh generasi milenial dan Gen-Z yang ingin semua hal dilakukan serba praktis.

Kelebihan Neobank

Berkat caranya beroperasi, Neobank memiliki kelebihan-kelebihan tertentu jika dibandingkan bank umum.

1. Mudah dan Praktis Digunakan

Lantaran berbasis digital, Neobank bisa menawarkan pengalaman perbankan yang mulus dan praktis. Bank-bank tersebut bisa diakses lewat aplikasi smartphone dan komputer dengan tampilan yang ramah pengguna, sehingga nasabah pun akan mengalami kemudahan untuk melakukan kegiatan perbankan sehari-hari kapan pun di mana pun.

2. Tawaran Lebih Menarik

Neobank bisa mengalihkan alokasi cost yang seharusnya dikeluarkan untuk membuka dan memelihara kantor fisik untuk menciptakan produk-produk perbankan yang terlihat lebih menarik di mata nasabah.

Contohnya adalah dengan membuat biaya administrasi pembukaan rekening dan biaya transfer antar bank yang lebih murah hingga suku bunga tabungan yang lebih tinggi dibanding bank-bank pada umumnya.

Kekurangan Neobank

Meski terbilang inovatif, konsep Neobank ternyata tidak sempurna. Di balik kelebihan-kelebihannya tadi, Neobank juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Sobat Cuan memutuskan untuk menggunakannya.

1. Wajib Selalu Terkoneksi ke Internet

Neobank beroperasi 100% secara digital. Sehingga, diperlukan koneksi internet yang lancar dan anti ngadat agar nasabahnya bisa memanfaatkan keunggulan-keunggulan Neobank.

Jika tidak memiliki koneksi yang stabil, maka ini akan mengganggu aktivitas perbankan nasabah sehari-hari.

2. Tidak Ada ATM dan Kantor Fisik

Berbeda dengan bank umum, Neobank pada dasarnya tidak memiliki kebutuhan untuk membuka tempat fisik untuk nasabahnya menarik uang secara offline, seperti mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Kalau pun ada, biasanya titik lokasinya akan terbatas.

Ketiadaan kantor fisik juga akan menyulitkan nasabah yang memerlukan pendampingan secara langsung dengan pihak bank ketika mengalami kendala. Nasabah harus ekstra sabar jika harus konsultasi terkait masalah perbankannya secara daring.

3. Hati-hati dengan Data Pribadi

Kehidupan yang serba digital memunculkan kekhawatiran akan keamanan data pribadi kita. Ketika bank beroperasi penuh secara online namun tidak diimbangi dengan keamanan digital yang cukup, maka akan memunculkan risiko baru.

Jika nasabah tidak berhati-hati dalam menjaga data pribadinya, bisa saja akan memunculkan masalah seperti lebih berisiko menjadi korban penipuan hingga unauthorized access ke aplikasi perbankannya.

Baca Juga: Home Equity Loan

Tips Memilih Neobank

Setelah menimbang kelebihan dan kekurangannya, Sobat Cuan juga perlu memilih Neobank yang cocok. Berikut tips-tips jitu untuk memilih Neobank yang tepat.

1. Cek Rating dan Review Aplikasi

Neobank biasanya berbentuk aplikasi yang perlu kita unduh terlebih dahulu di Appstore (iPhone) atau Playstore (Android). Namun, sebelum mengunduhnya, Sobat Cuan sebaiknya cek rating dan review yang diberikan oleh pengguna-penggunanya.

Memang, tidak semua ulasan pengguna sebelumnya itu masih relevan. Tetapi pengalaman-pengalaman itu bisa kita gunakan untuk menimbang, apakah Neobank yang hendak dipilih cocok dengan Sobat Cuan atau tidak.

2. Cek Penawaran yang Diberikan

Sebelum memilih, Sobat Cuan sebaiknya cek produk-produk serta penawaran yang diberikan oleh pihak Neobank.

Cara memeriksanya adalah dengan membuka situs hingga media sosial resminya. Kamu harus memastikan untuk mendapatkan penawaran-penawan yang menarik agar bisa merasakan keunggulan Neobank secara lebih maksimal.

3. Pertimbangkan Bunga dan Biaya Layanan

Salah satu kelebihan Neobank adalah tingginya bunga yang ditawarkan dan biaya layanan yang lebih murah dibanding bank-bank umum lainnya. Untuk itu, Sobat Cuan perlu mengecek tarif serta suku bunga Neobank yang hendak dipilih. Bahkan, kamu bisa membandingkan tarif dan bunga satu Neobank dengan Neobank lainnya jika perlu.

Jangan sampai, Sobat Cuan tidak bisa merasakan keunggulan sistem Neobank yang seharusnya kamu dapatkan.

4. Cek Kanal Pelayanan Konsumen

Kekurangan dari Neobank adalah terbatasnya kantor fisik yang bisa didatangi, itu pun jika ada. Sehingga, jika nasabah menghadapi kendala, satu-satunya jalan adalah lewat customer service online yang disediakan Neobank.

Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui kanal pelayanan konsumen yang diberikan pihak bank. Jangan sampai Sobat Cuan salah pilih. Inginnya serba praktis, tapi malah mendapat pelayanan yang sulit.

Kesimpulan

Neobank merupakan salah satu inovasi yang muncul di industri perbankan. Dengan fokus ke pelayanan digital, Neobank dapat memberikan penawaran biaya lebih rendah serta suku bunga yang menarik. Pengguna juga dimudahkan lewat aplikasi yang bisa digunakan di manapun dan kapanpun.

Tetapi, aktivitas perbankan Neobank sangat bergantung pada konektivitas internet. Minimnya kantor fisik, juga akan mempengaruhi layanan nasabah yang bisa diberikan.

Pastikan, Sobat Cuan memilih Neobank yang tepat sesuai kebutuhan.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham ASindeks saham ASemas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Fortune, Forbes

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Cadangan Devisa

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1