Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Earnings Call: Penurunan Revenue Growth Terdalam CSCO Sejak Tahun 2009
shareIcon

Earnings Call: Penurunan Revenue Growth Terdalam CSCO Sejak Tahun 2009

16 May 2024, 3:41 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
Earnings Call: Penurunan Revenue Growth Terdalam CSCO Sejak Tahun 2009

Cisco Inc (CSCO) baru saja merilis laba dan pendapatannya di kuartal III 2024 (April 2024). Lantas, seperti apa hasilnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kinerja Keuangan Cisco System Inc (CSCO) 

Pada kuartal 3 tahun 2024, Cisco System Inc (CSCO) berhasil membukukan pendapatan sebesar US$12,7 miliar (-13% YoY) atau lebih tinggi 0,6% dibandingkan ekspektasi analis yang berada di level US$12,63 miliar. Penurunan pendapatan CSCO adalah penurunan growth terdalam nya, terhitung sejak tahun 2009.

Penurunan ini juga disebabkan karena penurunan pendapatan dari segmen networking, dimana segmen ini merupakan segmen yang menyumbang pendapatan terbesar untuk CSCO. Tercatat segmen networking memiliki pertumbuhan revenue sebesar -27% YoY menjadi US$6,52 miliar. Adapun penyumbang growth terbesar berasal dari segmen security dengan growth sebesar 36% YoY, namun hal tersebut belum cukup untuk menyelamatkan pertumbuhan revenue CSCO secara keseluruhan, mengingat total value nya hanya sebesar US$1,3 miliar atau 10,3% dari total pendapatan CSCO pada kuartal ini. 

Selanjutnya, dari sisi gross profit margin berada di level 65,1% atau membaik dari tahun sebelumnya yang berada di level 63,4%. Hal ini didukung oleh pertumbuhan gross margin dari segmen services yang bertumbuh dari 65,4% menjadi 69.2%. Sedangkan segmen products juga memiliki gross margin sebesar 63,5% atau membaik dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di level 62,7%. 

Sayangnya dari sisi laba bersih, perusahaan gagal mencetak pertumbuhan profit yang positif. Net profit perusahaan bertumbuh -14% YoY menjadi US$3,6 miliar dengan EPS sebesar US$0,88 (bertumbuh -12% YoY). Namun, EPS CSCO masih berada diatas perkiraan analis yang berada di level US$0,82. 

Proyeksi Masa Depan

Untuk setahun penuh fiskal 2024, CSCO memproyeksikan pendapatan full year yang berada di level US$53,6 - US$53,8 miliar dengan tingkat EPS sebesar US$3,69 - US$3,71. 

Selanjutnya, kedepannya pendapatan CSCO juga dapat ditopang oleh Splunk. Dimana Splunk dapat membantu Cisco untuk mendukung, melindungi, dan memajukan revolusi AI bagi para pelanggannya. CSCO sendiri telah menghabiskan US$28 miliar untuk mengakuisisi Splunk pada Maret 2024. Pihak dari management CSCO juga menyatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi 5.000 pelanggan Cisco yang ada yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan Splunk. Kemudian pihak management juga menyatakan bahwa mereka akan melakukan penghematan cost guna mendongkrak laba pada kuartal kedepannya. 

Beli Saham CSCO di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 dan Nasdaq index futures, Saham AS, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marcella Kusuma

Right baner

Marcella Kusuma

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham AS weekly
Weekly Review - Saham AS 22 September
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1