Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Carnival Corporation Melampaui Ekspektasi Analis dengan Pendapatan Kuartal IV 2023
shareIcon

Carnival Corporation Melampaui Ekspektasi Analis dengan Pendapatan Kuartal IV 2023

27 Dec 2023, 9:18 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
Carnival Corporation Melampaui Ekspektasi Analis dengan Pendapatan Kuartal IV 2023

Carnival Corporation baru saja merilis laba dan pendapatannya di kuartal III 2023. Lantas, seperti apa hasilnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kinerja Keuangan Carnival Corp ($CCL) 

Pada kuartal 3 tahun 2023, Carnival Corporation ($CCL) berhasil membukukan pendapatan sebesar US$5,4 miliar (+40,6% YoY) atau lebih rendah 1,9% dibandingkan ekspektasi analis yang berada di level US$5,3 miliar. Adapun pendapatan perusahaan ditopang oleh segmen Onboard and Others yang memiliki pendapatan sebesar US$5,4 miliar (memiliki proporsi sebesar 74,1% dari total pendapatan), yang kemudian disusul oleh segmen Passenger Ticker sebesar US$1,9 miliar (memiliki proporsi sebesar 25,9% terhadap keseluruhan pendapatan).Pertumbuhan pendapatan didorong oleh pemulihan industri pariwisata cruise dan ekspansi dengan menambah rute perjalanan kapal. Total penumpang kapal juga meningkat pada kuartal ini menjadi 3,1 juta penumpang (vs setahun yang lalu; 2,5 juta penumpang) dengan total okupansi sebesar 101%. 

Selanjutnya dari sisi laba, perusahaan memiliki laba kotor sebesar US$4,8 juta dengan tingkat margin sebesar 31,4%. Dari sisi laba bersih, perusahaan berhasil mencetak kerugian sebesar -US$90 juta (dengan net margin sebesar 4,1%) atau dengan EPS sebesar -US$0.07 atau lebih tinggi dibandingkan ekspektasi analis di level -US$0,14. Carnival berhasil mengurangi utang sebesar $6 miliar selama 2023 dan mengakhiri tahun dengan utang sebesar sedikit lebih dari $30 miliar.

Proyeksi Masa Depan

Carnival Corporation memproyeksikan peningkatan kapasitas sekitar 5,5% dan peningkatan yield bersih sebesar 8,5% untuk tahun 2024. Perusahaan berencana melanjutkan upaya refinancing dan deleveraging pada 2024. Carnival Corporation berhasil menarik lebih dari 3,5 juta tamu baru untuk naik kapal pesiar pada 2023. Carnival Corporation memiliki posisi pemesanan yang kuat untuk 2024, dengan sekitar 85% bisnis sudah dipesan dengan harga lebih tinggi. Perusahaan berencana mempertahankan tingkat iklan yang serupa pada 2024 untuk terus membangun permintaan dan pemesanan

Kedepannya pada setahun penuh fiskal 2024, diproyeksikan pendapatan perusahaan akan berada di level US$24,59 miliar atau bertumbuh 13,5% YoY. Hal tersebut turut didukung oleh peningkatan jumlah penumpang menjadi 13,8 juta dengan total okupansi sebesar 105,9%. Semakin membaiknya industri pariwisata turut membawa angin segar untuk CCL, dimana diproyeksikan market size dari pasar wisata pesiar antara 2023 hingga 2027 akan naik 9,3% yang utamanya didorong oleh pertumbuhan jumlah penumpang 5,8% di periode yang sama. 

Selanjutnya dari sisi bottom line, untuk setahun penuh fiskal 2024, perusahaan diproyeksikan akan memiliki EPS sebesar US$0,92. Selanjutnya, perusahaan juga akan terus melakukan ekspansi dengan menambah armada kapal pesiar yang memunkginkan adanya pembukaan rute wisata baru. Langkah nyata yang dilakukan perusahaan adalah menambah armada Carnival Firenze pada April 2024 dan empat jenis kapal pesiar yang berbasis di pelabuhan Texas pada Oktober 2024, yakni Carnival Jubilee, Carnival Breeze, Carnival Dream, dan Carnival Miracle.

Transaksi CCL di Sini!

Ditulis oleh
channel logo

Kevin Reviro

Right baner

Kevin Reviro

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - Saham AS 10 Oktober 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1